fbpx

Mengenal Digital Strategi: Manfaat dan Contoh Dalam Mengembangkan Bisnis

Mengenal Digital Strategi: Manfaat dan Contoh Dalam Mengembangkan Bisnis- Hallo… sebelum membahas lebih jauh apa itu digital strategi.

Apakah Anda pernah mendengar suatu brand atau produk dari perusahaan melalui digital campaign ? atau melalui website atau sosial media lainnya dari perusahaan tersebut? 

Seorang pebisnis menjalankan upaya konsep dan penerapan digital marketing untuk mendongkrak penjualan produk dari suatu brand, yang disebut sebagai strategi digital marketing.

Seiring dengan kemajuan teknologi, serta trend di dunia bisnis yang semakin bervariasi mewajibkan Anda sebagai pelaku usaha untuk memilih strategi marketing yang sesuai.

Nah, gimana udah semakin penasaran apa itu digital strategi secara rinci. Mari kita simak di sini ya.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Jasa Website Terbaik di Indonesia

Apa itu Digital Strategi 

Rancanglah strategi digital untuk mencapai tujuan bisnis dengan memanfaatkan media digital dan teknologi informasi.

Melibatkan penggunaan strategi yang terintegrasi untuk memanfaatkan potensi  platform digital, termasuk website, media sosial, mesin pencari, iklan digital, dsb.

Identifikasi dan penargetan audiens yang tepat, pengembangan pesan yang relevan dan efektif.

Serta pemilihan kanal dan metode yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan adalah bagian dari digital strategi.

Hal ini melibatkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen digital, tren pasar, serta mengikuti perkembangan teknologi dan platform digital yang baru.

Beberapa elemen penting dalam digital strategi meliputi:

1. Tujuan bisnis

Mengidentifikasi tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui strategi digital, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan kesadaran merek, atau meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

2. Identifikasi target pasar

Memahami dan mengidentifikasi dengan baik siapa target pasar yang ingin dijangkau.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jasa SEO Garansi Page One, Buruan Coba!

3. Pesan dan konten

Membuat pesan yang relevan, menarik, dan sesuai dengan target pasar yang dituju, serta menghasilkan konten yang berkualitas untuk menarik dan mempertahankan minat audiens adalah tujuan utama.

5. Kanal pemasaran digital

Memilih kanal yang paling efektif untuk mencapai target pasar, seperti media sosial, website, blog, iklan digital, email marketing, dan lainnya.

6. Analisis dan pengukuran

Mengukur dan menganalisis hasil strategi digital untuk melihat sejauh mana tujuan bisnis tercapai, serta melakukan perbaikan dan pengoptimalan berkelanjutan.

Bisnis dapat memanfaatkan kekuatan digital untuk meningkatkan kehadiran online mereka, berinteraksi dengan audiens yang lebih luas, dan mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan melalui digital strategi.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jasa Facebook Ads,Bikin Bisnismu Makin Cuan!

Apa saja strategi digital

1. Pemasaran Konten

Membuat dan mendistribusikan konten yang bernilai dan relevan untuk menarik dan mempertahankan minat audiens. Ini meliputi pembuatan artikel, blog, video, infografis, panduan, dan lainnya.

2. Media Sosial

Memanfaatkan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan YouTube untuk membangun kehadiran online, berinteraksi dengan audiens, mempromosikan konten, dan memperluas jangkauan merek.

3. SEO (Search Engine Optimization)

Mengoptimalkan situs web dan konten agar dapat muncul di peringkat teratas hasil pencarian organik di mesin pencari seperti Google.

Ini melibatkan penggunaan kata kunci yang relevan, optimisasi tautan, struktur situs yang baik, dan konten berkualitas.

4. Iklan Digital

Meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan meningkatkan konversi dengan menggunakan iklan berbayar di platform digital seperti iklan display, iklan pencarian, iklan video, dan iklan sosial.

5. Email Marketing

Mengirim email kepada pelanggan atau prospek dengan konten yang relevan, penawaran khusus, pembaruan produk, atau newsletter untuk membangun hubungan, memperkuat merek, dan mempengaruhi pembelian.

Baca Juga : 9 Cara Membuat Blog Secara Sederhana, Tanpa Ribet

6. Marketing Influencer

Bekerja sama dengan influencer di media sosial yang memiliki pengikut yang besar dan relevan untuk mempromosikan produk atau layanan Anda kepada audiens mereka.

7. Strategi Konten Visual

Memanfaatkan elemen visual seperti gambar, grafik, infografis, dan video untuk menyampaikan pesan merek dengan cara yang menarik dan memikat.

8. Strategi Mobile Marketing

Mengoptimalkan pengalaman pengguna di perangkat mobile dengan responsif web design, pengembangan aplikasi mobile, dan kampanye pemasaran khusus untuk pengguna ponsel.

9. Analisis Data dan Pengukuran

Menggunakan alat analitik web dan platform pengukuran untuk memantau, menganalisis, dan memahami kinerja kampanye digital serta membuat keputusan yang berdasarkan data.

10. Personalisasi dan Automasi

Perusahaan menggunakan alat otomatisasi pemasaran untuk mengirim pesan yang disesuaikan secara pribadi kepada pelanggan berdasarkan perilaku, preferensi, atau tahap perjalanan pembelian mereka.

Selain menarapkan strategi digital marketing, penggunaan sebuah sistem yang akurat,seperti penggunaan aplikasi keuangan perusahaan dari fitur aplikasi akuntansi online.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Jasa Iklan Facebook yang Oke Banget

Anda akan menghemat anggaran pemasaran produk atau jasa yang ditawarkan dan memudahkan pengembangan bisnis dengan menerapkan strategi digital yang tepat.

Oleh karena itu dengan bantuan jasa digital strategi medan Akan membantu pemasaran dan penyusunan strategi yang tepat sasaran dan sudah dipercaya oleh klien kami. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.