
6 Tools Digital Marketing yang Paling Efektif
Tools Digital Marketing – Ada beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan saat beriklan secara konvensional dan digital, perbedaan tersebut bisa kamu temukan di penggunaan alat beriklannya!
Biasanya alat yang digunakan untuk beriklan secara konvensional berupa brosur, papan reklame, spanduk, iklan di televisi atau radio, dan lainnya.
Berbeda dengan alat yang digunakan untuk beriklan secara konvesional, iklan digital biasanya menggunakan tools digital marketing seperti Google Ads, Google Analytics, dan lainnya.
Baca Juga: Pentingnya Digital Marketing Organik untuk Bisnis Online
Tidak hanya menggunakan kedua tools tersebut saja, biasanya para advertiser menggunakan berbagai tools digital marketing lainnya yang mempermudah mereka untuk beriklan.
Tentunya tiap tools memiliki kegunaan yang berbeda – beda, tergantung kebutuhannya seperti ingin membuat atau menjalankan campaign, membuat konten iklan, menganalisis iklan, dan lainnya.
Jika kamu berkeinginan menjadi seorang advertiser ataupun ingin belajar beriklan namun belum tahu apa saja tools yang digunakan untuk beriklan, bisa simak artikel Aidee Lab kali ini!
Artikel kali ini akan membahas berbagai macam tools digital marketing yang biasanya selalu digunakan oleh advertiser untuk mengiklan produk ataupun layanan.
Baca Juga: Apa Itu Platform Iklan Digital? Yuk Cari Tahu!
Beriklan Lebih Mudah Menggunakan Tools Digital Marketing

Biasanya para advertiser selalu menggunakan tools digital marketing untuk mempermudah mereka beriklan, membuat atau menjalankan campaign iklan, dan lainnya.
Beberapa tools digital marketing ini biasanya sering digunakan oleh advertiser, berikut ini beberapa toolsnya:
1. Woorise
Woorise merupakan platform digital marketing all-in-one yang digunakan untuk mendapatkan prospek klien.
Menggunakan tool ini bisa membantu kamu untuk membuat berbagai macam campaign dalam bentuk kuis, landing page, survei, formulir, giveaway, dan lainnya.
Tersedia berbagai fitur di Woorise yang bisa digunakan untuk membuat formulir, landing page, notifikasi email secara real time, analitik, dan lainnya.
Selain itu kamu juga bisa menghubungkan tools lainnya ke Woorise, berikut ini beberapa tools yang bisa dihubungkan:
- Bitly
- Zapier
- Hubspot
- Google Analytics
- PayPal
- dll
Kamu juga bisa mendapatkan calon klien baru dengan menggunakan tool tersebut!
Untuk menggunakan Woorise perlu membayar sekitar Rp. 460.000/bulan, namun kamu juga bisa mengambil paket gratis unlimited serta free trial selama 14 hari.
2. GetResponse
Melalui tool yang satu ini mempermudah kamu untuk menjalin komunikasi dengan klien menggunakan email marketing.
Selain itu juga bisa membuat newsletter tanpa harus menggunakan plugin, membuat email otomatis, dan membagikan postingan blog secara otomatis melalui sosmed atau email.
GetResponse juga memiliki keunggulan dari tools digital marketing lainnya, salah satunya yaitu bisa membuat email drag and drop secara otomatis dan praktis.
Kamu juga bebas pilih ingin menggunakan template yang sudah siap pakai, sekaligus mengelola library template yang bisa digunakan kembali.
Di GetResponse juga bisa membuat segmen custom, testing A/B untuk subjek email dan CTA, serta bisa menggunakan alat Perfect Timing untuk mengirim email sesuai preferensi audiens.
GetResponse memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan seperti:
- Tersedia gambar dari Shutterstock dan GIF
- Bisa membuat email transaksional dengan menggunakan trigger SMTP
- Tersedia alat Time Travel
Tool ini bisa digunakan secara gratis namun hanya sampai 500 kontak saja, jika kamu ingin mengirim email lebih dari 500 kontak maka perlu membaya Rp. 210.000/bulan.
Baca Juga: Pentingnya Menggunakan Digital Marketing Perusahaan
3. Social Status
Dengan menggunakan tool ini kamu bisa mengecek analitik serta memperoleh laporn sosial media yang bisa membuatmu jadi lebih mudah untuk mengelola analitik multi channel klien.
Selain itu kamu juga bisa melakukan monitoring semua data sosial media hanya di satu tempat, melakukan riset strategi sosial media para kompetitor, dan membuat laporan campaign influencer.
Kamu bisa menggunakan tool ini untuk semua jenis target iklan dan memilih pilihan segmen serta filter yang canggih.
Di Social Status, kamu juga bisa memberikan white label di laporannya dan memilih format dalam bentuk PDF, CSV, Power Point, ataupun Google Slides.
Tersedia berbagai fitur yang bisa kamu gunakan, diantaranya:
- Informasi detail sosmed seperti view, klik, interaksi, dan impression
- Inbox Facebook dan analitik Instagram Stories
- Bisa monitoring kompetitor melalui multi channel
Kamu bisa menggunakan tool ini secara gratis namun hanya untuk 3 user saja, kalau ingin banyak user bisa bayar sekitar Rp. 460.000/bulan.
4. Hootsuite
Tools digital marketing ini sudah banyak digunakan oleh advertiser karena memang sangat ideal untuk mengiklankan berbagai bisnis serta agensi.
Hanya melalui satu dashboard, kamu sudah bisa membuat serta menjadwalkan postingan untuk di sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lainnya.
Dengan menggunakan Hootsuite mempermudah kamu yang masih awam dengan sosial media.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengakses analitik performa postingan sehingga membantumu untuk meningkatkan engagement konten.
Ada berbagai fitur yang bisa digunakan, seperti:
- Melihat serta mengelola inbox pesan, membalas komentar dan berbagai pertanyaan
- Menghemat waktu karena menggunakan library konten, aplikasi edit foto, serta memposting video dengan mudah
- Hootsuite bisa dihubungkan dengan tools lainnya seperti Canva dan Adobe
Jika Hootsuite digunakan secara tim maka perlu membayar sekitar Rp. 3.900.000/bulan, atau kamu juga bisa menggunakannya secara gratis apabila hanya satu user aja.
Baca Juga: Manfaat Digital Marketing untuk Pertumbuhan Bisnis
5. SEMrush
Dalam dunia digital marketing, beriklan tidak hanya sekedar beriklan dengan cara berbayar saja namun juga bisa beriklan dengan cara organik, seperti SEO!
Biasanya advertiser yang beriklan dengan cara organik selalu menggunakan tool SEMrush untuk melakukan monitoring serta melakukan analisis data SEO.
Bisa dibilang tools digital marketing ini cukup ideal untuk kamu gunakan, karena bisa membuat target konten tertentu tanpa harus susah payah.
Tidak hanya itu, SEMrush memiliki dashboard yang bisa kamu akses untuk mencari berbagai informasi mengenai kata kunci dan peringkatnya.
Kamu juga bisa menggunakan tool ini untuk melakukan monitoring traffic, mengakses template konten SEO, menyusun strategi link building, dan mencari keyword.
Berikut ada beberapa fitur dari SEMrush yang bisa digunakan untuk mencari solusi SEO:
- Melakukan monitoring perubahan kata kunci yang tertarget di lokasi tertentu
- Mencari berbagai informasi sehingga bisa meningkatkan profil backlink
- Melihat keyword mana saja yang berbayar dan mencari copywriting iklan PPC miliki kompetitor
Untuk menggunakan tool SEMrush perlu membayar sekitar Rp. 1.560.000/bulan.
6. Ahrefs
Selain menggunakan SEMruh, kamu juga bisa menggunakan tool Ahrefs untuk beriklan secara organik!
Ahrefs cukup terkenal di dunia SEO dan sering digunakan oleh advertiser dari berbagai perusahaan mulai dari Uber, eBay, Facebook, dan perusahaan lainnya.
Pada umumnya agensi iklan sering menggunakan tool tersebut untuk melakukan audit serta mengoptimasi website klien, menganalisis kompetitor, mencari kata kunci potensial, dan mengidentifikasi konten yang performanya bagus.
Di Ahrefs tersedia berbagai fitur yang bisa digunakan untuk beriklan secara organik, berikut ini beberapa fiturnya:
- Tersedia data dari Google Search Console (GSC) yang sudah tersedia di dashboard Ahrefs
- Mempunyai crawler backlink tercepat
- Bisa mencari lebih 150 juta keyword dari berbagai negara
Untuk mengakses Ahrefs perlu membayar Rp. 1.300.000/bulan.
Baca Juga: Maksimalkan Peluang Usaha dengan Digital Marketing
Beriklan Lebih Mudah dengan Jasa Digital Marketing
Nah itulah tadi beberapa tools digital marketing yang perlu kamu ketahui jika ingin memulai beriklan secara digital.
Namun kalau kamu tidak ada waktu untuk mengiklankan bisnismu dengan cara sendiri, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing saja!
Sekarang ini sudah banyak berbagai jasa digital marketing yang bisa membantu kamu untuk beriklan, salah satu jasanya yaitu Aidee Lab.
Aidee Lab telah dipercayai banyak pebisnis untuk mengiklankan bisnis mereka di berbagai media, mulai dari Meta Ads, Google Ads, sampai dengan cara SEO.
Bagi kamu yang tertarik untuk beriklan dengan menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab, kamu bisa langsung hubungi tim Aidee Lab melalui nomor berikut: