fbpx

Siap – Siap Jualan Kamu Laku, Cobain 9 Tips Fotografi Produk ini !

Fotografi produk adalah salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjual produk secara online. Foto produk atau yang dikenal sebagai foto komersial yang mengacu pada gambar-gambar barang yang dijual dengan tujuan menarik minat pembeli. Dilansir dari Pathedit.com, fotografi ini umumnya dilengkapi dengan keterangan detail dan fitur produk, beserta teks yang berisi promosi untuk memikat konsumen.

Secara umum, foto produk bisa juga termasuk gambar 3D yang menyerupai bentuk asli produk, meskipun beberapa orang tidak menganggap gambar jenis ini sebagai foto produk. Di sisi lain, ada juga fotografi objek yang melibatkan pemotretan benda non animasi kecuali produknya benda hidup. Namun, biasanya produk dalam jenis foto ini objeknya tidak bergerak.

Nah bagi kamu yang ingin fotografi produk, kamu bisa membaca tips – tips yang ada di artikel ini sampai habis. Yuk, simak sampai habis!

Baca Juga: Foto Produk Makanan: 10 Ide Kreatif Fotografi Restoran

Tips Fotografi Produk Agar Menarik

Berikut ini beberapa tips fotografi produk agar terlihat menarik oleh beberapa pelanggan. Jadi, jangan sampai ketinggalan !

1. Menggunakan Pencahayaan yang Baik

Sebelum melakukan fotografi produk, hal yang pertama dilakukan adalah memastikan pencahayaan yang baik dan merata untuk memfokuskan hal – hal yang detail dari produk. Karena dalam fotografi, pencahayaan adalah hal yang utama.

Kamu bisa bebas memilih menggunakan cahaya alami atau buatan dan sesuaikan dengan preferensi mu. Tapi, ingat kamu harus memilih salah satu dan hindari menggunakan dua jenis pencahayaan secara bersamaan. Kamu bisa menggunakan flash diffuser jika menggunakan cahaya buatan tapi ingin cahaya yang lembut.

2. Mengatur Latar Belakang

Background atau latar belakang produk memiliki peran yang penting dalam fotografi produk. Kamu bisa memilih warna latar belakang yang sesuai dengan tujuan produk kamu. Kamu bisa memilih latar belakang yang simple namun tidak membuat perhatian produk teralihkan.

Gunakan juga latar belakang yang netral atau permukaan yang tidak mencolok. Contohnya, gunakan background warna putih untuk membuat produk lebih menonjol. Selain opsi warna putih, kamu juga dapat menghapus latar belakang menggunakan aplikasi. Ada juga pilihan latar belakang menarik lainnya seperti kayu, rumput, kain bermotif, lantai marmer, walpaper hingga pemandangan alam.

Baca Juga:Jasa Fotografi Medan : Mengulik harga fotografer Perjam Medan?

3. Memperhatikan Komposisi

Komposisi pada fotografi produk mengarah pada elemen visual yang sudah diatur dan disusun, atur produk secara visual menarik untuk menciptakan tampilan yang mengesankan. Komposisi ini termasuk penerapan prinsip – prinsip desain untuk menghasilkan gambar yang menarik, mudah dipahami, dan meningkatkan daya tarik produk.

Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan dalam menciptakan komposisi yang efektif pada fotografi produk seperti penempatan produk, pencahayaan, pemilihan latar belakang dan sebagainya. Tujuan adanya komposisi adalah untuk mempresentasikan produk dengan cara yang menarik, jelas, dan memikat pembeli. Menggabungkan beberapa elemen komposisi dengan bijak

4. Menggunakan Tripod

Menggunakan tripod adalah cara yang tepat dan mudah untuk meningkatkan kualitas fotografi produk dan kreativitas dalam mengambil gambar. Pengambilan gambar yang stabil sangat penting untuk kualitas sebuah hasil foto.

Adanya tripod dapat membantu menghilangkan getaran kamera dan memastikan gambar yang tajam. Dengan tripod, kamu dapat mempertahankan posisi kamera yang konsisten saat mengambil foto dan dapat menyesuaikan tinggi dan sudut yang tepat. Kamu dapat mengatur ketinggian dan sudut kamera untuk mendapatkan pengambilan gambar yang sesuai.

Baca Juga :  Cara Menghasilkan Foto Produk Menarik dan Eye Catching

5. Menggunakan Kamera yang Berkualitas

Untuk menghasilkan foto yang beresolusi dan berkualitas tinggi, salah satu tips nya adalah menggunakan kamera yang berkualitas juga. Selain penggunaan kamera yang bagus, foto yang bagus dapat dilihat dari kemampuan fotografer dalam menggunakan kamera.

Walaupun kamera yang kamu gunakan memiliki kualitas yang tinggi tapi tidak dapat mengambil gambar dan mengoperasikan kamera dengan baik maka gambar yang dihasilkan belum tentu baik. 

6. Memahami Keseimbangan Warna

Dalam membuat fotografi produk, kamu perlu memilih warna yang seimbang dan selaras antara produk dan background. Pastikan kamu menggunakan warna yang tepat dengan mengatur keseimbangan warna pada kamera.

Kamu juga dapat mengatur warna ini selama pengeditan. Pemilihan warna yang mendukung untuk foto produk harus juga disesuaikan dengan sisi psikologis. Contohnya, jika menggunakan warna emas dapat menunjukkan kemewahan dan menggunakan warna cerah dapat menunjukkan kesan dan suasana yang menyenangkan.

7. Penataan Produk

Penyusunan produk perlu dilakukan dalam fotografi produk dan harus sesuai dengan tujuannya, apakah posisi nya di tepi, di tengah, atau pada posisi tertentu lainnya. Jika ada beberapa barang yang dikumpulkan, maka perlu mempertimbangkan jarak, susunan yang ditumpuk atau dengan cara lainnya.

Penataan produk juga dapat berperan dalam menggambarkan dan mendeskripsikan ukuran. Contohnya, jika produknya berupa tas jinjing dapat dibandingkan dengan ukuran tablet atau ponsel untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai ukuran tas tersebut. Jika kamera milik kamu memiliki mode makro, gunakan untuk pengambilan gambar dekat yang menangkap detail-detail rumit.

Baca Juga :Jasa Produksi Video Medan

8. Pengeditan yang Konsisten

Dalam fotografi produk, kamu harus mengedit foto produk dengan style yang sama. Kamu perlu mempertahankan gaya pengeditan yang konsisten agar tampilan gambar terlihat seragam dan serasi.

Perlu diingat, sebaiknya menghindari menggunakan filter pada kamera atau ponsel pada sesi pemotretan. Untuk pengeditan dilakukan saat selesai sesi pemotretan. Pastikan proses editing seperti mengatur tingkat cahaya di titik tertentu, melakukan cropping, menghilangkan objek tertentu, dan menambahkan tulisan.

9. Menggunakan Gaya yang Berbeda.

Tips fotografi produk terakhir yaitu kamu bisa menggunakan gaya yang berbeda saat sesi pemotretan produk. Kamu bisa mengembangkan ide dan konsep yang menarik untuk mendapatkan gaya yang unik dan berbeda dari kompetitor. Kamu bisa modifikasi gaya fotografi dari kreator tiktok untuk inspirasi foto produk kamu.

Itulah beberapa tips fotografi produk yang bisa kamu aplikasikan dalam bisnis kamu. Semoga Membantu !

Baca Juga : Foto Produk Bisnis: Mengapa Penting?

Fotografi Produk Bersama Aidee Lab

Hai warga Medan dan sekitarnya. Kamu masih bingung dan tidak mau ribet untuk fotografi produk? Mau pakai jasa tapi takut beda jauh sama ekspektasi? Takut bikin kantong bolong? Sekarang kamu tidak perlu khawatir karena ada Aidee Lab yang dapat membantu dan menangani foto produk bisnis kamu. 

Mereka mempunyai tim yang berpengalaman dalam menangani pemotretan produk kamu agar terlihat artistik dan futuristik. Kamu tidak perlu khawatir masalah harga karena mereka menyediakan paket fotografi produk dengan harga yang bisa kamu sesuaikan dengan budget kamu. Buat kamu yang tertarik, bisa konsultasi Jasa Foto Medan, ya !

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina