Materi Digital Marketing yang Bisa Kamu Pelajari Sendiri!
Kamu pengen belajar digital marketing, tapi engga mau ngeluarin biaya untuk ikut kursus digital marketing? Tenang saja, kamu sekarang sudah bisa akses materi digital marketing lho!
Kamu bisa akses secara bebas materi mengenai digital marketing melalui Google atau tutor di YouTube.
Sudah banyak materi digital marketing yang bertebaran di internet yang memudahkan kamu untuk belajar digital marketing.
Jadi kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belajar digital marketing ya!
Nah, buat kamu yang penasaran materi digital marketing apa saja yang biasanya dipelajari di beberapa kursus digital marketing, kamu bisa simak artikel ini lebih lanjut ya.
Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh
Materi Digital Marketing yang Sering Dipelajari di Kursus Digital Marketing
Di era sekarang yang serba digital, banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja terkait di bidang digital marketing.
Hal ini banyak membuat orang untuk memulai untuk belajar digital marketing, dan juga banyak orang yang switch career karena gaji digital marketing yang sangat “menggiurkan”!
Untuk mempelajari digital marketing, kamu pastinya harus mengikuti kursus yang diselenggarakan beberapa lembaga pelatihan.
Tentunya ada harga yang harus kamu bayar untuk mengikuti kursus tersebut, dan harganya sendiri cukup lumayan mahal.
Kamu yang pengen belajar digital marketing tetapi terkendala biaya, tenang saja ya.
Karena sudah banyak materi digital marketing yang bertebaran di internet, jadi kamu bisa belajar sendiri dengan materi yang kamu dapatkan di internet.
Buat kamu yang penasaran, materi digital marketing apa saja yang dipelajari di beberapa kursus digital marketing, bisa simak pembahasan artikel ini lebih lanjut ya!
1. Email Marketing
Kamu pasti selama ini hanya mengetahui kalau email merupakan tempat saling berkirim pesan.
Padahal dengan email bisa menjadi salah satu tempat untuk melakukan marketing.
Jika kamu pernah mendapatkan pesan atau spam di emailmu mengenai ajakan untuk mencoba produk atau promosi, itulah yang dinamakan Email Marketing.
Dengan menggunakan email, seorang marketer bisa menjelaskan secara detail mengenai produk atau jasa, dan bisa juga menjelaskan promosi apa yang sedang berlangsung.
Walaupun dari email, metode marketing yang satu ini mempunyai tingkat keberhasilan yang cukup tinggi untuk mendapatkan calon pelanggan baru lho.
Jika kamu pengen mencoba untuk belajar email marketing, maka kamu harus menggunakan CRM (Customer Relationship Manager).
CRM merupakan tools untuk mengatur email penjualan atau pemasaran yang nantinya akan dikirimkan ke calon pelanggan baru atau pelanggan tetap.
2. Affiliate Marketing
Jika kamu pernah melihat video TikTok yang mana seseorang sedang mempromosikan sebuah produk dan menaruh “keranjang kuning”, itulah yang dinamakan Affiliate Marketing.
Engga hanya melalui TikTok saja, di media sosial seperti di X atau di Instagram juga bisa kamu jumpai affiliate marketing ini.
Jadi pengertian dari affiliate marketing ini yaitu ketika orang dari luar perusahaan ikut mempromosikan produk atau jasa yang perusahaan sediakan.
Tugas mereka harus bisa membuat audiens tertarik untuk menuju ke situs web atau marketplace perusahaan tersebut.
Jika berhasil biasanya mereka mendapatkan imbalan atau komisi.
Sekelas perusahaan Amazon Associates juga menggunakan metode pemasaran ini lho!
Amazon Associates mempunyai ratusan ribu sampai jutaan orang yang mempromosikan produk yang dijual oleh Amazon.
Baca Juga : Strategi Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
3. Content Marketing
Content marketing merupakan strategi pemasaran yang bertujuan untuk membangun hubungan yang kuat dengan para audiens dalam waktu jangka panjang.
Cara membuat content marketing ini harus bisa merencanakan, membuat dan membagikan konten mengenai perusahaan.
Kontennya bisa berupa bentuk unggahan media sosial, ebook, infografis, artikel, dan lainnya.
Content marketing sangat ampuh untuk membangun branding bisnis perusahaan agar bisa diingat terus oleh audiens.
Jika kamu tertarik mempelajari content marketing, maka kamu bisa membuat konten yang bersifat menghibur, menginspirasi, memberikan tips dan trik, mengedukasi, dan lainnya.
Perlu dicatat bahwa dalam membuat content marketing harus sesuai dengan kebutuhan audiens agar para audiens bisa tertarik dengan konten yang dibuat.
4. Video Marketing
Seperti namanya yaitu video marketing, yang mana strategi pemasaran yang satu ini harus membuat video untuk membuat pesan berupa pemasaran atau promosi.
Selain membuat pesan mengenai pemasaran atau promosi, melalui video marketing ini juga bisa menjelaskan mengenai bisnis perusahaan juga lho.
Video marketing ini merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif.
Hal ini dikarenakan konsep dari kampanye video marketing yang dibuat dengan sematang mungkin, sehingga video tersebut bisa menarik perhatian para audiens.
5. Mobile Marketing
Strategi pemasaran yang satu ini merupakan strategi yang menjangkau audiens dengan cara menggunakan tablet, smartphone, dan lainnya.
Biasanya mobile marketing ini menargetkan perangkat seluler yang tertaut dengan email, media sosial, aplikasi, situs web, dan lainnya.
Walaupun tidak se-booming strategi pemasaran yang lainnya, tetapi strategi ini pastinya akan bisa mendominasi.
Hal ini karena banyak audiens yang sehari – harinya menggunakan perangkat seluler.
Baca Juga : Cara Membuat Situs Web di WordPress 100% Berhasil !!!
6. Social Media Marketing
Dengan menggunakan social media marketing, sebuah brand bisa melakukan promosi melalui sosial media seperti Instagram, Facebook, X, dan sosial media lainnya.
Ada dua teknik yang biasanya digunakan dalam social media marketing ini, yaitu :
- Social Media Optimization, ada dua jenis dalam teknik SMO ini yaitu Social Media Organic dan aplikasi messenger
- Social Media Advertising
7. Digital Advertising
Digital advertising merupakan aktivitas pemasaran yang berbayar dengan menggunakan media atau juga bisa melalui platform digital lainnya.
Hal tersebut dilakukan agar bisa menjangkau audiens lebih luas, tertarget, dan tentunya mendapatkan pelanggan dengan cara cepat.
Dalam digital advertising ada tujuh format yang biasanya tersedia di digital advertising, yaitu :
- Email ads
- Video ads
- Social media ads
- Display ads
- Search ads
- Native ads
- Retargeting
Selain ada tujuh format dalam digital advertising, ada juga dua metode yang digunakan dalam digital advertising, yaitu :
- Pay Per View, yang mana perusahaan harus membayar biaya iklan jika ada yang melihat iklan perusahaan
- Pay Per Click, kebalikan dari Pay Per View, perusahaan harus membayar biaya iklan jika ada yang mengklik iklan perusahaan
Baca Juga : Bongkar Strategi & Harga Jasa Digital Marketing
8. Search Engine Optimization (SEO)
Materi yang satu ini sering muncul di kursus digital marketing lho!
Search Engine Optimization (SEO) merupakan sebuah cara untuk membuat halaman situs web bisa berada di posisi teratas di halaman pencarian.
Ada tiga teknik dalam search engine optimization (SEO) ini, yaitu :
- On-page SEO, yang mana optimasinya dilakukan di dalam situs web yang perusahaan kelola
- Off-page SEO, kebalikan dari On-page SEO, optimasinya dilakukan di luar situs web yang perusahaan kelola. Ada dua cara untuk melakukan Off-page SEO ini yaitu dengan cara link building dan social sharing
- Technical SEO, yaitu teknik dengan mengoptimasikan situs web dan server agar bot bisa mengindeks situs perusahaan
9. Search Engine Marketing (SEM)
Sama seperti SEO, materi Search Engine Marketing (SEM) juga sering muncul di kursus digital marketing.
SEM merupakan strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas web agar bisa membuat pengunjung mendatangi web perusahaan melalui halaman mesin pencarian.
Baca Juga : Explore Dunia Dengan Belajar Internet Marketing Dengan Santai
Pelajari Materi Digital Marketing agar Bisa Kuasai Digital Marketing
Itulah tadi beberapa materi yang biasa dipelajari di kursus digital marketing.
Kamu bisa belajar materi digital marketing secara gratis dengan modal internetan saja lho!
Nah, bagi kamu yang tertarik untuk beriklan di google, meta, dan TikTok bisa banget pakai jasa dari Aidee Lab!
Dengan tim yang telah berpengalaman di bidangnya, bisa menjamin produk atau jasa kamu jadi ramai pembeli.
Lebih lanjut hubungi nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab atau kunjungi langsung kantornya di Jalan Budi Pembangunan II No. 5A, Pulo Brayan, Kota Medan.