fbpx

Bagaimana AI Dapat Menguntungkan dalam Digital Marketing?

Bagaimana AI Dapat Menguntungkan dalam Digital Marketing? – Artificial Intelligence (AI) atau yang juga disebut sebagai kecerdasan buatan telah ada sejak tahun 1950-an. Tetapi, baru-baru ini AI menjadi topik pembicaraan banyak orang karena adanya kemajuan pesat di bidang teknologi.

Kemajuan dalam AI telah membuat banyak orang percaya bahwa AI dapat menggantikan pekerjaan manusia di berbagai industri, termasuk digital marketing. Meskipun masih banyak orang enggan menggunakan AI, nyatanya teknologi ini dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, mempercepat waktu pengerjaan, dan masih banyak lagi.

Jika ada lebih banyak orang yang berkomitmen untuk belajar tentang teknologi ini, kekhawatiran dan kepanikan tentang masalah seperti penggantian pekerjaan dari manusia ke AI akan berkurang. Sekitar 41,9% marketer belum menggunakan AI karena kurangnya pemahaman atau pengetahuan tentang teknologi. 

Dalam artikel ini akan mengeksplorasi bagaimana AI dapat menguntungkan bagi industri digital marketing. Tapi pertama-tama, kita akan memahami apa sih yang dimaksud dengan artificial intelligence atau kecerdasan buatan ini?

Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) adalah bidang ilmu yang berfokus pada pengembangan mesin dan sistem yang dapat meniru, memahami, dan melakukan tugas-tugas yang biasanya memerlukan kecerdasan manusia. 

Dalam kecerdasan buatan, komputer dan algoritma diprogram untuk mempelajari dan menganalisis data, mengenali pola, membuat keputusan, dan menghadapi masalah dengan cara yang mirip dengan manusia. 

Kecerdasan buatan telah diterapkan dalam berbagai bidang, khususnya dalam digital marketing seperti mengoptimalkan kampanye iklan, menganalisis perilaku konsumen, meningkatkan pengalaman pengguna, dan terus menjadi area penelitian yang berkembang pesat dengan potensi untuk membawa perubahan yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari kita.

Manfaat AI dalam Digital Marketing

1. Pembuatan Konten

Membuat konten menjadi lebih mudah dengan bantuan AI. Sekarang ada banyak pilihan software yang membuat produksi konten berjalan lancar, mulai dari alat untuk mengedit hingga platform pembuatan konten. 

Beberapa software dan website paling populer termasuk Grammarly, Hemingway Editor, dan Copy.ai. Sebanyak 44% marketer telah mengadopsi AI untuk produksi konten mereka.

2. Email Marketing Otomatis

Mengirim email marketing campaign menjadi jauh lebih nyaman dan mudah berkat berbagai platform AI yang tersedia. Beberapa opsi platform populer termasuk Campaigner, Convertkit, Omnisend, dan Mailchimp. 

Platform ini menyederhanakan proses pembuatan, pengiriman, dan pelacakan email ke daftar audiens Anda sekaligus memungkinkan Anda merancang email yang menarik secara visual. Selain itu, platform ini menyediakan metrik penting seperti click-through rates yang menunjukkan jumlah klik pada link iklan atau link halaman web Anda.

3. Chatbot

Banyak perusahaan telah menggunakan chatbot untuk melayani pertanyaan umum pelanggan mereka. Pada Oktober 2022, 57% marketer di Amerika Serikat menggunakan chatbot untuk lebih memahami audiens mereka. Teknologi yang digerakkan oleh AI ini memudahkan untuk memberi pelanggan Anda layanan pelanggan terbaik dengan tenaga yang minim. 

Alih-alih meminta seorang agen untuk menangani semua pertanyaan, chatbot bisa ditempatkan di website Anda untuk menjawab beberapa pertanyaan yang paling umum. Hanya ketika pelanggan membutuhkan bantuan lebih lanjut, mereka bisa diarahkan ke agen.

4. Optimasi SEO

Menulis bisa menjadi tugas yang melelahkan jika dilakukan sendirian. Belum lagi menambahkan Search Engine Optimization (SEO) ke dalam tulisan yang akan Anda posting! Banyak penulis hanya ingin menyelesaikan proses penulisan secepat mungkin, tetapi saat menulis untuk publikasi online penulis juga harus mempertimbangkan SEO.

Meningkatkan peringkat mesin pencari website Anda dapat membutuhkan banyak usaha. Untungnya, software yang berbasis AI sekarang menawarkan berbagai platform untuk memudahkan penulisan online, terutama dalam hal SEO. 

Software tersebut umumnya menyediakan optimasi pada halaman dan pencarian kata kunci otomatis. Beberapa dari software tersebut bahkan dapat membuat seluruh postingan blog yang dioptimalkan untuk SEO. Contohnya seperti SemRush, Surfer SEO, Frase, dan Jasper.

5. Analisis Data

Ada berbagai tools yang menggunakan AI untuk menghasilkan laporan analitik data untuk marketer, seperti Hootsuite, Buffer, dan Brandwatch. Laporan ini membantu Anda mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang audiens Anda dan memungkinkan Anda menargetkan kampanye secara lebih efektif.

Industri digital marketing dapat memperoleh keuntungan besar dari AI jika lebih banyak marketer meluangkan waktu untuk mempelajarinya daripada hanya menyalahkannya dan takut akan perubahan. Industri berkembang setiap saat dan kita tidak dapat menghindarinya. Namun, kita bisa berusaha agar kita tidak tertinggal perkembangan industri ini.

Jika Anda mencari jasa digital marketing terbaik di Medan, maka Aidee Lab adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang membutuhkan jasa digital marketing di sekitaran Medan. Aidee Lab menawarkan layanan digital marketing lengkap dan efektif di Medan, serta memiliki tim ahli yang berpengalaman dan terampil untuk membantu bisnis Anda meraih kesuksesan di era digital.

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst