fbpx

7 Cara Membuat Website Dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula

Cara membuat website banyak dicari di laman pencarian google. Membuat website adalah proses menciptakan halaman web atau sekumpulan halaman yang diakses melalui internet. Hal ini melibatkan langkah – langkah seperti pemilihan platform, pendaftaran domain, desain, penambahan konten, dan pengoptimalan pada website agar dapat diakses oleh user secara online.

Tujuan pembuatan website bisa bervariasi mulai dari menyampaikan informasi, memasarkan produk dan jasa, dan memberikan platform untuk interaksi secara online. Website menjadi media yang cukup penting untuk berbagi informasi dan berkomunikasi secara digital.

Artikel ini akan memaparkan penjelasan cara membuat website yang mudah dan cocok dengan pemula serta sangat cocok untuk mencerminkan isi dan tujuan website kamu.

Baca Juga : 10 Manfaat Desain Grafis untuk Website dan Blog Perusahan Anda

Langkah Membuat Website

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara membuat website yang pemula friendly, mudah dan tidak ribet.

1. Pilih Platform

Sebelum membuat website, kamu perlu memilih platform yang tepat untuk membuat website. Platform yang cocok untuk membuat website bagi pemula yang dapat kamu gunakan seperti Wix, wordpress.com, Squarespace, Weebly, Strikingly, dan Jimdo.

Platform tersebut sangat cocok untuk pemula karena fitur – fitur nya mudah, ada template yang sesuai, desainnya elegan dan ramah pengguna. Tapi, perlu diingat untuk memilih platform yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kamu. Kamu juga perlu mempelajari lebih lanjut dan mengembangkan keterampilan dalam menggunakan platform tersebut.

Baca Juga : 7 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Jasa Kelola Website untuk Bisnismu!

2. Mendaftarkan Domain

Cara membuat website selanjutnya adalah mendaftarkan domain. Kamu harus memilih dan mendaftarkan nama domain yang menggambarkan isi website tersebut.  Untuk pemula, sebaiknya pilih domain yang sederhana, singkat, jelas dan mudah diingat.

Kamu hanya perlu menggunakan tanda hubung seperlunya agar kamu dan pengunjung website tidak kebingungan dan kesulitan dalam mengakses website kamu. Lalu, kamu juga perlu menggunakan ekstensi website yang familiar seperti .com namun, jika tidak tersedia kamu perlu mempertimbangkan dengan menggunakan .net atau .org.

3. Memilih Hosting

Langkah selanjutnya adalah memilih penyedia hosting untuk menyimpan data website kamu. Sebaiknya kamu memilih penyedia hosting dengan interface yang user friendly dan mudah dipahami terutama bagi kamu yang baru memulai membuat website.

Kamu juga harus memastikan penyedia hosting itu memiliki dukungan pelanggan yang responsif dan membantu kamu dengan pertanyaan atau masalah. Sesuaikan paket hosting dengan kebutuhan kamu kalau untuk pemula, paket berukuran kecil itu sudah cukup.

Selain itu, kamu perlu memilih hosting yang menyediakan fitur keamanan seperti SSL, pembaruan keamanan, dan backup secara berkala. Penyedia hosting yang kamu pilih mempunyai catatan uptime untuk memastikan situs kamu tetap online.Beberapa penyedia hosting yang umumnya cocok untuk pemula termasuk Bluehost, SiteGround, dan HostGator. Lakukan riset secara mendalam untuk penyesuaian dengan kebutuhan dan anggaran kamu.

Baca Juga : Tips Agar Website Tampil di Halaman Utama Google

4. Desain Website

Desain pada website adalah  salah satu cara membuat website agar terlihat menarik. Ada beberapa kegunaan desain website yaitu dapat menyampaikan informasi, meningkatkan image brand, meningkatkan interaksi pengunjung, membantu optimasi SEO, meningkatkan kepercayaan pengunjung dan dapat memfokuskan pada tujuan website.

Untuk membuat desain website bagi pemula , maka bisa menggunakan template yang disediakan platform, menyesuaikan tata letak, Menggunakan warna dan gambar yang memiliki resolusi tinggi/ HD, Menggunakan font yang enak dibaca, dan tampilan website dapat disesuaikan dengan berbagai ukuran layar. Sebagai pemula, kamu harus memperbaiki desain website kamu secara bertahap.

5. Menambahkan dan Membuat Konten

Cara membuat website yang harus dilakukan pemula adalah membuat dan menambahkan konten. Menambahkan konten cukup mudah dilakukan terutama bagi pemula. Konten website mencakup berbagai jenis informasi yang ingin kamu sampaikan kepada pengunjung.

Pastikan konten website kamu relevan, jelas, dan mudah dipahami oleh pengunjung. Tambahkan call to action untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu seperti menghubungi kamu berlangganan dan membeli produk dan jasa. Dalam menambahkan konten, kamu juga harus membuat about us ( tentang kami ) yang berisi informasi mengenai sejarah, misi dan nilai – nilai perusahaan atau individu. Kamu juga perlu menambahkan foto atau gambar yang sesuai.

Baca Juga : Jasa Pembuatan Website Profesional

6. Optimalkan SEO

Kamu juga perlu mengoptimalkan SEO  pada website kamu. SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian tahapan yang digunakan untuk meningkatkan kunjungan dan peringkat di suatu website pada hasil mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Tujuannya adalah agar website itu muncul lebih tinggi dan lebih sering dalam hasil pencarian google. Kamu harus memahami elemen SEO yaitu kata kunci, optimasi konten, tautan link, struktur url, optimasi gambar, dan analisis pemantauan. Kamu perlu menggunakan SEO dasar untuk meningkatkan kunjungan website di mesin pencari.

7. Uji dan Perbarui

Sebelum meluncurkan situs, pastikan untuk menguji fungsi di berbagai perangkat dan browser. Selalu perbaharui konten kamu secara berkala. Uji tersebut dapat dilakukan agar diketahui situs tersebut dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat seperti komputer, tablet dan ponsel

Kamu juga harus memperbaharui konten secara berkala. Kamu juga harus terus belajar dan eksplorasi situs dan fitur yang ada di website. Jika kamu menggunakan wordpress, maka kamu akan menemukan tutorial online dan komunitas. Sehingga kamu dapat dengan mudah menemukan bantuan jika mengalami kesulitan. Selamat Mencoba !

Itulah beberapa cara membuat website yang sekiranya cocok untuk pemula. Cara ini bisa kamu coba untuk membuat website bisnis online kamu. Bagi yang suka dunia kepenulisan, cara ini bisa dicoba untuk menulis tulisan kamu.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Profesional

Membuat Website Bersama AideeLab

Kalau kamu masih bingung cara membuat website, kami merekomendasikan AideeLab sebagai wadah untuk  membuat website dengan mudah dan aman. AideeLab adalah perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran digital di kota Medan. Mereka banyak membantu UMKM dalam mempromosikan bisnisnya. Dalam membuat website, AideeLab memiliki tim yang ahli dan profesional di bidangnya.

Selain itu, mereka juga memiliki keahlian dalam tampilan visual bagi bisnis kamu. Tampilan visual memberikan kesan yang baik pada target audiens kamu untuk pertama kali. Kehadiran AideeLab juga membantu bisnis kamu terlihat unik dan berbeda dibandingkan yang lain.

Jadi, desain website kamu menjadi unik dan memiliki ciri khas. Kalau kamu tidak mau ribet dalam memikirkan cara membuat website, kamu bisa mempercayakan AideeLab sebagai pengelolanya. Dari ulasan itu, sudah tertarik menggunakan AideeLab

4/5 - (1 vote)
Nada Safrina
Nada Safrina