fbpx

Kurangnya Konsistensi Visual: Kesalahan Desain yang Harus dihindari dalam Branding di Instagram

Kurangnya Konsistensi Visual: Kesalahan Desain yang Harus dihindari dalam Branding di Instagram

Hallo…

Pada artikel sebelumnya sudah banyak membahas tentang branding nih.. Nah Ada beberapa aspek yang harus di pahami termasuk saat membangun branding. Kesalahan membangun branding umumnya dilakukan oleh pemula yang tidak mengenal seluk beluk tenyang manajemen bisnis dan bagaimana cara melakukan marketing.

Anda juga mungkin suka dengan hal yang terlalu rumit, tidak suka pula mengikuti rules saat membangun bisnis. Akan tetapi dalam bisnis ada manajemen tersendiri yang harus dipatuhi, dan ada beebrapa peraturan yang tidak bisa dihindari terkecuali ketika membangun branding.

Nah, platform instagram sendiri bisa Anda gunakan untuk membangun branding pada bisnis Anda, alasannya instagram mempunyai fitur instagram bisnis yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk baik secara visual ataupun audio visual.

Berikut adalah 10 kesalahan yang bisa membuat bisnis tidak berkembang:

1. Kurangnya Perencanaan Strategis

Kesalahan ini terjadi ketika bisnis tidak memiliki rencana strategis yang jelas untuk mencapai tujuan jangka panjang dan menghadapi tantangan bisnis.

2. Kurang Memahami Pasar dan Pelanggan

Bisnis yang tidak memahami dengan baik pasar dan pelanggan potensialnya akan kesulitan dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif dan menarik minat target pasar.

3. Tidak Melakukan Analisis Konkuren

Mengabaikan analisis pesaing dapat membuat bisnis kehilangan keunggulan kompetitif dan peluang untuk beradaptasi dengan perubahan pasar.

4. Kurang Fokus pada Kualitas Produk atau Layanan

Membuang-buang waktu dan sumber daya dalam mengembangkan produk atau layanan yang tidak berkualitas dapat menghambat pertumbuhan bisnis dan membuat pelanggan kecewa.

5. Kurangnya Pemasaran dan Promosi yang Efektif

Bisnis yang tidak mengalokasikan waktu, anggaran, dan strategi yang cukup untuk pemasaran dan promosi akan kesulitan untuk meningkatkan visibilitas dan menjangkau calon pelanggan.

6. Merek tidak konsisten

Memiliki identitas merek visual yang jelas sangat penting karena membantu audiens Anda mengenali konten Anda. Ini sangat penting untuk Cerita Instagram Anda.

Pengguna dengan cepat menelusuri konten Instagram Stories sering kali tanpa terlalu memperhatikan merek atau orang yang memilikinya. Penonton Anda hanya akan menghabiskan beberapa detik yang berharga untuk melihat Cerita Anda

7. Kurang Inovasi dan Perkembangan Produk

Tidak beradaptasi dengan perubahan tren dan kebutuhan pelanggan, serta kurang melakukan inovasi produk, dapat membuat bisnis tertinggal dan kehilangan pangsa pasar.

Hindari membuat konten yang acak dengan mempertahankan elemen branding di semua cerita instagram seperti warna, font, filter, suara merk, Alsannya Anda harus empertahankan postingan dengan versi casual dari merk Anda.

8. Kurang Membangun Tim yang Kuat

Bisnis yang tidak mengutamakan pembangunan tim yang berkualitas dan produktif akan menghadapi kesulitan dalam mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan kinerja.

9. Tidak menggunakan tagar

Tagar sangat bagus untuk meningkatkan jangkauan konten Anda dan membuat merek dan konten Anda dapat ditemukan oleh pengguna di luar audiens biasa Anda.

Anda dapat membangun komunitas dan memperluas audiens pengguna dengan minat yang sama dengan menggunakan tagar Instagram yang relevan di postingan Instagram Anda.

Jika Anda menggunakan tagar di Cerita Instagram Anda, cerita Anda memiliki peluang untuk ditampilkan dalam cerita tagar yang diberikan, yang muncul di halaman tagar yang diberikan.

Ingatlah bahwa profil Anda harus bersifat publik dan cerita Anda harus menerima keterlibatan yang relatif baik agar Instagram dapat mempostingnya di cerita hashtag.

10. Tidak memanfaatkan fitur yang mendorong interaksi 

Fitur Instagram Stories dapat membantu Anda terhubung dengan audiens Anda dengan cara yang tidak mungkin dilakukan di media lain mana pun. Fitur Instagram Stories dapat membantu Anda meningkatkan jangkauan konten, mengkomunikasikan identitas merek, dan mendorong perilaku audiens tertentu.

Berikut ini adalah beberapa fitur Cerita Instagram favorit kami:

1. Pertanyaan, Jajak Pendapat, & Kuis

Pertanyaan, polling, & kuis adalah alat hebat untuk membantu Anda berinteraksi langsung dengan audiens. Gunakan alat ini untuk mempromosikan komunikasi dua arah antara audiens dan merek Anda.

2. GIF

GIF dapat digunakan untuk mendorong perilaku klik tertentu dari audiens Anda. Apakah Anda ingin audiens Anda menggunakan tautan geser ke atas? Tambahkan gif ‘swipe-up’ ke Cerita IG Anda.

3. Lokasi

Menambahkan stiker lokasi ke Instagram Stories Anda, seperti menambahkan tagar, dapat meningkatkan jangkauan konten Anda. Anda dapat menandai cerita Anda dengan lokasi kota atau komunitas Anda agar cerita Anda berpotensi diposting ke cerita kota atau komunitas tertentu di halaman lokasi tertentu.

Jika Anda memiliki akun Instagram Business, Anda juga dapat menyiapkan halaman lokasi untuk bisnis Anda sehingga Anda, dan pengguna lain, dapat menandai bisnis Anda sebagai lokasi.

Penting untuk mengidentifikasi dan menghindari kesalahan-kesalahan ini agar bisnis dapat berkembang dan berhasil dalam jangka panjang.

Jika saat ini Anda sedang memikirkan bagaimana untuk mengetahui kesalahan apa yang terdapat dalam akun Anda.

Eitss tenang aja kalian bisa mempercayakan Jasa visual branding & desain yang sudah berpengalaman. Yuk konsultasi sekarang!

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.