fbpx

Jasa Desain Grafis: Berikut 5 Elemen Dalam Pembuatan Logo

Jasa Desain Grafis: Berikut 5 elemen dalam pembuatan logo yang wajib diketahui – Dalam pembentukan logo terdapat beberapa elemen visual seperti warna, ilustrasi, dan typhoraphy yang digabungkan membentuk suatu sistem untuk menguatkan sebuah logo. 

Penggabungan elemen visual akan dapat menciptkan sebuah sistem yang fleksibel dan secara garis besar akan saling berhubungan antara satu sama lain.

Apa desain grafis

Desain grafis adalah proses menciptakan dan menggabungkan elemen visual, seperti gambar, ilustrasi, teks, dan warna, untuk mengkomunikasikan pesan atau konsep tertentu.

Hal melibatkan penggunaan software desain khusus, seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau CorelDRAW, untuk menciptakan karya seni digital yang dapat digunakan dalam berbagai media, seperti cetakan, web, atau media sosial.

Desain grafis dapat diterapkan dalam berbagai konteks, termasuk desain logo, brosur, kemasan produk, poster, situs web, iklan, dan banyak lagi. Tujuan utama desain grafis adalah untuk menciptakan komunikasi yang efektif dan menarik melalui visual yang menarik perhatian dan mempengaruhi audiens.

Proses desain grafis, desainer menggabungkan elemen-elemen seperti komposisi, tipografi, ilustrasi, warna, dan pengaturan ruang untuk menciptakan desain yang memenuhi kebutuhan dan tujuan yang ditetapkan. Desainer juga  mempertimbangkan prinsip desain seperti keseimbangan, proporsi, kesatuan, kontras, dan ritme untuk menciptakan karya yang seimbang dan harmonis.

Desain grafis memainkan peran penting dalam menciptakan identitas merek yang kuat, mempromosikan produk dan layanan, serta menyampaikan pesan yang jelas dan efektif.

Teknologi dan kreativitas yang digunakan, akan memadukan desain grafis dari aspek visual dan komunikasi untuk menciptakan karya seni digital yang mempengaruhi pengalaman visual dan emosional pengguna.

Apa itu elemen / tools jenis dan fungsinya

1. Garis

Garis adalah elemen dasar yang digunakan untuk menghubungkan, memisahkan, atau mengarahkan mata dalam sebuah desain. Garis dapat digunakan untuk menciptakan bentuk, membagi ruang, atau memberikan penekanan pada elemen tertentu.

2. Bentuk

Bentuk adalah objek yang didefinisikan oleh batas-batas yang jelas, seperti persegi, lingkaran, segitiga, atau bentuk organik lainnya. Bentuk digunakan untuk menyusun komposisi desain dan memberikan struktur visual.

Bentuk harus memiliki ciri khas yang dapat menarik perhatian serta mudah diingat dan perlu diketahui harus bersifat modular tanpa menghilangkan jati diri dari brand tersebut.

3. Warna

Warna adalah elemen penting dalam desain grafis yang dapat memberikan efek emosional, memisahkan elemen, atau menciptakan kesatuan. Warna dapat digunakan untuk menarik perhatian, membedakan hierarki informasi, atau menciptakan mood tertentu.

Warna juga memiliki peranan besar terhadap logo, alasannya warna dapat meningkatkan brand recognition/brand awareness dari para pengguna dan dapat menjadikan warna corporate dari brand.

4. Tekstur

Tekstur adalah penampilan atau rasa taktis suatu permukaan. Dalam desain grafis, tekstur dapat memberikan dimensi visual dan taktis pada elemen-elemen desain. Tekstur dapat terlihat atau hanya disimulasikan secara visual.

5. Tipografi

Tipografi mencakup pemilihan, pengaturan, dan tata letak huruf dalam desain. Pemilihan jenis huruf, ukuran, perbagian, dan ruang antar huruf dapat mempengaruhi cara pesan disampaikan dan bagaimana pengguna membaca dan memahami teks.

Typhography merupakan identitas yang dikaitkan dengan merek, jenis huruf yang digunakan akan membawa kepribadian dan emosi dari suatu brand tertentu. Desainer biasanya akan melakukan riset agar logo dengan elemen visual typhograhy memiliki kesan dalam menggambarkan merek/branf.

6. Ruang

Ruang adalah area kosong antara, di sekitar, atau di dalam elemen-elemen desain. Penggunaan ruang yang tepat dapat membantu mengatur elemen-elemen desain, memungkinkan keseimbangan visual, dan memberikan ketenangan atau kejelasan pada desain.

Nah itu tadi elemen-elemen dalam desain grafis dalam pembentukan logo yang ternyata banyak sekali, oleh karena itu jika Anda ingin membuat logo yang menarik serta memiliki filosifi, yuk konsultasikan di Jasa Desain Grafis Medan

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.