
Jasa Iklan Meta untuk Jangkau Audiens Lebih Luas
Jasa Iklan Meta – Perkembangan jaman yang semakin maju ternyata berdampak ke berbagai bidang, salah satunya dalam bidang bisnis yang mana cara promosi atau beriklannya telah berbeda.
Kalau jaman dulu, cara promosinya hanya dari mulut ke mulut atau melalui media konvensional seperti televisi, radio, maupun koran berita.
Sekarang ini, para pebisnis sudah bisa mengiklankan atau mempromosikan bisnis mereka secara digital melalui berbagai media. Salah satunya platform Meta!
Melalui Meta membuat pebisnis jadi lebih mudah untuk menjangkau audiens atau mendapatkan calon pelanggan baru dari berbagai daerah maupun negara lain.
Tentunya kemudahan tersebut tidak bisa didapatkan dengan melakukan metode beriklan seperti jaman dulu, yang mana hanya bisa menjangkau audiens di daerah tertentu saja.
Dengan beriklan di Meta, pebisnis juga bebas melakukan kreasi saat membuat konten iklan, mau itu dalam bentuk foto, video, atau carousel.
Selain itu, dengan beriklan di Meta, pebisnis juga bisa langsung tahu bagaimana feedback dan testimoni dari audiens maupun pelanggan mengenai brand tersebut.
Hal tersebut membuat pebisnis bisa tahu apa saja yang perlu diperbaiki, dipertahankan, ataupun diperbarui dari brand mereka.
Jika ada feedback maupun testimoni yang negatif, pebisnis juga bisa langsung klarifikasi agar reputasi brand tetap terjaga!
Bisa dibilang dengan beriklan di Meta cukup efektif dan efisien dibandingkan menggunakan media konvensional atau promosi dari mulut ke mulut.
Untungnya sekarang sudah banyak pebisnis yang menyadari kalau beriklan di Meta cukup menguntungkan bagi bisnis mereka.
Untuk beriklan di Meta, sebagian pebisnis biasanya menggunakan jasa dan sebagian lain sudah memiliki tim internal.
Untuk proses kerja dari jasa iklan Meta dan tim internal tentunya berbeda! Ada cara khusus dari tiap kedua tim tersebut.
Bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan jasa Meta Ads, namun masih meragukan proses kerjanya, bisa simak pembahasan selanjutnya, ya!
Baca Juga: Rekomendasi Jasa Meta Ads Terbaik di Medan
Proses Kerja Jasa Iklan Meta Saat Menangani Iklan
Tiap jasa iklan Meta memiliki cara tersendiri saat menghandle iklan klien, namun beberapa proses kerja ini umumnya kerap dilakukan oleh tiap jasa.
Berikut ini proses kerja dari jasa Meta Ads saat menangani iklan klien:
1. Melakukan Konsultasi Terlebih Dahulu

Sebelum menjalin kerja sama dengan calon klien, tim jasa akan melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mencari tahu mengenai bisnis yang sedang kamu jalani.
Misalnya produk / brand yang dijual, target audiens, dan hambatan apa saja yang sedang dialami.
Selain itu, nantinya tim jasa Meta Ads akan memberikan beberapa pertanyaan seperti mengenai tujuan dan pengalaman dalam beriklan.
Konsultasi ini cukup penting untuk dilakukan karena merupakan langkah awal untuk lanjut ke strategi selanjutnya.
Alasan mengapa tim jasa melakukan konsultasi karena mereka tahu kalau tiap bisnis memiliki karakteristik dan pendekatan yang berbeda – beda.
2. Melakukan Riset & Analisis
Setelah melakukan konsultasi dan memahami bisnis klien, selanjutnya tim jasa akan melakukan riset lebih dalam dengan mempelajari:
- Tren industri
- Perilaku target audiens
- Riset kompetitor
Riset ini dilakukan untuk menemukan USP yang bisa membuat bisnismu jadi lebih unggul dibandingkan kompetitor lainnya.
Selain melakukan riset, nantinya tim jasa akan menganalisis data dengan detail untuk memahami demografi audiens yang tertarik atau relevan dengan produk / jasa yang ditawarkan.
3. Membuat Strategi Beriklan

Hasil riset dan analisis akan digunakan untuk membuat strategi campaign iklan agar tepat sasaran.
Selain membuat strategi, tim jasa akan mengkategorikan audiens ke beberapa segmen, seperti:
- Cold audience (orang yang belum mengenal brand)
- Warm audience (orang yang pernah melihat konten brand)
- Hot audience (orang yang tertarik atau pernah membeli produk)
Dengan segmentasi tersebut, iklan jadi relevan dan lebih personal.
Baca Juga: Jasa Pembuatan Iklan di Facebook: Solusi Atasi Kesalahan Beriklan di Facebook
4. Pembuatan Konten Iklan
Iklan yang bagus bukan hanya karena strategi yang tepat sasaran saja, namun bisa jadi konten yang menarik dan mampu menyentuh hati serta logika audiens.
Mungkin kamu berpikir kalau jasa iklan Meta hanya terdiri dari tim advertiser berpengalaman saja, kan?
Padahal kenyataannya, ada tim kreatif yang juga ikut membantu dalam pembuatan konten iklan.
Adapun tanggung jawab tim kreatif dalam pembuatan konten iklan yaitu:
- Membuat copywriting yang persuasif
- Membuat desain visual yang menarik
- Mengedit video yang engaging
Konten iklan dibuat dengan menyesuaikan karakteristik brand dan minat target audiens.
Contohnya, kamu menjual produk fashion untuk anak bayi, maka visual yang digunakan lebih playful dengan warna pink atau biru.
5. Melakukan Setting Iklan
Jika konten iklan telah selesai dibuat, maka selanjutnya masuk ke tahapan yang paling penting yaitu setting iklan di Meta Ads Manager.
Pada tahapan ini, nantinya tim jasa akan mengimplementasikan strategi iklan yang telah dibuat. Adapun tindakan dari tim jasa yaitu:
- Memasukkan semua materi iklan yang ada
- Menentukan objektif kampanye iklan (seperti leads, konversi, atau traffic)
- Menyusun struktur campaign, ad set, dll
- Menentukan budget iklan dan durasi penayangan
Setting iklan dilakukan dengan penuh pertimbangan, agar iklan tidak hanya sekedar tayang namun juga menghasilkan leads yang bagus dan jumlah konversi meningkat.
6. Melakukan Monitoring & Optimasi Iklan
Setelah melakukan setting iklan, tim jasa tidak akan membiarkan iklan tayang begitu saja.
Mereka akan rutin melakukan monitoring dan optimasi iklan yang telah berjalan.
Ada beberapa hal yang selalu mereka perhatikan saat melakukan monitoring, di antaranya:
- CTR (Click Through Rate): jumlah orang yang mengklik iklan
- CPC (Cost per Click): biaya per klik yang dikeluarkan
- ROAS (Return on Ad Spend): mengukur efektivitas kampanye iklan
Jika tim jasa menemukan ada yang kurang maksimal dari ketiga hal tersebut, nantinya mereka akan melakukan optimasi iklan.
Adapun cara yang mereka lakukan untuk mengoptimasi iklan yaitu dengan mengganti headline, membuat target audiens lebih spesifik, hingga mengubah waktu tayang iklan.
Tujuan optimasi ini untuk memaksimalkan hasil dari setiap rupiah yang dikeluarkan!
Baca Juga: Jasa Instagram Ads yang Terbaik untuk Tingkatkan Penjualanmu
7. Melakukan Evaluasi & Reporting

Jasa iklan Meta yang terpercaya dan amanah pastinya selalu melakukan evaluasi dan memberikan laporan mengenai campaign iklan yang berjalan dalam mingguan maupun bulanan.
Laporan yang diberikan bukan hanya sekedar data angka saja, mereka juga akan memberikan penjelasan mengenai:
- Campaign iklan mana saja yang berhasil dan efektif
- Bagian apa yang kurang efektif
- Rencana strategi atau langkah selanjutnya
Bisa dibilang dengan menggunakan jasa tersebut, kamu tidak hanya mendapatkan hasilnya saja namun juga akan diberikan pemahaman mengenai iklan bisnismu.
Nah, itulah ketujuh proses kerja dari jasa Meta Ads yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan jasa tersebut!
Baca Juga: Jasa Iklan Facebook: Cara Cuan dari Sosial Media Tanpa Ribet
Mau Beriklan dengan Jasa Meta Ads? Berikut Rekomendasinya!
Sedang cari jasa Meta Ads yang terpercaya dan berpengalaman dalam handle iklan berbagai bisnis? Kamu bisa percayakan Aidee Lab saja!
Iklan bisnismu akan dihandle langsung sama tim advertiser kami yang berpengalaman.
Mulai dari riset, membuat strategi, hingga pembuatan konten iklan kamu bantu buatkan.
Sudah banyak klien yang merasa puas dengan hasil proses kerja jasa iklan Meta dari Aidee Lab!
Saatnya giliran bisnis kamu buat dapetin leads berkualitas sekaligus tingkatkan penjualan.
Hubungi tim kami melalui nomor berikut untuk memulai konsultasi gratisnya!