Jasa Iklan di Instagram Buat Promosi Lebih Efektif!

Jasa Iklan di Instagram – Di era digital seperti saat ini, sosmed merupakan salah satu media yang cukup efektif dan efisien untuk mempromosikan brand dibandingkan menggunakan media konvensional.

Terlebih lagi di sosmed tidak butuh banyak biaya untuk melakukan promosi. Tentunya media tersebut sangat cocok digunakan bagi bisnis yang baru merintis atau UMKM.

Brand – brand besar juga bisa menggunakan sosmed sebagai media promosi agar jangkauannya makin luas.

Namun sebagian pebisnis masih jarang ada yang tahu kalau promosi di sosmed, khususnya di Instagram, bisa dilakukan dengan dua strategi.

Adapun dua cara tersebut yaitu promosi secara organik dan berbayar.

Tentunya kedua strategi tersebut memiliki perbedaan, mulai dari proses promosinya sampai hasilnya.

Dari segi efektivitas dan efisiensi tentunya jelas berbeda!

Tidak jarang sebagian pebisnis lebih memilih menggunakan jasa iklan di Instagram karena tidak ada waktu untuk mengurus promosi bisnisnya.

Memang dengan menggunakan jasa iklan di Instagram lebih efektif bagi pebisnis yang ingin fokus melayani pelanggan mereka.

Hanya saja tidak selamanya pebisnis bergantung pada penyedia jasa iklan tersebut, kan?

Jadi, buat kamu yang ingin mempromosikan brandmu melalui Instagram, bisa simak pembahasan berikut untuk cari tahu perbandingan antara promosi organik dan berbayar.

Baca Juga: Rekomendasi Jasa Iklan Instagram yang Gacor, Mana Saja?

Promosi Organik Vs Berbayar: Mana yang Lebih Efektif & Efisien?

jasa iklan di instagram
Jasa Iklan di Instagram Buat Promosi Lebih Efektif! 4

Promosi organik dan berbayar memiliki keunggulan masing – masing, namun kamu perlu tahu perbandingan kedua strategi tersebut untuk cari tahu mana yang lebih efektif dan efisien untuk bisnis.

Kamu bisa simak pembahasan berikut untuk cari tahu perbandingan kedua strategi tersebut!

Promosi Organik di Instagram

Sudah jelas dari namanya, promosi organik, yang mana strategi ini dilakukan tanpa menggunakan iklan berbayar.

Konten promosi yang telah dibuat akan diposting melalui stories, feed, atau reels.

Algoritma Instagram yang akan bekerja untuk menjangkau audiens, atau juga bisa melalui interaksi followers.

Adapun contoh dari promosi organik ini yaitu:

  • Memposting foto produk dengan caption yang menarik
  • Membuat reels sesuai tren yang kreatif dan relevan
  • Menggunakan hashtag yang relevan dengan brand
  • Mendapatkan engagement melalui DM atau komentar

Sebenarnya promosi organik sangat cocok bagi pebisnis yang ingin membangun atau menjalin hubungan jangka panjang dengan audiens mereka.

Semakin sering berinteraksi, maka semakin besar peluang brand muncul di halaman beranda followers.

Untuk jangkauannya sangat terbatas, bergantung pada followers dan user Instagram yang menemukan kontennya melalui hashtag atau di halaman explore.

Strategi promosi ini cocok sekali bagi bisnis yang baru merintis karena tidak perlu mengeluarkan biaya. Cukup investasi waktu dan kreativitas untuk membuat konten!

Hanya saja hasil dari promosi organik membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun kepercayaan dan interaksi audiens.

Walaupun hasilnya lama, namun hubungan yang terjalin dengan audiens sangat dekat!

Sedangkan dari hasil engagement biasanya lebih tinggi karena audiens yang berinteraksi dengan konten promosi tersebut benar – benar tertarik dan relevan dengan brandmu.

Pada intinya, promosi organik ini sangat cocok bagi kamu yang ingin meningkat brand awareness untuk jangka panjang, membangun komunitas, dan menjaga loyalitas pelanggan.

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu pertimbangkan menggunakan promosi organik ini, di antaranya:

  • Dapat membangun identitas brand dengan konsisten
  • Memberikan edukasi ke audiens melalui konten yang bermanfaat
  • Mebangun hubungan yang lebih personal dengan followers
  • Lebih hemat biaya iklan, cocok untuk bisnis yang masih merintis

Jika kamu memilih strategi promosi ini harus sabar dan konsisten, ya! Buatlah konten yang kreatif, relevan, dan mengikuti tren.

Baca Juga: Mengapa Kamu Perlu Jasa Iklan Instagram? Ini Alasannya

Promosi Berbayar di Instagram

Sebenarnya promosi berbayar merupakan strategi yang menggunakan fitur iklan dari Instagram Ads untuk jangkau audiens lebih luas dan spesifik.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan minat, lokasi, usia, hingga perilakunya.

Adapun contoh dari promosi berbayar ini yaitu:

  • Iklan dalam bentuk feed biasanya ada CTA seperti “Belanja Sekarang” atau “Konsultasi Gratis Sekarang”
  • Iklan dalam bentuk stories biasanya menggunakan visual full screen
  • Iklan dalam bentuk reels biasanya menggunakan video pendek dengan isi konten sesuai tren

Promosi berbayar dapat membantu brandmu untuk memperluas jangkauan audiens dalam waktu singkat, bahkan ke audiens yang belum mengikuti akun bisnismu.

Selain bisa menjangkau audiens lebih luas, strategi promosi ini bisa kamu atur dengan menyesuaikan target pasar.

Contohnya, kamu ingin menargetkan iklan hanya untuk audiens dengan usia 20 – 25 tahun yang berlokasi di Medan dan tertarik di bidang fashion.

Hanya saja promosi ini memerlukan budget iklan dengan menyesuaikan anggaran harian atau total campaignnya.

Untuk hasilnya lebih cepat dibandingkan dengan promosi organik, hanya butuh beberapa jam atau hari saja sejak iklan berjalan.

Promosi berbayar ini cocok sekali untuk campaign jangka pendek, contohnya promo diskon atau ingin launching produk terbaru.

Sama halnya dengan promosi organik, yang mana dengan strategi promosi ini kamu bisa mendapatkan engagement yang tinggi selama iklan tersebut berjalan.

Jika iklannya telah selesai, engagement akan mengalami penurunan.

Promosi ini cocok sekali digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan cepat, launching produk terbaru, atau ingin menjangkau market lebih luas.

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan menggunakan promosi berbayar, di antaranya:

  • Untuk menjangkau calon pelanggan baru lebih cepat
  • Untuk mempromosikan produk terbaru atau promo musiman
  • Ingin meningkatkan penjualan dalam waktu singkat

Pada intinya, jika kamu memilih promosi berbayar jangan lupa untuk menggunakan fitur targeting agar langsung menjangkau calon pelanggan potensial tanpa harus bergantung pada algoritma Instagram.

Dengan mengetahui perbandingan tersebut, bisa menjadi bahan pertimbanganmu untuk menentukan kapan sebaiknya melakukan promosi organik dan kapan melakukan promosi berbayar dengan menggunakan bantuan jasa iklan di Instagram.

Jika memutuskan untuk beriklan sendiri, kamu perlu simak pembahasan berikut yang akan bahas beberapa kesalahan saat beriklan di Instagram agar tidak melakukan seperti itu lagi!

Baca Juga: Rekomendasi Jasa Pasang Iklan di Instagram yang Terbukti Efektif

3 Kesalahan Saat Beriklan di Instagram

jasa iklan di instagram
Jasa Iklan di Instagram Buat Promosi Lebih Efektif! 5

Beberapa kesalahan ini sering dilakukan oleh pebisnis pemula saat beriklan di Instagram, yang mana berdampak buruk pada bisnis.

Agar tidak melakukan kesalahan saat beriklan di Instagram, kamu bisa gunakan jasa iklan di Instagram yang berpengalaman atau simak pembahasan berikut agar tidak melakukan beberapa kesalahan ini!

Tujuan yang Tidak Jelas

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pebisnis saat beriklan di Instagram yaitu tidak menentukan tujuannya secara spesifik.

Kebanyakan pebisnis hanya fokus beriklan untuk meningkatkan penjualan tanpa membuat rincian target yang ingin dicapai.

Di Instagram Ads tersedia berbagai pilihan objektif seperti traffic, engagement, leads, brand awareness, hingga conversion.

Jadi, kalau tujuan iklanmu tidak jelas yang ada hasilnya tidak sesuai harapan!

Salah Menentukan Target Audiens

Di Instagram Ads, kamu bisa tentukan target audiens lebih spesifik.

Namun, masih banyak pebisnis yang salah menargetkan audiens. Ada yang terlalu luas atau terlalu sempit.

Desain Visual yang Kurang Menarik

Instagram merupakan salah satu platform yang mengutamakan visual.

Namun, kebanyakan pebisnis masih menggunakan gambar atau video dengan visual yang kurang menarik.

Konten visual yang kurang menarik membuat audiens langsung melewati iklan brandmu tanpa memperhatikan isi pesannya.

Selain ketiga kesalahan tersebut, ada beberapa kesalahan lain yang kerap dilakukan oleh pebisnis, di antaranya:

  • Copywriting yang kurang menjual
  • Tidak menggunakan CTA
  • Format iklan tidak optimal
  • Tidak melakukan analisis dan optimasi

Baca Juga: Rekomendasi Jasa Instagram Ads buat Kamu yang Ingin Beriklan!

Cari Jasa Iklan di Instagram Buat Mempromosikan Brandmu?

Daripada ribet sendiri, pusing mikirin cara mempromosikan brand, kamu bisa percayakan Aidee Lab untuk mengiklankannya!

Selain bisa mengiklankan brandmu, Aidee Lab juga bisa buatkan konten promosinya sekaligus lho!

Tertarik menggunakan jasa iklan di Instagram dari Aidee Lab? Kamu bisa langsung hubungi tim kami melalui nomor berikut:

0813-6209-8990

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.