fbpx

Mengoptimalkan Jasa Influencer Meningkatkan Brand Awareness

Mengoptimalkan Jasa Influencer Meningkatkan Brand Awareness – Mendengarkan kata influencer pastinya sudah tidak asing lagi bukan? 

Diketahui melalui survey yang dilakukan oleh Mush Find yang tertulis di dalam blog Forbes  mengatakan 92% klien dalam dunia digital marketing mempercayai jasa influencer dibandingkan iklan atau endorsement selebriti. 

Influencer marketing adalah strategi pemasaran yang melibatkan kolaborasi antara merek atau perusahaan dengan seorang influencer di media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. 

Dalam influencer marketing, merek bekerja sama dengan influencer untuk membuat konten yang menarik dan relevan, yang biasanya mencakup review produk, penggunaan produk dalam kehidupan sehari-hari, atau kampanye khusus. 

Influencer marketing sering digunakan sebagai salah satu cara untuk mencapai audiens yang lebih luas dan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen melalui rekomendasi dan testimoni dari influencer yang dipercaya oleh pengikutnya. 

Alasan  Pemasaran Membutuhkan Jasa Influencer

1. Pengaruh yang besar 

Influencer memiliki pengaruh yang besar di media sosial dan mampu mencapai ribuan bahkan jutaan pengikut. Ketika mereka merekomendasikan atau mempromosikan produk atau layanan, pengikut mereka cenderung mempercayai dan tertarik untuk mencoba. 

2.  Mencapai audiens yang relevan

Setiap influencer memiliki audiens yang spesifik dan tersegmentasi. Ketika merek bekerja sama dengan influencer yang sesuai dengan target pasar mereka, mereka dapat mencapai audiens yang lebih relevan dan berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Kredibilitas dan kepercayaan

Influencer membangun hubungan yang erat dengan pengikut mereka dan memiliki kepercayaan yang tinggi dari mereka. Ketika influencer merekomendasikan atau mempromosikan produk, ini dianggap sebagai saran dari teman atau orang terdekat, yang dapat meningkatkan kredibilitas merek.

4. Konten kreatif dan menarik

Influencer terampil dalam menciptakan konten yang menarik dan kreatif. Mereka dapat mengemas pesan merek dengan cara yang unik dan menarik, sehingga menciptakan daya tarik bagi pengikut mereka dan membuat merek lebih dikenal.

5. Meningkatkan kesadaran merek

Ketika influencer mempromosikan produk atau layanan secara konsisten di media sosial, hal ini dapat membangun top of mind awareness dan mengingatkan pengikut tentang merek secara terus-menerus.

Apa Bedanya Selebgram dan Influencer

Perbedaan utama antara selebgram dan influencer terletak pada fokus dan sumber pengaruh mereka. Selebgram cenderung lebih fokus pada membangun citra diri dan mempertahankan basis pengikut yang besar.

Selebgram biasanya seseorang yang terkenal atau populer di Instagram. Mereka biasanya mendapatkan popularitas melalui konten yang menarik, seperti foto-foto gaya hidup, perjalanan, makanan, atau mode.

Selebgram sering kali memiliki pengikut yang sangat banyak dan terkenal karena tampilan mereka yang menarik atau gaya hidup glamor. Meskipun selebgram bisa bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk.

Fokus utama mereka adalah membangun dan mempertahankan basis pengikut mereka dengan konten yang menarik

Sementara influencer lebih berfokus pada mempengaruhi pengikut mereka melalui konten yang relevan dan kredibilitas dalam bidang tertentu. Meskipun ada beberapa overlap antara keduanya, klasifikasi mereka tergantung pada jenis konten yang mereka hasilkan dan bagaimana mereka membangun pengaruh di media sosial.

Influencer yaitu seseorang yang memiliki pengaruh yang kuat di media sosial dan dapat mempengaruhi pendapat, keputusan, atau perilaku pengikut mereka. Mereka biasanya memiliki keahlian atau minat khusus dalam suatu bidang tertentu, seperti kecantikan, makanan, perjalanan, atau kebugaran.

Influencer dapat bekerja sama dengan merek untuk mempromosikan produk atau layanan yang terkait dengan minat atau keahlian mereka. Mereka sering kali menciptakan konten yang relevan dan berisi ulasan, tutorial, atau rekomendasi yang dapat mempengaruhi pengikut mereka dalam mengambil keputusan pembelian.

Tips memilih influencer yang tepat

Memilih influencer yang tepat merupakan langkah penting dalam menjalankan kampanye pemasaran yang sukses. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih influencer yang tepat:

1. Relevansi

Pilihlah influencer yang relevan dengan industri atau niche Anda. Pastikan mereka memiliki minat, pengetahuan, atau pengalaman dalam bidang yang terkait dengan produk atau layanan yang Anda promosikan.

Hal ini akan membantu memastikan bahwa audiens influencer memiliki ketertarikan yang lebih besar terhadap apa yang Anda tawarkan.

2. Keaslian dan Kredibilitas

Periksa keaslian dan kredibilitas influencer. Tinjau konten yang mereka hasilkan sebelumnya, interaksi dengan pengikut, dan reputasi mereka di media sosial. Pastikan mereka memiliki integritas dan kepercayaan pengikut yang tinggi.

3. Jumlah dan Kualitas Pengikut

Pertimbangkan jumlah dan kualitas pengikut influencer. Meskipun memiliki pengikut yang banyak bukan satu-satunya indikator kesuksesan, tetapi penting untuk memastikan mereka memiliki basis pengikut yang aktif, terlibat, dan sesuai dengan target pasar Anda.

4. Demografi dan Geografis

Perhatikan demografi dan lokasi geografis pengikut influencer. Pastikan influencer memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar Anda, baik dalam hal usia, jenis kelamin, minat, atau lokasi geografis.

Hal ini akan membantu memastikan bahwa pesan Anda sampai kepada orang-orang yang paling berpotensi tertarik dengan produk atau layanan Anda.

5. Gaya Konten

Perhatikan gaya dan kualitas konten yang influencer hasilkan. Pastikan itu sejalan dengan merek Anda dan sesuai dengan pesan yang ingin Anda sampaikan. Perhatikan juga apakah influencer memiliki konsistensi dalam konten mereka dan apakah itu sesuai dengan nilai-nilai merek Anda.

6. Keterlibatan dan Interaksi

Tinjau tingkat keterlibatan dan interaksi influencer dengan pengikut mereka. Perhatikan apakah mereka secara aktif berinteraksi dengan pengikut, menjawab komentar, atau mengadakan diskusi.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka memiliki ikatan yang kuat dengan pengikut mereka dan dapat mempengaruhi pendapat mereka.

7. Harga dan Kesepakatan

Terakhir, pertimbangkan anggaran Anda dan nilai yang diharapkan dari kolaborasi dengan influencer. Tentukan apa yang Anda harapkan dari kerja sama dan diskusikan dengan influencer mengenai harga, konten yang akan dibuat, jangka waktu kampanye, dan metrik yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan.

Nah, gimana setelah mengetahui pentingnya penggunaan jasa influencer marketing untuk meningkatkan brand awarness. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Jasa influencer Medan, terlebih Anda harus memahami penjelasan diatas yaa.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.