fbpx

10 Teknik Desain Konten Instagram Memaksimalkan Potensi Bisnis

10 Teknik Desain Konten Instagram Memaksimalkan Potensi Bisnis – Sejak awal kemunculannya, Aplikasi instagram banyak menarik perhatian masyarakat, bagaimana tidak konten yang disajikan melalui instagram sangat menarik dan membuat audiens ingin mencari tahu bagaimana cara membuat konten tersebut.

Hal ini juga didukung banyaknya bermunculan konten kreator yang berlomba-lomba dalam membuat konten dan membuat tampilan profil akun mereka menarik agar audiens mempunyai minat untuk mengunjungi akun instagram tersebut.

Penggunaan desain konten instagram yang menarik tidak hanya digunakan oleh kreator saja, namun banyak juga akun instagram bisnis yang membuat tampilan halaman profil mereka untuk menarik minat target audiens.

Konten instagram juga memiliki beberapa keunggulan diantaranya, bisa disajikan dalam bentuk audio, visual, audio visual, campaign, ataupun e-katalog.

Nah, berikut beberapa teknik desain konten instagram yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan halaman sosial media yang dimiliki, agar menguntungkan bagi pemiliknya.

10 Teknik desain konten instagram

1. Pilih Tema yang Konsisten

Memiliki tema yang konsisten dalam desain konten Instagram dapat membantu membangun identitas merek dan membuat profil Anda terlihat profesional. Gunakan palet warna yang serasi dan gaya visual yang konsisten dalam setiap postingan.

Hal ini dilakukan mengingat setiap konsumen memiliki selera yang berbeda guna mengenal target audience yang diinginkan Anda bisa memilih tema warna footage instagram yang konsisten.

Contohnya akun instagram yang menjual produk perawatan tubuh pria akan lebih menonjolkan warana yang gelap sehingga menimbulkan kesan maskulin, begitu sebaliknya.

2. Gunakan Komposisi yang Menarik

Pastikan setiap postingan memiliki komposisi yang menarik dan seimbang. Gunakan prinsip-prinsip desain seperti aturan pertigaan atau simetri untuk menciptakan tata letak yang menarik.

Penentuan desain konten isntagram juga perlu didukung dengan analisa target pasar gua membangun perona untuk konsumen sehingga memudahkan untuk membuat konten isntagram jangka panjang.

3. Gunakan Ruang Bernegatif

Jangan takut memanfaatkan ruang kosong dalam desain konten Anda. Ruang bernegatif dapat membantu menyoroti elemen utama dan memberikan tampilan yang bersih dan teratur.

4. Gunakan Tipografi yang Menarik

Pilih jenis huruf yang sesuai dengan tema dan gaya konten Anda. Gunakan variasi ukuran, tebal, dan warna huruf untuk menekankan kata kunci atau pesan penting dalam postingan.

Disisi lain penggunaan warna yang selaras bisa Anda gunakan sebagai template desain konten tujuannya agar Anda tidak bigung memilih warna desain konten yang sesuai, cukup gunakan saja warana yang dipakai di berbagai produk yang dimiliki.

Contohnya apabila produk Anda memiliki usia konsumen 30-40 tahun maka Anda akan memilih typografi yang tegak dan formal sehingga mudah dibaca oleh konsumen.

5. Eksplorasi Efek Visual

Gunakan efek visual seperti overlay, filter, atau efek khusus lainnya untuk memberikan sentuhan kreatif pada gambar Anda. Namun, pastikan efek yang Anda gunakan sesuai dengan pesan dan merek Anda.

Beberapa diantaranya instagram feed untuk mengunggah foto, reels untuk konten menggunakan berbagai ukuran font dan format yang berbeda, seperti :

  • Square : 1080 x 1080 (1:1 ratio)
  • Horizontal : 1080 x 608 (16:9 ratio)
  • Portrait : 1080 x 1350 (4:5 ratio)
  • Vertical : 1080 x 1920 (9:16 ratio)

6. Gunakan Grid dan Kumpulan Gambar

Jika Anda ingin membuat tampilan yang koheren dan menarik di profil Instagram Anda, pertimbangkan untuk menggunakan grid atau kumpulan gambar. Ini melibatkan membagi gambar besar menjadi beberapa postingan kecil yang ketika dilihat bersama-sama membentuk gambar yang utuh.

7. Gunakan Ikon dan Ilustrasi

Tambahkan elemen ikon atau ilustrasi dalam desain konten Anda untuk memberikan sentuhan kreatif dan memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan.

8. Gunakan Pembingkaian Visual

Gunakan bingkai atau elemen dekoratif lainnya untuk menonjolkan gambar Anda. Pembingkaian visual dapat membantu mengarahkan perhatian pengguna ke inti dari postingan Anda.

9. Buat Konten Bergerak

Cobalah untuk membuat konten yang bergerak seperti video pendek atau GIF. Konten yang bergerak dapat menarik perhatian pengguna dan meningkatkan keterlibatan.

10. Manfaatkan kalender konten 

Sebagai seorang kreator instagram tentunya anda akan membuat dan mengunggah konten sepanjang tahun.

Mulai dari konten harian yang berisi interaksi dan edukasi dengan konsumen, konten promosi untuk memasarkan produk yang dimiliki, atau konten khusus tertentu.

Semua jenis konten yang akan anda unggah tentunya perlu di kumpulkan dengan baik untuk mengetahui postingan yang akan dan segera diunggah dalam jangka waktu tertentu.

Karenanya anda membutuhkan kalender konten untuk memperhitungkan waktu unggah konten agar tidak terlewat satupun.

Dalam pembuatan kalender konten yang simpel maka anda bisa memanfaatkan template kalender kemudian menuliskan rencana konten yang akan diunggah pada waktu tertentu.

Nah, itu tadi teknik yang bisa Anda jalankan untuk menambah audiens Anda.

Masih bigung dalam mendesain instagram bisnis Anda sendiri, bisa serahkan kepada kami Jasa Desain Grafis Medan akan mengelola akun Anda untuk menarik perhatian audiens. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.