fbpx

Beberapa Fitur Insight Instagram yang Perlu Kamu Ketahui!

Seperti yang kamu ketahui, kalau setiap media sosial pastinya memiliki beberapa fitur. Termasuk juga media sosial Instagram yang juga memiliki fitur insight Instagram.

Beberapa fitur yang disediakan oleh Instagram bisa mempermudah kamu untuk berbisnis juga lho!

Selain untuk akun yang berbisnis, bagi kamu yang influencer juga bisa menggunakan beberapa fitur insight Instagram.

Buat kamu yang masih belum tahu apa itu fitur insight Instagram, bisa simak pembahasan artikel Aidee Lab kali ini ya!

Selain membahas mengenai pengertian fitur Instagram, di artikel kali ini kamu juga akan diberitahu apa saja fitur yang disediakan oleh Instagram, serta cara menggunakannya.

Untuk lebih lanjutnya, Simak pembahasannya berikut ini!

Baca Juga : Jasa Kelola Instagram ini Bisa Buat Instagrammu Jadi Menarik!

Mengenal Fitur Insight Instagram yang Bisa Kamu Gunakan!

Kamu ingin memulai berbisnis dengan menggunakan media sosial Instagram? Tapi belum tahu beberapa fitur yang disediakan oleh Instagram?

Maka dari itu, kamu harus mengetahui beberapa fitur Instagram berikut ini sebelum memulai berbisnis di Instagram!

Dengan menggunakan fitur insight Instagram, kamu bisa melihat statistik serta data mengenai akun Instagrammu.

Statistik dan data yang dimaksud bisa berupa jumlah followers, engagement akun Instagram, jangkauan postingan Instagram, dan lainnya.

Fitur insight Instagram ini bisa menjadi bahan analisismu agar bisa membuat akun Instagrammu bisa dioptimasi lebih maksimal.

Bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa fitur insight Instagram serta cara menggunakannya, maka kamu bisa simak pembahasan selanjutnya di artikel ini ya!

1. Mengenal Beberapa Fitur Instagram

Di media sosial Instagram memiliki beberapa fitur yang bisa mempermudah semua pengguna Instagram.

Salah satunya para pebisnis yang ingin mencoba untuk memulai berbisnis di Instagram.

Bagi kamu yang ingin memulai berbisnis di Instagram, maka kamu harus mengetahui beberapa fitur Instagram berikut ini biar kamu engga bingung lagi nantinya saat menggunakan akun bisnis Instagram!

Berikut ini fitur – fitur yang tersedia di Instagram : 

a. Feed Post

Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa melihat insight konten Instagrammu. Tetapi kamu harus mengubahnya ke akun bisnis terlebih dahulu ya!

Biasanya data yang ditampilkan diurut dari konten yang memiliki performa terbaik sampai ke performa terburuk.

Fitur feed post ini bisa membantu kamu untuk memfilter informasi berdasarkan video dan foto.

Hal ini bisa mempermudah kamu untuk menemukan informasi yang ingin dicari atau sedang dibutuhkan.

Di feed post bisa menampilkan beberapa data yang mungkin saja kamu butuhkan, berikut ini data – data tersebut : 

  • Follow, kamu bisa melihat berapa jumlah pengikut pada akun Instagrammu
  • Like, kamu bisa mengetahui berapa jumlah like tiap konten yang telah kamu posting
  • Comments, kamu bisa tahu berapa dan siapa saja yang memberikan komentar di konten yang telah kamu posting
  • Saved, kamu juga bisa tahu berapa jumlah akun yang telah menyimpan konten postinganmu
  • Impression dan View, kamu bisa tahu berapa jumlah penayangan postingan kontenmu
  • Engagement, kamu bisa mengakumulasikan comment dan like di tiap postingan kontenmu
  • Reach, kamu bisa melihat berapa banyak pengguna Instagram yang melihat postinganmu
  • Website Clicks, dengan data ini kamu bisa mengetahui berapa banyak yang mengklik link tautan website di profil akunmu
  • Texts, data ini menunjukkan berapa jumlah pengguna Instagram yang mengirimmu SMS ketika selesai melihat postinganmu
  • Profile Visit, kamu bisa tahu berapa kali profil Instagrammu dikunjungi 
  • Get Direction, data ini menunjukkan jumlah yang menekan tombol get direction setelah melihat postinganmu
  • Calls, dengan data ini kamu jadi tahu jumlah yang mengklik tombol telepon di profil Instagrammu

Baca Juga : Materi Digital Marketing yang Bisa Kamu Pelajari Sendiri!

b. Stories

Di Instagram tidak hanya melalui feed post saja untuk memposting postingan konten, kamu juga bisa memposting postingan konten melalui Instagram Stories.

Tetapi untuk di Instagram Stories hanya bisa ditampilkan selama 24 jam saja.

Ada beberapa data yang terdapat di Instagram Stories, yaitu sebagai berikut : 

  • Replies, tidak hanya di feed saja yang bisa memberikan komentar, di Instagram Stories juga bisa membalas postingan dengan cara memberikan replies
  • Next Story, dengan data ini kamu bisa mengetahui berapa jumlah akun pengguna yang langsung pindah ke Instagram Stories akun lain
  • Forwards, kamu juga bisa mengetahui berapa jumlah akun pengguna yang melihat storiesmu selanjutnya
  • Back, dengan data ini kamu bisa mengetahui berapa jumlah akun pengguna yang melihat kembali postingan Instagram Storiesmu
  • Exited, kamu juga bisa mengetahui berapa jumlah klik sebelum pengguna Instagram meninggalkan postingan storiesmu
  • Link Opens, kamu bisa mengetahui jumlah link yang tersemat di stories

c. Content

Dengan fitur content, kamu bisa menemukan beberapa informasi mengenai konten yang sudah terposting.

Fitur yang satu ini juga bisa memuat mengenai informasi jumlah akun pengguna yang telah melihat postingan kontenmu telah terposting.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berapa jumlah akun pengguna yang telah membagikan dan menyimpan feed atau storiesmu.

Dengan fitur ini, kamu juga bisa membandingkan frekuensi jumlah postingan dengan beberapa minggu sebelumnya.

d. Interections

Fitur interactions bisa menampilkan berapa jumlah interaksi pada akun Instagrammu dalam satu minggu.

Fungsi dari fitur ini agar kamu bisa tahu grafik engagement di akun Instagrammu. Misalnya seperti, hari apa saja yang engagementnya paling tinggi.

Dengan fitur ini kamu juga bisa menemukan solusi bagaimana caranya meningkatkan konten Instagrammu, serta mengetahui waktu kapan saja yang terbaik untuk mempromosikan iklanmu.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan yang Menurun dengan Cara ini!

e. Activity

Dengan fitur ini kamu bisa melihat jumlah dari interaksi pada akun Instagrammu.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui informasi mengenai akun – akun yang telah dijangkau oleh postinganmu.

Di fitur activity ini memiliki beberapa sub bagian lagi, yaitu interactions dan discovery.

f. Audience

Dengan fitur audience ini kamu bisa menyesuaikan konten Instagrammu dengan berdasarkan followers Instagram.

Kamu juga bisa mencari topik yang sesuai dengan followersmu.

g. Discovery

Di fitur ini kamu bisa melihat performa akunmu dengan memakai matriks marketing yang berupa impression dan reach.

Fungsi dari discovery ini bisa melihat perbandingan antara jumlah impresi dan jumlah pengunjung.

h. Promotions

Fitur promotions bisa kamu gunakan untuk melihat performa dari postingan feed dan story yang kamu iklankan.

Untuk tampilan detail datanya tidaklah selengkap feed post atau Instagram Story.

Baca Juga : Jenis Digital Marketing yang Perlu Kamu Pahami!

2. Cara Menggunakan Fitur Instagram

Jika tadi kamu telah membaca beberapa fitur dari Instagram, maka selanjutnya kamu harus tahu bagaimana caranya menggunakan fitur – fitur Instagram tersebut.

Berikut ini cara menggunakannya :

a. Menggunakan Akun Bisnis

Untuk bisa menggunakan fitur di Instagram, kamu harus menggunakan akun bisnis!

Jika sudah terlanjur menggunakan akun personal, maka kamu bisa mengubahnya ke akun bisnis dengan mengklik tombol “Settings“.

Lalu pilih “Switch to Professional Account” dan klik “Done“.

b. Memilih Menu Insight

Jika tadi sudah mengubah akun Instagram ke akun bisnis, maka kamu bisa langsung memilih menu insight agar bisa mengetahui performa akun Instagram bisnismu.

c. Memilih Fitur Instagram

Jika sudah memilih menu insight, maka kamu bisa langsung pilih fitur mana saja yang ingin kamu lihat!

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Instagram Ads buat Kamu yang Ingin Beriklan!

Fitur Insight Instagram yang Bantu Akun Bisnis Instagrammu!

Itulah tadi beberapa fitur insight Instagram yang perlu kamu ketahui beserta cara menggunakannya.

Jika kamu tidak mau repot untuk beriklan di Instagram, maka kamu bisa pakai jasa iklan Instagram ads saja!

Aidee Lab menyediakan jasa meta ads yang sudah include Facebook ads juga lho!

Jadi tunggu apalagi? Hubungi sekarang juga nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.