fbpx

Cara Mendesain Brand Identity yang Kuat di Tahun 2023

Desain Brand Identity Medan: Cara Mendesain Brand Identity yang Kuat di Tahun 2023 – Saat ini persaingan semakin meroket dan kita terus-menerus dibombardir dengan iklan pemasaran dari segala penjuru yang tak ada habisnya. Brand yang gagal menonjol dan gagal menarik perhatian terjadi karena mereka kesulitan untuk membangun identitas yang jelas, kuat, dan autentik.

Menciptakan strategi brand identity yang kuat dan efektif bukan hanya langkah bisnis yang cerdas, tetapi juga merupakan kebutuhan mutlak untuk sukses di era pemasaran dan periklanan modern saat ini.

Jadi bagaimana agar brand Anda bisa menonjol? Mari kita bahas di dalam artikel ini!

Menciptakan Brand Identity

Dalam dunia yang semakin kompetitif, memiliki identitas merek yang kuat sangatlah penting. Brand identity mencerminkan nilai-nilai inti bisnis Anda, menarik perhatian audiens, dan membedakan Anda dari pesaing. 

Brand identity adalah keseluruhan citra dan persepsi yang dihadirkan oleh sebuah merek. Ini mencakup elemen visual seperti logo, warna, tipografi, dan desain grafis. Selain itu, brand identity juga mencakup elemen non-visual seperti suara dari brand, nilai-nilai inti, dan pengalaman pelanggan.

Sebuah brand identity yang kuat akan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Ketika pelanggan merasa terhubung dengan merek Anda, mereka cenderung memilih produk atau layanan Anda dibandingkan dengan pesaing. Mereka percaya pada kualitas, integritas, dan nilai yang diwakili oleh merek Anda.

Banyak perusahaan yang telah menciptakan brand identity sering menghadapi masalah yang selalu muncul, seperti sulit menonjol dari persaingan yang gila-gilaan, tetap konsisten dengan identitas merek dan tetap mengikuti tren, dan memastikan merek tetap unik dan sesuai dengan nilai-nilai aslinya.

Bagaimana Membangun Brand Identity yang Kuat?

Membangun identitas merek yang kuat berawal dari inti perusahaan hingga ke semua aspek operasional. Hal ini membutuhkan dedikasi terhadap upaya yang diperlukan untuk mengetahui esensi brand Anda dan menjamin bahwa pesan dari brand Anda sesuai dengan keyakinan dan perilaku Anda.

1. Tentukan Core Value Brand Anda

Anda perlu mengidentifikasi apa nilai inti atau core value yang menonjol dari brand Anda. Nilai-nilai ini harus benar-benar tercermin dalam segala hal yang berkaitan dengan brand Anda. Beberapa contoh core value menarik yang banyak digunakan di tahun 2023:

  • Integritas — Selalu melakukan hal yang benar apa pun yang terjadi.
  • Kejujuran — Transparansi dan keadaan sebenarnya.
  • Inovasi — Kreativitas dan selalu berusaha melakukan sesuatu dengan cara baru.
  • Keberlanjutan — Menjadi sadar lingkungan dan beroperasi dengan cara yang berkelanjutan.
  • Bermutu — Berjuang untuk menjadi yang terbaik dalam apa yang Anda lakukan.
  • Keberagaman — Menciptakan lingkungan ramah yang merayakan dan merangkul perbedaan.

2. Ciptakan Brand Identity Unik yang Membuat Anda Menonjol

Menciptakan brand identity yang unik adalah hal yang membedakan Anda dari pesaing dan memposisikan keberadaan Anda di pasar. Merek Anda harus mudah diingat dan langsung dikenali oleh pelanggan. Brand identity perlu mencerminkan nilai yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda, yaitu nilai-nilai brand Anda.

  • Mulailah dengan visi dan misi Anda — Tentukan tujuan perusahaan, tujuan jangka panjang, apa yang akan dilakukan, dan siapa yang akan dilayani.
  • Buat logo yang khas — Logo Anda pada dasarnya adalah representasi visual dari bisnis Anda. Jadikan logo Anda unik dan mudah diingat. Jika Anda ingin mengikuti tren 2023, maka buatlah logo minimalis.
  • Visual yang konsisten — Visual adalah kunci untuk menciptakan brand yang sejalan dengan target audiens Anda. Termasuk didalamnya logo, tipografi, pemilihan warna, gaya desain, dan bahkan desain iklan.
  • Font adalah hal penting— Font suatu brand menyampaikan emosi dan karakteristik kepribadian. Pilih font Anda dengan bijak dan pastikan font tersebut cocok dengan visual dan logo merek Anda.
  • Buat tagline yang menarik — Saat kita memikirkan suatu brand, biasanya kita memikirkan slogan mereka. Jika diminta untuk menyebutkan 3 tagline dari suatu brand mungkin Anda akan menjawab: Nike – Just do it, McDonald’s – I’m Lovin It, dan KFC – finger-lickin’ Good

Slogan-slogan ini menarik, singkat, mudah diingat, dan belum lagi slogan-slogan ini benar-benar ada di mana-mana dan sudah ada sejak dulu. Slogan Anda adalah tempat Anda menyampaikan kepribadian dan janji brand Anda. Buatlah slogan Anda berbeda dan konsisten.

3. Jadilah Autentik

Untuk menjadi autentik, nilai dan brand identity Anda harus didefinisikan terlebih dahulu. Hal itulah yang mencerminkan bagaimana brand Anda dipandang dan diunggulkan sehingga Anda perlu mengomunikasikannya secara transparan dan jujur. 

Jujurlah dengan kekuatan dan kelemahan merek Anda. Hal itu akan mendatangkan kepercayaan dari target audiens Anda. Selanjutnya, kunci brand identity yang autentik adalah konsisten dengan nilai, pesan, tindakan, dan segala sesuatu di antaranya.

Selalu pastikan bahwa Anda mendengarkan feedback pelanggan karena itulah yang membuat brand Anda autentik dan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan cara melakukan perbaikan berdasarkan masukan mereka.

Terakhir, rangkul kekurangan Anda dan tetap setia pada tujuan Anda. Pelanggan menghargai jika suatu brand mengakui kekurangannya dan bersedia memperbaikinya berdasarkan feedback mereka. Mereka menganggapnya menawan dan unik.

Fokus pada apa yang bisa dilakukan secara maksimal dari brand Anda dan hindari godaan untuk mengikuti setiap tren yang datang. Ada terlalu banyak brand yang sudah melakukan hal itu, jangan menjadi salah satu dari mereka.

Aidee Lab sebagai penyedia layanan jasa desain brand identity Medan yang profesional berkomitmen mendesain cerita, image, dan pengalaman anda menjadi sebuah brand yang terpercaya dan menginspirasi. Karena memiliki brand identity yang kuat menjadi sebuah keharusan!

Yuk warga Medan yang butuh jasa desain brand identity, tunggu apa lagi?

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst