fbpx

Ketahui 7 Cara Membuat Website Gratis, Harus Konsisten

Cara membuat website gratis itu mudah dan tidak ribet. Tapi, diperlukan sikap konsisten dan sabar agar website kamu siap digunakan. Mungkin banyak yang merasa membuat website harus mengeluarkan biaya yang mahal padahal sebenarnya tidak begitu.

Kamu bisa membuat website secara gratis yang bisa kamu gunakan dalam berbagai hal. Walaupun pergerakannya tidak semasif yang berbayar, tapi kamu bisa promosi di media sosial milikmu. 

Website gratis adalah situs web yang dapat kamu buat tanpa harus membayar biaya langganan bulanan atau tahunan. Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan platform pembuat website yang menyediakan layanan dasar tanpa biaya.

Namun, biasanya website gratis memiliki beberapa batasan, seperti hanya bisa menggunakan domain subdomain  dari penyedia layanan ( contohnya namawebsite.wordpress.com), fitur yang bisa digunakan terbatas, dan banyak iklan dari platform website itu sendiri.

Menggunakan website gratis adalah pilihan terbaik untuk pengguna yang sekedar mencoba, anggaran terbatas, dan  sebagainya.

Namun,  kalau kamu punya kebutuhan yang lebih besar dan untuk urusan profesional lebih baik kamu mempertimbangkan menggunakan website yang berbayar karena fitur yang disediakan lebih banyak dan dapat disesuaikan. Tapi, balik lagi sesuaikan dengan kebutuhan, ya !

Cara Membuat Website Gratis

Berikut ini beberapa cara membuat website gratis yang bisa kamu coba untuk kebutuhan pribadi kamu.

1. Memilih Platform Website Gratis

Langkah pertama dalam membuat website gratis adalah memilih platform website gratis seperti wordpress.com yang fleksibel, Wix, Weebly, Mozello, Sirclo untuk bisnis, Blogger, Webnode dengan berbagai bahasa yang disediakan, Jimdo, squarespace, GoDaddy untuk pemilik usaha kecil dan pemula, Medium, Strikingly, Google Sites, Zoho Sites, dan sebagainya. Perlu diingat kembali bahwa meskipun website gratis menyediakan cara yang mudah untuk memulai membuat website, pasti memiliki keterbatasan dalam berbagai hal.

2. Daftar dan Membuat Akun

Cara membuat website gratis selanjutnya adalah membuat akun. Setelah memilih platform, kamu bisa memulai dengan mendaftar dan membuat akun untuk website gratis kamu. Kamu bisa pelajari cara daftar dan membuat akun pada platform yang kamu pilih,

Lalu, setelah itu kamu bisa mengisi data diri yang disediakan agar pengunjung website kamu memahami dan mengenal kamu dan bisnis kamu lewat website

3. Memilih Template atau Tema

Dalam membuat website gratis, kamu  bisa memilih dari berbagai template atau tema yang disediakan oleh platform website untuk mendesain dan menata tata letak website. Template website gratis ibarat kayak kerangka gambar untuk membuat website kamu terlihat cantik tanpa harus membuat semuanya dari awal.

Ibarat nya itu seperti cetakan yang sudah ada, dan kamu hanya perlu menambahkan foto, teks, dan elemen lainnya agar website kamu terlihat menarik. Template ini bisa membuat situs web dengan cepat dan mudah tanpa harus bisa desain.

Kamu bisa memilih template yang sesuai dengan gaya atau tujuan website kamu. Kemudian, bisa disesuaikan dengan keinginan kamu. Langkah ini adalah langkah yang tepat agar tampilan website kamu terlihat menarik tanpa harus mengeluarkan biaya.

4. Menyesuaikan Konten

Ada banyak jenis konten untuk website gratis kamu. Kamu bisa sesuaikan jenis konten dengan platform dan tujuan website kamu dibuat.

Jenis konten yang bisa digunakan untuk website gratis adalah artikel, gambar, video, laman produk atau layanan, kontak yang bisa dihubungi, tentang kami yang berisi informasi dan latar belakang website, widget media sosial, peta ( jika berlaku), dan sebagainya.

Pastikan konten yang kamu tambahkan sesuai dengan tujuan situs web kamu dan menarik bagi pengunjung. Meskipun membuat website gratis, kualitas konten tetap menjadi hal yang penting untuk menarik perhatian pengunjung website kamu.

5.Mengatur Struktur Halaman

Meskipun website gratis, struktur halaman website itu sangat penting. Struktur halaman website mengarah pada cara halaman – halaman situs web yang diorganisir atau dihubungkan satu sama lain.

Mengenai struktur, tidak ada bedanya struktur halaman website gratis dengan website berbayar. Kamu bisa mengatur konten dengan cara yang terorganisir dan mudah dipahami oleh pengunjung website.

Pastikan setiap halaman saling berkaitan satu sama lain. Struktur yang baik memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan dapat mendukung tujuan website kamu, seperti meningkatkan penjualan, menyampaikan informasi atau membangun brand awareness.

6. Tambahkan Fungsi dan  Widget

Langkah selanjutnya adalah dengan menambahkan fungsi dan widget. Sekedar informasi saja, fungsi itu ibarat pekerjaan khusus yang bisa dilakukan dengan sesuatu. Misalnya, tombol “ beli sekarang “ di situs belanja online.

Jadi fungsinya adalah membuat kita bisa langsung beli barang yang kita mau. Fungsi ini bentuknya persuasif yang bertujuan untuk membujuk, mengajak, menyarankan orang lain untuk melakukan perintah atau saran.

Sedangkan widget adalah semacam alat kecil di website atau aplikasi yang punya tugas tertentu. Misalnya, kamu lihat ada kotak pencarian di sudut salah satu website, itu widget. Jadi, widget ini bisa buat kita bisa mencari sesuatu dengan cepat tanpa harus susah – susah cari.

Gambarannya kayak fungsi itu seperti tugas pekerjaan,. Sementara widget itu seperti alat kecil  yang bantu kita melakukan tugas atau melihat informasi dengan mudah.

7. Pratinjau dan Publikasi

Untuk membuat website penting melakukan pratinjau dan publikasi. Pratinjau adalah cara untuk melihat bagaimana situs web kamu akan terlihat sebelum kamu benar – benar mempublikasikannya.

Hal ini memberi kamu kesempatan untuk mengecek desain, tata letak, dan konten sebelum disajikan kepada pengunjung. Sedangkan publikasi pada web adalah langkah ketika kamu secara resmi membuat situs web kamu dapat diakses secara publik.

Setelah kamu puas dengan pratinjau dan yakin bahwa website kamu sudah siap dan kamu bisa mempublikasikannya agar orang lain dapat mengunjungi website kamu dan melihat kontennya secara online. Jadi, pengunjung website kamu bisa melihat dan menjelajahi website kamu. 

Itulah beberapa cara membuat website gratis. Kamu bisa mencoba cara ini di berbagai platform pembuatan website yang tersedia. Selamat mencoba !

Sekilas Tentang Aidee Lab

Buat kamu yang ingin membuat website berbayar untuk keperluan bisnis dan profesional, kamu bisa mencoba jasa Aidee Lab. Aidee Lab adalah agensi periklanan yang ada di kota Medan yang berfokus membantu para pelaku bisnis bisa mempromosikan bisnisnya lewat online.

Selain website, mereka juga memiliki tim yang ahli desain grafis. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang tampilan website kamu. Jika tertarik bisa kunjungi website nya, ya !

Cara Membuat Website Gratis

Baca Juga:

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina