
Rekomendasi Jasa Pembuatan Konten Sosial Media
Jasa Pembuatan Konten Sosial Media – Masih banyak orang yang belum tahu kalau di sosial media ada yang namanya konten iklan dan organik.
Kedua konten tersebut memiliki perbedaan, mulai dari tujuan hingga proses pembuatannya.
Untuk membuat kedua konten tersebut bisa kamu lakukan sendiri jika memiliki skill di bidang pembuatan konten.
Namun kalau kamu tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, atau tidak punya tim kreatif maupun sosmed, bisa gunakan jasa pembuatan konten sosial media.
Dengan menggunakan jasa tersebut, nantinya kamu akan dibantu untuk membuat konten, mau itu konten organik atau iklan.
Biasanya tim jasa konten sosial media sudah paham dan ahlih dalam membuat konten untuk berbagai brand.
Jadi, kamu tidak perlu ragu soal hasilnya karena sudah pasti bakalan bagus dan berdampak positif pada penjualanmu di sosmed!
Mau buat konten untuk sosmed bisnismu? Tapi bingung, lebih bagus buat konten organik atau iklan?
Kamu bisa tanyakan langsung pada tim jasa untuk menemukan solusi yang tepat!
Atau kamu bisa simak pembahasan berikut untuk cari tahu perbedaan konten organik dan iklan, serta pilihan mana yang lebih bagus untuk sosmed bisnismu.
Baca Juga: Jasa Pembuatan Konten Bikin Brand Makin Populer
Konten Organik Vs Iklan: Mana yang Lebih Bagus untuk Sosmed?

Sebelum membuat konten di sosmed, kamu harus tentukan terlebih dahulu ingin buat konten seperti apa. Apakah untuk beriklan atau meningkatkan awareness?
Tiap jenis konten tentunya memiliki tujuan dan isi yang berbeda – beda. Begitu juga dengan konten organik dan iklan yang memiliki perbedaan.
Untuk lebih lengkap mengenai perbedaan kedua konten tersebut, kamu bisa simak pembahasan berikut ini!
Dari Segi Tujuan
Tujuan dari pembuatan konten organik yaitu membangun hubungan dengan audiens untuk jangka panjang.
Pembuatan konten organik biasanya bertujuan untuk memberikan edukasi, menghibur, hingga meningkatkan jumlah engagement.
Dengan membuat konten organik, brandmu bisa lebih dekat dengan audiens dan memiliki ciri khas dibandingkan kompetitor lain!
Sedangkan konten iklan biasanya lebih spesifik.
Tujuan dari konten iklan yaitu untuk mendapatkan hasil leads berkualitas, meningkatkan penjualan, mendatangkan traffic, hingga memperkenalkan produk atau layanan terbaru.
Dapat disimpulkan, konten organik digunakan untuk membangun kepercayaan dalam jangka panjang. Sedangkan tujuan konten iklan yaitu mendapatkan hasil lebih cepat.
Dari Segi Jangkauan
Kalau kamu ingin jangkau audiens, tidak disarankan menggunakan konten organik karena jangkauannya terbatas.
Selain jangkaun yang terbatas, interaksi dengan followers dan algoritmanya juga terbatas.
Konten organik hanya bisa dilihat oleh audiens yang sudah following akun sosmed bisnismu atau kebetulan melihat kontennya di halaman eksplore.
Berbanding terbalik dengan konten organik, konten iklan memiliki jangkauan yang lebih luas namun terukur.
Karena sistemnya berbayar, kamu bisa bebas menargetkan audiens berdasarkan minat, lokasi, hingga usia.
Tentunya konten iklan sangat menguntungkan pebisnis, karena bisa menjangkau audiens dari berbagai daerah atau yang belum pernah mengenal brandmu sama sekali.
Dapat disimpulkan, konten organik hanya bisa mengandalkan algoritma sedangkan konten iklan bisa jangkau audiens dengan terukur dan sesuai target walaupun berbayar.
Dari Segi Biaya
Untuk membuat konten organik tidak perlu mengeluarkan biaya. Kamu hanya perlu ide, kreativitas, waktu, dan konsisten saja.
Walaupun gratis, kamu tetap perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji tim kreatif atau sosmed yang sudah berusaha keras membuat konten yang menarik.
Untuk konten iklan tentu harus mengeluarkan biaya, namun kamu bisa sesuaikan budget yang telah ditentukan.
Biasanya semakin besar budget iklan, semakin luas jangkauannya.
Biayanya bisa dalam bentuk cost per click (CPC), cost per impression (CPM), dan cost per action (CPA).
Namun semuanya tergantung pada tujuan iklannya, ya.
Dapat disimpulkan, kalau konten iklan membutuhkan biaya sedangkan konten organik tidak perlu mengeluarkan biaya.
Baca Juga: Jasa Pembuatan Konten TikTok yang Bikin FYP Terus!
Dari Segi Jenis Konten
Ciri khas dari konten organik biasanya lebih natural dan banyak jenisnya. Isi kontennya bisa berupa tips, edukasi, hingga berinteraksi bersama audiens.
Fokus dari konten organik yaitu meningkatkan engagement.
Sedangkan fokus dari konten iklan yaitu memberikan berbagai penawaran seperti promo, diskon, dan lainnya dengan menggunakan call to action (CTA).
CTA nya bisa berupa “Beli Sekarang Juga” atau “Dapatkan Diskon 50%”.
Dapat disimpulkan, kalau konten organik berfokus untuk membangun interaksi bersama audiens, sedangkan konten iklan fokusnya memengaruhi audiens untuk melakukan tindakan.
Dari Segi Kecepatan Hasil
Jika ingin mendapatkan calon pelanggan baru, tidak disarankan menggunakan konten organik karena hasilnya lebih lama.
Butuh waktu untuk mendapatkan followers, meningkatkan engagement, atau membangun brand awareness.
Walaupun hasilnya tidak cepat, dengan konten organik bisa membangun hubungan interaksi bersama audiens secara natural.
Sedangkan konten iklan hasilnya terlihat lebih cepat. Begitu iklannya dijalankan, otomatis traffic langsung meningkat atau masuk leads via chat.
Itulah lima perbedaan dari konten organik dan iklan yang bisa kamu jadikan insight untuk memulai berbisnis di sosmed!
Dari segi keunggulannya sudah pasti berbeda. Kamu bisa simak beberapa keunggulan dari kedua konten tersebut di pembahasan berikut ini.
Baca Juga: Rekomendasi Jasa Pembuatan Konten Iklan di Medan
Keunggulan Dari Konten Organik & Iklan

Tentu kamu perlu tahu keunggulan dari konten organik dan iklan untuk dijadikan bahan pertimbangan membuat konten di sosmed.
Berikut ini keunggulan dari kedua konten tersebut:
Keunggulan Konten Organik
Konten organik memiliki beberapa keunggulan yang cukup menguntungkan untuk sosmed bisnismu. Berikut ini keunggulannya:
- Penting sekali untuk membuat konten yang menarik agar audiens terus share konten tersebut ke orang lain. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkanmu karena tidak perlu beriklan untuk meningkatkan brand awareness.
- Biasanya konten organik bersifat evergreen atau relevan untuk jangka panjang. Contohnya seperti konten “tips merawat tanaman” atau “informasi mengenai gaya hidup yang sehat”. Konten yang seperti itu tetap dilihat oleh audiens walaupun postingannya sudah lama.
- Membuat konten organik gratis! Kamu tidak perlu keluar biaya untuk membuatnya, hanya cukup konsisten membuat konten yang kreatif dan relevan. Tentunya konten ini sangat cocok bagi bisnis yang baru merintis atau UMKM.
Keunggulan Konten Iklan
Sama halnya dengan konten organik, konten iklan juga punya keunggulan yang sangat menguntungkan bagi pebisnis untuk berbisnis di sosmed.
Berikut beberapa keunggulannya:
- Untuk mengiklankan bisnis di sosmed perlu konten yang menarik dan relevan agar bisa menjangkau calon pelanggan baru. Konten iklan ini hasilnya lebih cepat, begitu iklan dijalankan langsung dapat hasilnya.
- Jika kamu ingin mengeluarkan produk atau layanan baru, bisa membuat konten iklan karena cara tersebut paling efektif.
- Dengan konten iklan bisa menjangkau audiens lebih luas sesuai kriteria brandmu. Tentunya cara ini cukup efektif untuk jangkau calon pelanggan baru.
Baca Juga: Buat Konten Iklan dengan Jasa Pembuatan Konten Instagram
Jasa Pembuatan Konten Sosial Media yang Berpengalaman
Bagi kamu yang ingin memulai berbisnis di sosmed namun bingung ingin buat konten seperti apa dan mulai dari mana, bisa percayakan Aidee Lab!
Aidee Lab punya tim kreatif dan sosmed yang berpengalaman dan ahli membuat konten organik dan iklan, jadi kamu tidak perlu ragu soal hasilnya.
Tertarik? Kamu bisa langsung hubungi tim kami melalui nomor berikut