fbpx

9 Cara Membuat Blog Secara Sederhana, Tanpa Ribet

Cara membuat blog yang baik pasti banyak yang belum mengetahui nya. Banyak juga yang mengira membuat blog itu sulit dan menghabiskan banyak waktu. Kamu yang hobi menulis dan ingin menambah penghasilan, wajib banget untuk kamu membuat blog.

Karena blog dapat kamu jadikan portofolio kamu. Kamu jadi bisa mendapatkan uang dari tulisan yang kamu buat. Selain untuk melatih kemampuan menulis, blog bisa menjadi uang loh kalau kamu sudah punya pembaca yang aktif dan banyak pengguna internet yang mengunjungi blog kamu.

Melalui blog, kamu bisa menulis apapun yang kamu suka. Cara membuat blog bisa kamu coba jika sudah membaca artikel ini. 

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai cara membuat blog sederhana untuk pemula. Kamu bisa coba cara ini dengan menyimaknya sampai akhir.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

Cara Membuat Blog

Berikut ini cara membuat blog sederhana untuk kamu yang hobi menulis. Yuk, disimak sampai akhir !

1. Tentukan Platform Blog

Cara membuat Blog yang pertama adalah dengan memilih platform yang tepat. Ada banyak platform blog yang bisa kamu coba seperti blogger, medium, dan wordpress. Untuk pemula, kamu bisa mencoba blogger terlebih dahulu untuk melatih kemampuan menulis kamu.

Jika sudah terbiasa, kamu bisa menggunakan medium maupun wordpress. Tapi, kamu perlu menyesuaikan kenyamanan kamu sebagai pengguna karena kenyamanan kamu adalah yang terpenting.

Baca Juga : Terungkap! 8 Teknik Pemasaran Online Ini Bikin Bisnis Melesat

2. Membuat Akun

Setelah menentukan platform untuk blog kamu, cara membuat blog selanjutnya kamu harus membuat akun terlebih dahulu.  Selesai membuat akun, kamu akan diminta untuk verifikasi data yang dikirim lewat email yang kamu gunakan untuk membuat akun. Setelah verifikasi, kamu akan diminta untuk mengisi data atau informasi mengenai diri kamu terlebih dahulu. Jadi, pastikan untuk berhati – hati dalam mengisi data diri kamu.

3. Memilih Nama Domain

Dalam membuat blog penting untuk memilih nama domain. Domain adalah alamat atau nama yang menjadi identitas suatu web di internet. Domain digunakan sebagai cara mudah membuat blog untuk mengakses website tanpa harus melalui alamat IP yang rumit. Jadi, blog kamu dapat diakses dengan mudah di internet. Contoh penggunaan domain “ www. Serendipity.blogspot.com”

Baca Juga : 9 Cara Menjadi Kreator TikTok, Auto Switch Career

4. Memilih Tema atau Desain

Memilih tema atau desain pada blog sangat penting untuk blog yang kamu buat. Kamu bisa memilih tema atau desain yang sesuai dengan tujuan dan style kamu.  Beberapa platform blog mempunyai template desain yang gratis dan berbayar yang bisa digunakan oleh penggunanya. Jadi, kamu bisa memilih dan menyesuaikan template tersebut sesuai keinginan kamu.

5. Mulai Menulis

Setelah memilih tema dan desain, cara membuat blog selanjutnya adalah memulai menulis pada halaman pertama blog kamu. Untuk tahap awal, kamu perlu menentukan topik atau niche yang ingin kamu tulis. Menentukan topik lebih dulu agar kamu tahu kamu harus menulis tentang apa dan mengembangkannya menjadi paragraf yang utuh.

Kamu bisa menulis topik yang sedang ramai menjadi perbincangan khalayak internet. Penentuan topik tulisan adalah langkah awal memberikan first impression yang baik kepada pembaca baru mu. 

Kamu bisa mencari referensi lewat penulis blog lain dan kamu bisa modifikasi ide tersebut. Ingat! dimodifikasi bukan ditiru tulisannya. Meniru dan menjiplak karya seseorang adalah sesuatu yang melanggar hukum.

Baca Juga : 10 Manfaat Desain Grafis untuk Website dan Blog Perusahan Anda

6. Mengatur Navigasi

Kamu perlu mengatur navigasi pada blog yang kamu punya. Mengatur navigasi dengan baik dan benar dapat membantu pengunjung blog kamu untuk menjelajahi dan melihat blog kamu dengan mudah. Pembaca dapat melihat tulisan – tulisan kamu dengan mudah.

Kamu bisa menyusun konten kamu berdasarkan kategori agar lebih mudah dilihat. Navigasi dan desain harus disesuaikan karena ini dapat memudahkan pembaca blog kamu menemukan informasi yang mereka cari lewat tulisan yang ada di blog kamu.

7. Tambahkan Widget dan Fitur

Biasanya platform blog menyediakan widget dan fitur tambahan. Widget yang ada pada blog adalah elemen – elemen kecil yang dapat kamu tambahkan ke tata letak atau sisi blog untuk mempercantik tampilan blog kamu.

Widget yang sering dijumpai biasanya ada arsip, kategori atau tag, tautan, komentar, artikel terkait, pencarian, profil penulis, popular post,statistik blog, breadcrumbs, dan sebagainya.

Penggunaan widget tergantung pada platform blog yang kamu gunakan. Kamu mungkin bisa menambahkan widget kustom atau menggunakan widget yang disediakan pihak ketiga untuk keperluan khusus.

8. Mengoptimalkan SEO

Cara membuat blog untuk meningkatkan intensitas jumlah pembaca adalah dengan mempelajari dan mengoptimalkan SEO. SEO atau yang dikenal dengan Search Engine Optimization adalah strategi yang dibuat untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat pada suatu website.

Tujuan utama SEO adalah membuat situs web jadi lebih terlihat, dijangkau, dan mudah ditemukan oleh pengguna internet yang mencari informasi atau produk tertentu. Ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mempelajari SEO seperti Kata kunci, optimasi on – page, optimasi off-page, user experience, konten, struktur url yang mudah dimengerti, optimasi gambar, dan sebagainya.

Penting bagi kamu untuk mempelajari dasar – dasar optimasi SEO dan kamu terapkan pada setiap postingan untuk meningkatkan pengunjung blog kamu pada laman pencarian.

Baca Juga : Explore Dunia Dengan Belajar Internet Marketing Dengan Santai

9. Konsisten

Cara yang terakhir adalah dengan terus konsisten untuk menulis konten di blog kamu. Secara bertahap, kamu perlu memperbarui blog kamu. Tulisan yang enak dibaca dan menarik dapat menggaet pembaca baru dan mempertahankan pembaca setia.

Kamu juga perlu mempromosikan blog kamu di media sosial kamu baik itu dari facebook, instagram, TikTok, Twitter, Threads, discord, Whatsapp, telegram, linkedin, quora, dan media sosial lainnya yang kamu punya.

Untuk mengetahui perkembangan pembaca kamu, kamu bisa menggunakan alat analisis yang disediakan oleh platform blog yang kamu pilih.

Nah, itu dia beberapa cara membuat blog yang mudah dan sederhana untuk pemula. Cara membuat blog  ini bisa kamu coba di platform blog manapun yang kamu pilih. Bagaimana dengan kamu? Sudah tertarik membuat blog?

Cara Membuat Blog Bersama Aidee Lab

Kalau masih bingung  cara membuat blog, artikel ini punya rekomendasi pembuatan blog yang jago banget namanya Aidee Lab. Emang apa sih Aidee Lab itu? Aidee Lab adalah perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing yang berada di Kota Medan.

Jadi, sudah pasti semua hal yang berhubungan dengan digital bisa dilakukan oleh mereka adalah membuat desain yang menarik, website, brosur, produk packaging, media sosial, dan sebagainya. Untuk hal ini, mereka memiliki tim yang ahli untuk mengerjakan promosi digital yang dapat menjangkau target market kamu.

Mereka juga bisa menyesuaikan keinginan kamu dalam proses promosi produk dan jasa kamu. Jadi, kamu gak perlu takut dan bimbang, ya!. Karena Aidee Lab sangat terpercaya dan teruji kemampuannya.

5/5 - (1 vote)
Nada Safrina
Nada Safrina