5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online

0
(0)

Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi – Jaman yang semakin modern, dan teknologi yang semakin canggih ternyata dapat mempermudah pebisnis untuk menjalankan bisnisnya.

Kalau dahulu mereka perlu keluar effort dan biaya lebih untuk mempromosikan bisnisnya, sekarang cukup menggunakan media digital seperti sosmed atau website, mereka sudah bisa mempromosikan bisnisnya secara online.

Promosi online tentunya lebih hemat biaya dan nggak perlu keluar effort lebih untuk mempromosikan bisnis.

Namun, tetap membutuhkan strategi yang tepat dan efektif untuk jangkau target audiens.

Jika strategi yang dibuat kurang tepat, yang ada bisnis bakalan mengalami kerugian besar!

Strategi yang kurang tepat merupakan salah satu kesalahan pebisnis jasa saat promosi online.

Sebenarnya, masih ada kesalahan lain yang sering dilakukan oleh pebisnis jasa saat promosi online. Mau itu kesalahan yang dilakukan secara sengaja atau nggak disengaja.

Kamu bisa simak pembahasan berikut untuk cari tahu apa saja kesalahan pebisnis jasa saat promosi online, serta cara yang benar untuk mempromosikan bisnis secara online.

5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online yang Sering Dilakukan

Setiap bisnis pastinya pernah melakukan kesalahan, biasanya pebisnis nggak sengaja melakukan kesalahan tersebut dan berakhir bisnis mereka mengalami kerugian.

Untuk mengatasi kesalahan tersebut, mereka harus segera lakukan evaluasi biar nggak terus-terusan alami kerugian yang bisa membuat bisnis jadi “gulung tikar”.

Biar nggak ngalamin kesalahan saat menjalankan bisnis, kamu perlu simak 5 kesalahan pebisnis jasa saat promosi online di pembahasan berikut ini!

Target Audiens Nggak Jelas

Kesalahan yang satu ini sering dilakukan oleh pebisnis pemula. Biasanya mereka nggak tahu atau bingung untuk menentukan target audiensnya.

Terkadang ada sebagian pebisnis yang beranggapan kalau semakin luas target audiensnya, maka peluang untungnya semakin besar. Padahal anggapan tersebut salah total!

Malah audiens yang nggak relevan dengan bisnismu bisa langsung skip iklannya karena mereka nggak membutuhkan produk/jasa yang kamu tawarkan.

Untuk membuat target audiens yang spesifik, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Membuat konten yang relevan dengan permasalahan audiens
  • Menentukan gaya visual serta tone bahasa yang tepat
  • Mengatur strategi iklan yang efektif dan efisien

Jika target audiensmu sudah tepat, maka peluang mendapatkan keuntungan semakin besar.

Hanya Fokus Pada Fitur

Biasanya pebisnis jasa lebih fokus menjelaskan atau menawarkan fitur dari layanan mereka, hingga melupakan manfaat/keuntungan menggunakan layanan tersebut.

Perlu kamu catat dan ingat! Audiens menggunakan layanan tertentu bukan karena fiturnya, melainkan manfaat/keuntungannya.

Mereka nggak peduli kamu pakai material apa, mereka hanya peduli bagaimana manfaat/keuntungan menggunakan layananmu untuk aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa gunakan promosi benefit-based dibandingkan fitur based, karena lebih emosional, relevan, dan mudah diingat.

Strategi Konten yang Nggak Konsisten

Kamu harus tahu! Kalau promosi online nggak hanya sekedar upload sekali saja.

Biasanya banyak pebisnis jasa langsung berhenti posting konten promosi karena hasilnya yang lambat.

Padahal, algoritma platform dan kepercayaan dari audiens memerlukan waktu untuk tumbuh.

Beberapa kesalahan ini sering terjadi dan dialami pebisnis, di antaranya:

  • Konten nggak punya tema tetap
  • Nggak konsisten posting konten
  • Visual dan tone berbeda – beda
  • Nggak ada call to action yang jelas

Perlu kamu ingat! Konten merupakan penghubung antara calon klien dan kepercayaan. Jika penghubung tersebut nggak jelas/konsisten, yang ada audiens nggak mempercayainya.

Konsisten konten nggak hanya dilihat dari frekuensi postingan saja, namun juga arah serta pesan di setiap konten.

Mengabaikan Data & Evaluasi Iklan

Pebisnis pemula atau yang selama ini terbiasa menggunakan media konvensional, biasanya beranggapan kalau promosi online sama seperti menyebar brosur.

Artinya, cukup pasang iklan dan tunggu hasilnya. Padahal anggapan tersebut salah total! Kamu perlu data untuk promosi online.

Tanpa adanya data, kamu tidak akan tahu beberapa hal ini:

  • Apakah audiens sudah tepat sasaran
  • Konten iklan menarik atau biasa saja
  • Platform mana yang paling efektif

Contoh datanya seperti ini:

  • CTR rendah berarti headline iklan kurang menarik
  • CPM terlalu tinggi berarti segmentasi audiens terlalu sempit

Kepercayaan Audiens Nggak Ada

Tiap bisnis, khususnya di bidang jasa, kepercayaan merupakan hal yang sangat penting.

Orang nggak akan menggunakan jasamu hanya karena harganya yang murah, mereka menggunakannya karena percaya bisnismu bisa memberikan solusi yang terbaik.

Sampai saat ini, masih ada bisnis jasa yang hanya menampilkan promo serta harga tanpa menunjukkan kredibilitas. Misalnya seperti testimoni, portofolio, atau wajah tim.

Alhasil, calon klien merasa ragu untuk menghubungimu karena mereka nggak percaya dan takut tertipu.

Perlu kamu ingat! Semakin banyak social proof yang kamu tunjukkan, maka semakin tinggi kepercayaan audiens dan besar peluang untuk closing!

Itulah 5 kesalahan pebisnis jasa saat promosi online yang perlu kamu tahu agar terhindar dari kesalahan yang sama.

Agar promosi online bisnismu berjalan lancar dan tidak ada kesalahan, kamu bisa simak beberapa caranya di pembahasan berikut ini!

Cara Promosi Online yang Benar & Tepat untuk Bisnismu

Beberapa cara ini bisa cegah kamu dari berbagai kesalahan saat menjalankan bisnis online. Simak caranya berikut:

Menentukan Target Pasar yang Spesifik

Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi
5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online 6

Kesalahan yang sering terjadi saat promosi online yaitu menargetkan semua orang. Padahal, bisnis jasa sifatnya personal yang mana nggak semua orang butuh jasamu.

Untuk menentukan target pasar yang spesifik, kamu bisa menjawab beberapa pertanyaan berikut:

  • Siapa calon klien ideal bisnismu?
  • Apa masalah yang dihadapi target audiens?
  • Platform mana yang efektif?

Membangun Branding & Kredibilitas

Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi
5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online 7

Sebelum menawarkan jasamu ke audiens, perlu bangun branding dan kredibilitas terlebih dahulu agar mereka percaya dengan layananmu.

Cara membangun branding dan kredibilitas cukup mudah, berikut beberapa caranya:

  • Menggunakan profil profesional seperti logo, bio yang jelas, dan link website atau WhatsApp
  • Memposting hasil kerja atau testimoni
  • Menunjukkan tim dan aktivitas di balik layar agar calon klien percaya kalau bisnismu bisa dipercaya

Untuk membangun branding dan kredibilitas memerlukan konsisten! Disarankan posting 3 kali seminggu secara rutin.

Membuat Konten yang Menyinggung Masalah Audiens

Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi
5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online 8

Audiens nggak peduli seberapa bagus jasamu, yang mereka pedulikan yaitu apakah layananmu bisa menyelesaikan masalah mereka?

Kamu perlu membuat konten edukatif seperti berikut ini:

  • Tips & trik
  • Studi kasus
  • Testimoni

Konten seperti itu nggak hanya meningkatkan engagement saja, namun juga membuat bisnismu jadi satu-satunya solusi untuk masalah mereka.

Menggunakan Iklan Berbayar

Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi
5 Kesalahan Pebisnis Jasa Saat Promosi Online 9

Sebelum memulai berbisnis online, kamu perlu membuat strategi dengan sistem funnel yang terbukti efektif. Adapun langkahnya yaitu:

  • Awareness: membuat iklan video atau konten yang edukatif agar audiens mengenal jasamu terlebih dahulu
  • Consideration: melakukan retarget audiens yang pernah menonton atau mengunjungi profilmu dengan konten testimoni atau hasil kerja
  • Conversion: mengarahkan audiens melalui CTA yang jelas dan menarik

Dengan sistem funnel, calon klien tidak langsung disuruh beli namun bangun terlebih dahulu kepercayaan secara bertahap.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kesalahan saat melakukan promosi online!

Bagi kamu yang repot mengurus bisnis online sendiri, bisa gunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab saja.

Dihandle langsung sama advertiser dan tim kreatif yang profesional dan berpengalaman, kami pastikan hasil promosinya menghasilkan konversi berkali-kali lipat!

Tertarik menggunakan jasa kami? Kamu bisa klik link “KONSULTASI GRATIS” sekarang juga!

Seberapa bermanfaat postingan ini untuk Anda?

Klik bintang untuk memberikan penilaian Anda!

Berdasarkan penilaian 0 orang, rating rata-rata saat ini: 0

Belum ada yang memberi suara. Jadilah yang pertama menilai postingan ini!

Karena kamu merasa tulisan ini bermanfaat...

Ikuti kami juga di media sosial, yuk!

Mohon maaf jika artikel ini kurang membantu

Bantu kami jadi lebih baik!

Apa yang bisa kami perbaiki dari tulisan ini?

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.