fbpx

Apa Itu Website? Ini Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Apa itu website?

Pertanyaan apa itu website mungkin pertanyaan itu yang sering terlintas di benak kamu yang mungkin masih awam mengenai website.

Website adalah halaman atau kumpulan halaman yang bisa kamu lihat dan akses di internet.

Orang membuat situs web atau website untuk menyediakan informasi, hiburan, atau layanan khusus lainnya. Mereka bisa berupa toko online, blog, berita, atau halaman lainnya dengan tujuan tertentu.

Web dapat dianggap sebagai sebuah ebook yang dapat dibaca di komputer atau ponsel. Setiap web punya tugas dan jenis nya masing –masing.

Ada yang  buat kamu ketawa, ada yang memberikan informasi, ada yang buat belanja online, ada yang buat belajar online, dan sebagainya. Semua hal itu bisa kamu akses lewat internet.

Baca Juga : Cari Tahu, 3 Rekomendasi Jasa Web Original 100%

Pada artikel ini, akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu website, berbagai jenisnya, dan juga fungsinya. Kamu penasaran? Mari simak penjelasan selengkapnya !

Jenis – Jenis Website

Setelah membahas pengertiannya, maka selanjutnya artikel ini akan membawa kamu kedalam pembahasan jenis – jenisnya. Yuk, disimak sampai selesai !

Dari segi kontennya, kita dapat membagi website menjadi dua kategori utama yaitu statis dan dinamis. Web statis adalah web yang memiliki informasi yang tetap, kecuali jika ada pembaharuan konten.

Sementara itu, web dinamis adalah jenis web yang mengubah tampilannya secara otomatis. Akan tetapi dari segi tujuannya, ada beberapa jenis – jenis web yang sering dijumpai, seperti :

1. Web E-commerce

Apa itu web e-commerce ? web e-commerce adalah website yang berfungsi menjual produk atau layanan secara online.

Biasanya, web e-commerce menyediakan fitur – fitur seperti keranjang online, pembayaran online, dan pengiriman barang.

Contoh web e-commerce adalah Amazon, ebay, dan kalau di Indonesia ada The Executive yang menjual produk fashion.

Baca Juga : Pejuang SEO Harus Tahu 3 Rekomendasi Jasa Backlink yang Aman

2. Web berita dan informasi

Selanjutnya, ada web berita dan informasi. Web ini adalah website yang berfungsi untuk Menyediakan berita, laporan, atau informasi terkini dengan berbagai bidang seperti sosial, politik, agama, hiburan, olahraga, ekonomi dan sebagainya.

Biasanya web berita dibuat dan dikelola oleh perusahaan media massa. Konten web berita umunmya berbentuk artikel.

Ada banyak web berita yang masih ada saat ini seperti detik.com, idntimes, Okezone, Narasi, BBC, The New York Times, CNN, dan sebagainya.

3. Web Pribadi

Website tidak hanya digunakan untuk pemasaran, tetapi juga dapat digunakan untuk hal-hal yang bersifat pribadi, yang sering disebut sebagai web pribadi.

Pemilik web menggunakan web ini untuk berbagi informasi dan pengalaman mereka kepada pembaca.

Jenis web ini digunakan juga sebagai platform untuk melatih kemampuan penulis pemilik web. Mereka biasanya menggunakan website ini menceritakan kehidupan dan opini pribadi.

Ada bermacam – macam platform untuk membuat web pribadi seperti Blogger, WordPress, Medium, dan sebagainya.

4. Web Pendidikan

Sudah tau apa itu web pendidikan? Web pendidikan adalah website yang menyediakan materi pendidikan, sumber belajar, pelatihan, kursus, bootcamp, seperti Coursera, Skill Academy, kejarcita.id, Kelas Pintar, dan sebagainya.

Situs web ini biasanya banyak diakses oleh siswa dan mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan akademik dan keahlian yang mendukung pekerjaan.

Pengunjung web dapat melakukan pembelajaran secara online melalui web pendidikan.

Baca Juga : 9 Cara Membuat Blog Secara Sederhana, Tanpa Ribet

5. Web Forum

Kalau kamu senang berdiskusi dan ingin menambah teman baru maka, kamu bisa mencoba web forum.

Web forum adalah website yang ditujukan untuk tempat diskusi secara online dengan beberapa anggota yang bergabung pada forum tersebut.

Jika sudah masuk web forum, kamu sebagai anggotanya bebas bertanya dan menjawab pertanyaan dari setiap anggota yang bergabung di forum tersebut.

6. Web Company Profile

Kalau kamu mau melamar pekerjaan, pasti ada perusahaan yang membukan lowongan pekerjaan lewat sebuah web. Web ini disebut dengan website company profile.

Apa itu website company profle? Website company profile adalah sebuah situs web yang menampilkan profil perusahaan atau bisnis secara keseluruhan.

Situs web ini dibuat agar orang dapat dengan lebih mudah menemukan informasi tentang suatu perusahaan.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa SEO Bulanan Hemat Budget, Buruan Cek!

Fungsi Website

Setelah membahas jenis – jenis web, artikel ini akan membahas fungsi website. Yuk, disimak !

1. Sebagai Media Informasi

Fungsi pertamanya adalah sebagai media informasi. Website menyediakan informasi mengenai suatu topik, produk, atau layanan, seperti situs berita dan situs perusahaan.

2. Sebagai Media Pendidikan

Lalu, website memiliki fungsi sebagai media edukasi dan wadah untuk menyampaikan materi pendidikan, pembelajaran, pelatihan, kursus, bootcamp, dan sebagainya. Kamu dapat belajar materi baru secara online melalui web yang disediakan.

3. Sebagai Media Pemasaran

Selanjutnya, fungsi website adalah sebagai media pemasaran produk dan jasa. Di era saat ini bukan hal yang asing lagi membuat web sebagai tempat transaksi jual beli.

Pembeli tidak perlu datang ke toko offline untuk berbelanja, kamu bisa berbelanja secara praktis secara online. Salah satunya lewat web yang dikhususkan untuk pemasaran.

4. Sebagai Media Komunikasi

Website juga dapat digunakan untuk berkomunikasi, loh. Kamu bisa menggunakan web untuk keperluan komunikasi dengan audiens kamu.

Audiens kamu dapat mengetahui informasi tentang kamu dan bisnis kamu lewat web.

5. Sebagai Tempat Portofolio

Kalau kamu ingin menampilkan hasil karya atau prestasi kamu, kamu bisa menggunakan website sebagai tempat kamu untuk membuat portofolio. Karya yang kamu buat bisa kamu kumpulkan ke dalam satu tempat bernama web.

Itulah penjelasan mengenai apa itu website, jenis, dan fungsinya. Setelah membaca artikel ini, sudah kah kamu tertarik membuat web?

Sudahkah Kamu Mengerti Apa Itu Website?

Setelah mengetahui dan mendapat informasi mengenai apa itu website, kamu sudah tertarik belum membuat dan menggunakan web untuk bisnis kamu?

Artikel ini merekomendasikan salah satu agensi digital marketing di kota Medan sebagai jasa pembuatan website terbaik.

Kamu bisa berkonsultasi kepada mereka untuk membuat web yang profesional. Mereka akan membuat tampilan web kamu jadi lebih menarik dan memiliki ciri khas.

Lalu, mereka juga memiliki tim yang ahli dan profesional di bidangnya dan mereka juga mampu membuat bisnis kamu bisa menjangkau target market kamu di internet.

Temukan kiat – kiat terkini dari Aidee Lab untuk memaksimalkan kreativitas dan kesuksesan bisnis mu secara digital. Kamu dapat membaca artikel mereka di sini atau kunjungi Instagram @aideelab untuk menemukan wawasan baru untukmu!

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina