fbpx

Apa itu Digital Marketer? Apakah sama dengan Digital Marketing

Apa itu Digital Marketer? – Perkembangan teknologi memang banyak memberikan kemudahan dan keefektifitasan tersendiri bagi Anda sebab perkembangan teknologi sendiri tentu memberikan banyak manfaat khususnya dalam memudahkan aktivitas dan pekerjaan Anda.  

Dalam konteks bekerja, saat ini pemanfaatan teknologi sangat berguna untuk membantu kegiatan pemasaran, Alasannya dengan adanya pemanfaatan teknologi yang baik, sebuah bisnis atau perusahaan akan dapat menjangkau audiens secara luas dalam memasarkan produk ataupun jasa yang ditawarkan melalui berbagai pilihan platform. 

Kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital biasanya Anda kenal dengan sebutan digital marketing.  

Definisi Digital Marketer 

Dalam bahasa Indonesia, digital marketing adalah pemasaran digital. Pemasaran digital atau biasanya disebut dengan digital marketing adalah pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk memasarkan suatu produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. 

Digital Marketing adalah pemasaran yang menggunakan media digital atau teknologi untuk mempromosikan produk atau layanan. Digital marketing melibatkan berbagai taktik pemasaran seperti pengoptimalan mesin pencari (SEO), iklan online, media sosial, email marketing, pemasaran afiliasi dan pemasaran konten. 

Sedangkan digital mareketer adalah seseorang yang ruang lingkup kerjanya berhubungan dengan segala hal di bidang digital marketing. Seorang digital marketer bertanggung jawab atas branding produk yang dihasilkan perusahaan serta memiliki tugas meningkatkan brand awarness, traffuc we, serta visibilitas perusahaan.

Tujuan dari digital marketing yaitu:

1. Awareness, merujuk kepada tingkat kesadaran konsumen tentang merek atau produk tertentu. Meningkatkan awareness adalah tujuan utama dari banyak kampanye pemasaran, karena meningkatkan kesadaran konsumen adalah langkah penting dalam membangun minat dan kepercayaan konsumen pada produk yang ditawarkan. 

2. Engagement, merujuk pada interaksi dan keterlibatan pengguna dengan konten atau kampanye pemasaran Anda. Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan membantu mendorong tindakan tertentu seperti pembelian atau registrasi. Jenis tindakan engagement seperti like, komentar, share, dan klik pada tautan konten yang dibagikan

3. Branding, merujuk pada prose menciptakan, mengembangkan dan memelihara identitas merek yang kuat dan dikenal oleh konsumen. Branding melibatkan penciptaan visual, seperti logo dan warna merek, serta elemen non-visual. 

Tujuannya untuk meningkatkan citra dan review  yang positif dari konsumen. agar konsumen tetap setia menggunakan produk sekaligus meningkatkan penjualan produk.

4. Database market, merujuk pada teknik pemasaran yang melibatkan penggunaan data konsumen untuk memahami perilaku dan preferensi konsumen serta mengembangkan strategi pemasaran yang lebih terfokus dan terukur.

Database market melibatkan pengumpulan, analisis dan penggunaan data konsumen untuk mempersonalisasi pesan pemasaran dan memastikan bahwa pesan tersebut disampaikan kepada audiens yang tepat dan pada waktu yang tepat. 

5. Analisis digital, merujuk pada penggunaan data dan informasi digital untuk memahami perilaku pengguna dan performa kampanye pemasaran digital. Analisis digital melibatkan pengumpulan, pemrosesan, dan analisis data digital untuk memberikan wawasan dan informasi yang dapat membentuk efektivitas kampanye pemasaran. 

Salah satu contoh penggunaan analisis digital adalah google analytics, dalam platform ini, data pengunjung website dapat dikumpulkan dan dianalisis untuk memahami perilaku pengguna, dan performa konten. 

Digital marketing melibatkan berbagai disiplin ilmu, sehingga lulusan dari berbagai bidang dapat terlibat dalam industri ini, seperti seorang lulusan dari jurusan pemasaran, komunikasi, teknologi informasi, desain grafis,serta  bisnis dan manajemen.  

Gaji seorang digital marketer sangat bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti pengalaman kerja, lokasi, ukuran perusahaan dan industri. Namun secara umum gaji seorang digital marketer biasanya lebih tinggi daripada gaji rata-rata di industri dan komunikasi. 

Indonesia , rata-rata gaji digital marketer dapat berkisaran antara 6 juta hingga 25 juta per bulan tergantung pada pengalaman dan keterampilan yang dimiliki. Lihat disini

Cara menjadi seorang digital marketer:

1. Kuasi teknik dasar digital marketing 

langkah pertama yang harus dilakukan yaitu memperkuat dasar-dasar teknik terkait dengan SEO, SEM, analytics, media sosial marketing, dan media sosial advertising. 

2. Kuasi berbagai macam tools digital marketing 

langkah selanjutnya yang harus anda kuasai adalah mengetahui tools digital marketing dan kegunaannya. Tools dalam digital marketing antara lain: 

  • Google Analytics, berfungsi untuk memberikan data-data statistik pengunjung website. 
  • Google Ads, berfungsi untuk melakukan tracking dan memantau upaya periklanan yang telah dikerjakan. 
  • Ahrefs, berfungsi untuk mengoptimasi konten website agar berada di halaman pertama google SERP 
  • Moz, berfungsi sebagai tool SEO yang berguna meningkatkan visibilitas website pada search engine. 
  • Buffer, berfungsi untuk memudahkan dalam mengelola berbagai akun media sosial. 
  • Hubspot, berfungsi sebagai software CRM untuk menyimpan data dan informasi dari customer
  • Canva, berfungsi untuk mengerjakan berbagai desain, seperti feeds instagram, poster, dan lainnya. 

3. Mengikuti sertifikasi, bootcamp, atau kursus 

Kursus akan membantu Anda untuk mengembangkan keterampilan sebagai digital marketer. Selain materi yang diberikan Anda akan mengerjakan case study yang nantinya bisa Anda sertakan dalam portofolio yang berfungsi untuk jenjang karir Anda. 

Dengan mengikuti kursus ataupun bootcamp Anda akan mendapatkan sertifikasi yang berupa pengakuan secara tertulis bertujuan untuk menunjukkan Anda termasuk kualifikasi dibidang tersebut. 

4. Memilih bidang yang paling diminati. 

Dalam digital marketing banyak posisi yang bisa Anda tekuni, antara lain: 

  • SEO Specialist, berfokus pada peningkatan website perusahaan dan memperoleh rangking tinggi di search engine.  
  • SEM Specialist, berfokus pada menekankan aktivitas marketing di search engine dalam menggunakan iklan berbayar. 
  • Customer Relationship Management (CRM) Specialist, berfokus pada penggunaan berbagai tools yang dipakai untuk mempertahankan dan mencari pelanggan baru. 
  • Data Analyst, berfokus untuk melakukan riset dan analisis guna kepentingan marketing atau pengembangan suatu produk. 
  • Sosial Media Specialist, berfokus pada pengoperasian media sosial agar menjadi saluran marketing dan banyak dikunjungi konsumen. 

5. Memperluas jaringan 

Bergabung dengan kelompok digital marketing atau berpartisipasi dalam forum online dapat membantu Anda membangun koneksi dan mempelajari tentang industri secara online.

Hal yang harus dilakukan oleh seorang digital marketer: 

Sebagai seorang digital marketer, berikut adalah beberapa hal yang dilakukan:

  • Memahami target audiens, sebelum membuat kampanye pemasaran digital, Anda harus memahami siapa target audiens Anda dan apa yang mereka butuhkan. 
  • Menganalisis posisi bisnis terhadap kompetitor, Anda dapat membantu dan memahami posisi pasar bisnis dan bagaimana bisnis anda dapat bersaing di pasar, dengan cara mengidentifikasi kompetitor, analisis SWOT, tinjau strategi pemasaran, tinjau harga, tinjau produk atau ;layanan, tinjau reputasi merek, dan membuat rencana aksi. 
  • Menentukan tujuan, Anda harus menentukan tujuan yang jelas dan spesifik untuk setiap kampanye pemasaran digital yang Anda buat. Tujuan ini harus terukur dan dapat dicapai dalam waktu yang ditentukan. 
  • Membuat strategi pemasaran, setelah menentukan tujuan dan target, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang tepat untuk mencapai tujuan dengan pemanfaatan media sosial, SEO, email marketing, PPC, atau kombinasi dari semuanya. 
  • Memantau atau menganalisis hasil, setelah meluncurkan kampanye, Anda harus memantau atau menganalisis hasilnya secara teratur, dengan cara ini Anda bisa mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak.  dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kampanye. 
  • Berinteraksi dengan audiens, sebagai seorang digital marketer penting untuk Anda berinteraksi dengan audiens melalui media sosial, email, atau platform lainnya. yang bertujuan membangun hubungan dan membangun loyalitas merek. 

Kelebihan dan kekurangan digital marketing: 

Kelebihan digital marketing adalah: 

  1. Dapat mencapai target audiens yang lebih spesifik, dengan menggunakan data da teknologi, digital marketing memungkinkan bisnis untuk menargetkan iklan hanya pada orang-orang yang berpotensi menjadi pelanggan. 
  2. Lebih efektif dalam mengukur kinerja, digital marketing memungkinkan bisnis untuk melacak efektivitas kampanye pemasaran mereka dengan menggunakan data dan metrik yang tersedia. 
  3. Lebih fleksibel dan mudah disesuaikan, digital marketing memungkinkan bisnis untuk dengan cepat menyesuaikan kampanye pemasaran mereka dengan perubahan pasar atau tren konsumen. 
  4. Lebih murah, digital marketing dapat lebih murah dibandingkan dengan iklan tradisional, terutama jika bisnis menggunakan platform media sosial atau SEO (Search Engine Optimization). 

Kekurangan digital marketing adalah:

  1. Persaingan yang lebih tinggi, karena digital marketing memungkinkan bisnis untuk lebih mudah dijangkau pelanggan, persaingan menjadi lebih ketat, terutama di pasar online. 
  2. Tidak semua orang terhubung dengan internet, digital marketing hanya dapat menjangkau orang yang berhubungan dengan internet. Sehingga, orang yang tidak memiliki akses internet mungkin tidak dapat dijangkau melalui digital marketing. 
  3. Dapat menjadi lebih sulit untuk membangun kepercayaan, beberapa mungkin tidak percaya pada iklan online atau memandang iklan online sebagai spam, sehingga dapat menjadi sulit untuk membangun kepercayaan pelanggan melalui digital marketing. 
  4. Perubahan teknologi yang cepat, digital marketing terus berkembang dan teknologi dapat berubah dengan cepat. Bisnis harus selalu mengikuti perkembangan teknologi dan menyesuaikan strategi pemasaran dengan perubahan tersebut. 

Dari penjelasan diatas , dapat ditarik kesimpulan bahwasannya digital marketing adalah strategi pemasaran yang wajib untuk Anda coba sebagai pelaku bisnis, alasannya Anda dapat melakukan ekspansi secara lebih luas dan dapat meraih banyak keuntungan untuk bisnis. 

Nah gimana sudah lengkap bukan info seputar tentang Digital Marketing ?

Bagaimana apa Anda tertarik menjadi seorang digital marketer? 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.