fbpx

9 Cara Menjadi Kreator TikTok, Auto Switch Career

Banyak orang mencari cara menjadi kreator TikTok. Hal ini disebabkan kreator Tiktok di era digital saat ini merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan. Pendapatan seorang Tiktok Kreator cukup besar akan tertapi, tergantung dari beberapa faktor termasuk jumlah followers, engagement, dan kerja sama terhadap brand. Namun, perlu diingat bahwa penghasilan kreator tidak semuanya signifikan. Maka, perlu konsistensi, kreativitas, dan interaksi dengan pengikut untuk meningkatkan peluang sukses dan berpenghasilan besar di TikTok. Pendapatan di TikTok cukup besar namun, sangat tricky.  Ada banyak aturan yang harus dipahami sebagai kreator di TikTok. Kalau akun kamu melakukan pelanggaran maka, akun kamu susah bangkit untuk mendongkrak views konten kamu.

Untuk itu artikel ini memberikan informasi mengenai menjadi kreator TikTok yang sukses dan bisa bikin kamu langsung switch career. Kalau akun kamu sudah memiliki audiens yang besar, kamu hanya perlu fokus dalam berkonten saja. Penasaran? Yuk, disimak !

Baca Juga : Sosial Media Marketing: Mengulik Cara live tiktok Bagi Pemula

Cara Menjadi Kreator TikTok

Berikut beberapa cara yang membantu kamu untuk switch career menjadi kreator di TikTok:

1. Mengunduh Aplikasi TikTok

Langkah yang awal banget adalah mengunduh aplikasi TikTok. Kalau belum mengunduh TikTok di smartphone kamu, kamu tidak akan bisa membuat konten dan menjadi kreator di TikTok. Pastikan mengunduh dari playstore dan appstore yang ada di hp kamu

2. Membuat Akun

Setelah mengunduh aplikasi TikTok, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Menmbuat akun merupakan cara menjadi kreator TikTok.  Kamu bisa membuat akun dari nomor handphone atau email. Setelah membuat akun, kamu akan diarahkan TikTok untuk memilih konten seperti apa yang masuk ke FYP kamu. Pastikan jangan di skip, karena sebagai kreator TikTok sangat penting untuk memilih 5 jenis tema konten yang masuk ke FYP kamu. Hal ini bisa kamu jadikan referensi ketika kamu membuat konten di TikTok.

Baca Juga : Terungkap! 8 Teknik Pemasaran Online Ini Bikin Bisnis Melesat

3. Tentukan Topik Konten

Sebelum membuat konten, penting sekali untuk menentukan topik konten yang ingin kamu buat. Pastikan dalam membuat beberapa konten pastikan fokus dulu pada satu konten. Hal ini dilakukan agar TikTok dapat memahami audiens yang akan menonton video kamu sampai selesai. Video kamu jadi lebih cepat FYP dan menghasilkan views yang tinggi. Kecuali kamu dari kalangan artis atau selebgram yang sudah terkenal baru bisa membuat konten dengan topik bermacam – macam. Kamu juga perlu mempelajari dan menguasai topik konten yang ingin kamu gunakan. Untuk bentuk konten, kamu bisa melihat video – video kreator lain sebagai referensi.

4. Memilih Niche

Kalau sudah membuat beberapa konten dan fokus pada satu topik, pasti kamu sudah melihat perkembangan audiens kamu selama jadi kreator TikTok. Setelah memahami audiens kamu, kamu perlu membuat niche di bio akun TikTok Kamu. Niche mengarah pada segmen pasar atau area spesifik dalam suatu industri dimana produk, jasa, atau konten memiliki karakteristik yang khusus dan ditujukan pada kelompok tertentu. Hal ini mencakup fokus pada kebutuhan atau minat khusus dari sekelompok orang. Memilih Niche adalah salah satu cara menjadi kreator TikTok sukses.

Dalam konteks kreator atau pemasaran digital, niche dapat  mengarah pada topik atau tema tertentu yang menjadi fokus utama dari suatu konten atau produk. Memilih niche membantu dalam menentukan audiens target dan membangun personal branding di dalamnya. Kamu bisa membuat niche di bio akun TikTok kamu.

5. Memahami Fitur TikTok

Sangat disarankan sebagai pembuat konten di TikTok untuk memahami fitur di TikTok seperti efek, filter, dan musik untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas konten. Kamu dapat melihat referensi konten dengan menggunakan efek dan filter yang ada di TikTok. Apalagi efek dan filter itu sedang tren oleh pengguna TikTok, sangat punya peluang besar untuk FYP di beberapa pengguna TikTok. Namun, kamu juga harus menyesuaikan filter dan efek yang sesuai dengan niche konten kamu dan tidak perlu semua fitur digunakan.

Baca Juga : Cara Agar Video Tiktok FYP

6. Menggunakan Musik

Sebagai kreator TikTok yang ingin FYP lebih cepat, sangat perlu untuk menggunakan musik atau sound yang sedang ramai jadi perbincangan di TikTok. Tidak heran banyak musisi di jaman sekarang yang mempromosikan lagunya di TikTok. TikTok berpeluang besar untuk kamu mendapatkan atensi publik dengan membuat konten. Kamu juga bisa melihat video TikTok yang menggunakan sound viral sebagai referensi dalam membuat konten. Sound yang sedang viral bisa digunakan oleh pemilik akun bisnis di TikTok untuk mempromosikan produk dan jasa nya lewat konten. Pada tahun 2023, ada beberapa sound yang viral di TikTok yang bisa dicoba untuk FYP seperti lagu – lagu milik taylor swift ( fearless, all to well, style ), lagu – lagu maroon 5, dan sebagainya. Menggunakan sound viral menjadi salah satu cara menjadi kreator TikTok yang mencapai banyak followers.

7. Menggunakan Hook

Salah satu cara menjadi kreator di TikTok agar FYP  adalah membuat hook dalam konten. Hook pada TikTok mengarah pada elemen awal atau momen menarik dalam video yang dibuat untuk menarik perhatian penonton dan membuat mereka tertarik untuk menonton lebih lanjut. Hook biasanya muncul dalam beberapa detik pertama video yang dapat berupa aksi, pertanyaan menarik, atau visual yang kuat. Artikel ini merekomendasikan 3 jenis hook agar cepat fyp yaitu hook hiperbola,  hook to the point ( cocok untuk topik yang sedang viral ) dan negative hook seperti pada opening video, “ nyesel banget baru tau produk ini sekarang”. Nah, kalau kamu tertarik hook yang mana ? atau kamu punya hook versi sendiri ?

Baca Juga : Cara Meningkatkan Algoritma Tiktok Untuk Menaikkan Engagement

8. Mengikuti Tren

Sebagai kreator TikTok pemula harus mencoba mengikuti tren yang ada di TikTok. Kamu juga harus mengikuti challenge yang sedang ramai di TikTok. Hal ini dapat membantu video kamu naik oleh TikTok dan video kamu cepat FYP di beberapa akun pengguna TikTok. Beberapa waktu lalu, ada beberapa challenge yang menghasilkan kreator  – kreator baru karena views yang tinggi seperti wiu wiu dance, popular trend, dan wop  wop challenge.

9. Konsisten dalam Membuat Konten

Kamu harus tetap aktif dan rutin dalam mengunggah konten. Kamu bisa membuat jadwal target unggah konten kamu selama seminggu. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Akun kamu juga tidak mudah terlupakan walaupun banyak kreator yang membuat konten dengan tema yang sama. Kamu juga harus mempelajari waktu mengunggah konten mana yang cepat FYP. Jadi, kamu bisa evaluasi waktu dalam mengunggah konten. Ketepatan waktu dalam mengunggah konten menjadi salah satu faktor konten kamu bisa FYP dengan cepat.

Itu dia beberapa tips untuk menjadi kreator TikTok yang sukses dan terkenal. Semua cara ini dapat kamu coba secara bertahap. Jangan lupa untuk mengevaluasi setiap konten yang kamu unggah di TikTok agar semakin baik kedepannya.

Baca Juga : Apa Itu Konten Evergreen

Cara Menjadi Kreator TikTok AideeLab

Cara menjadi kreator TikTok yang terpenting adalah membuat konten dengan visual yang menarik. Kamu perlu menemukan jasa yang tepat untuk membuat konten dengan memiliki visual yang disukai audiens kamu. Jadi, untuk menghilangkan rasa kebingungan kamu, artikel ini merekomendasikan AideeLab untuk membantu kamu dalam membuat konten dengan visual yang memikat. Kamu perlu tahu bahwa AideLab merupakan creative agency digital marketing yang berlokasi di Kota Medan. Mereka dipastikan sudah berpengalaman dalam membuat visual yang menarik untuk konten. Jadi, buat kamu kreator tiktok dan pemilik bisnis online wajib coba AideeLab

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina