fbpx

Mau Produk Laku? Coba 8 Cara Jualan Online Ini!

Ada banyak cara jualan online yang sudah banyak dilakukan oleh pelaku bisnis terutama UMKM yang baru merintis akhir – akhir ini. Tapi, banyaknya persaingan membuat orang mencari cara agar produk mereka laku di pasaran baik offline maupun online.

Mulai dari endorsement ke beberapa influencer atau mengiklankan produk lewat instagram ads, google ads, maupun facebook ads. Untuk memulai jualan online, kamu bisa memilih terlebih dahulu platform marketplace yang sesuai dengan kamu atau buat toko online sendiri lewat media sosial atau website.

Setelah itu, kamu bisa menyiapkan foto dan deskripsi produk yang menarik, menentukan harga yang kompetitif tapi masih menguntungkan penjualan kamu, dan fokus pada layanan pelanggan yang baik. Kamu bisa terlebih dahulu untuk mempromosikan produk kamu melalui sosial media. Jika diperlukan kamu bisa memanfaatkan fitur iklan yang sesuai target market kamu.

Kamu perlu ingat untuk menyediakan informasi kontak yang jelas dan menanggapi pertanyaan pelanggan dengan cepat agar pelanggan merasa dihargai dan tertarik melakukan transaksi pembelian selanjutnya. Banyaknya persaingan menjadikan kamu sebagai pebisnis online untuk terus berinovasi dan melakukan cara terbaru untuk meningkatkan penjualan kamu secara online.

Nah, artikel ini akan memberikan wawasan mengenai cara jualan online agar cepat laku. Yuk, disimak sampai akhir !

Baca Juga: Berikut Jenis-jenis Copywriting Jualan Online Yang Bisa Anda Tiru!

Cara Jualan Online

Berikut ini beberapa tips dan cara jualan online agar laris manis :

1. Menggunakan Gambar dan Deskripsi yang Menarik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan gambar dan deskripsi produk yang menarik. Menggunakan gambar dengan resolusi yang tinggi dapat membuat calon pelanggan betah berlama – lama melihat akun penjualan kamu di marketplace.

Selain menggunakan gambar dengan resolusi yang tinggi, maka kamu juga bisa membuat deskripsi produk yang membuat calon pelanggan tertarik membeli produk kamu. Makanya, gambar dan deskripsi produk sangat penting keberadaannya untuk jualan online.

Adanya gambar tidak hanya sebagai bentuk visualisasi dan daya tarik pembeli namun juga sebagai media untuk memberi tahu bahwa produk kamu benar – benar ada.

Baca Juga :Tips Agar Website Tampil di Halaman Utama Google

2. Menentukan Harga

Persaingan bisnis semakin banyak dan salah satu cara agar produk mu dikirim ke konsumen adalah menentukan harga. Jadi, kamu perlu memasang harga yang sesuai pada konsumen kamu. Tidak perlu mahal tapi menguntungkan. Persaingan harga di penjualan online dikarenakan semakin banyak penjual yang menawarkan produk yang serupa. Jika saingan bisnis kamu banyak, maka semakin turun harga produk kamu di pasaran.

Jika kamu menjual tetap pada harga awal, maka sering sekali pembeli kamu akan membandingkan harga di berbagai toko yang menjual produk yang sama dengan kamu. Toko online yang menawarkan harga yang lebih rendah biasanya mendapatkan transaksi pembelian yang lebih banyak. 

Untuk itu, kamu sebagai pemilik jualan online harus riset harga saingan bisnis kamu. Kamu juga tetap bisa menggunakan harga awal untuk penjualan secara online asalkan kualitas produk kamu lebih baik daripada saingan bisnis kamu. Jadi, menentukan harga yang sesuai adalah salah satu cara agar produk kamu cepat laku.

Baca Juga : 9 Ciri Jasa Iklan Facebook Terpercaya, Jangan Terkecoh!

3. Melakukan Promosi

Kamu sebagai pemilik bisnis online sangat perlu untuk memperkenalkan toko online kamu lewat promosi. Ada banyak cara promosi yang bisa dilakukan seperti menggunakan iklan google ads,facebook ads, instagram ads, atau kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan produk kamu.

Kamu bisa posting toko online kamu setiap hari di sosial media, membuat konten yang sesuai dengan produk kamu, dan menggunakan hashtag yang tepat agar konten kamu cepat naik dan banyak yang melihat akun sosial media kamu. Dalam promosi, kamu bisa menggunakan email sebagai media promosi. Menggunakan email sebagai media promosi disebut dengan email marketing.

Email marketing adalah cara untuk mengirim pesan dan informasi yang berupa promosi melalui email kepada orang – orang yang mungkin tertarik dengan produk kamu. Sistem ini mirip seperti kamu mengirim surat promosi ke kotak surat tapi secara online. Promosi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan.

4. Menawarkan Diskon

Cara jualan online agar produk di toko online mu laku, kamu bisa menawarkan diskon atau potongan harga spesial di kondisi tertentu. Diskon adalah pengurangan harga dari harga asli suatu produk.  

Adanya diskon ditujukan untuk meningkatkan jumlah pembelian produk, menarik perhatian calon pelanggan, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan sebagainya. Sebagai penjual online, kamu tidak perlu terlalu sering menawarkan diskon ke pelanggan.

Kamu bisa menawarkan diskon saat ada event – event tertentu saja. Jika kamu menawarkan diskon terlalu sering dikhawatirkan akan mengurangi margin keuntungan bisnis kamu, mengurangi ekuitas brand (Brand equity), merusak harga pasaran, dan dampak negatif lainnya yang dapat merugikan biaya operasional perusahaan kamu.

Maka, penting untuk menawarkan diskon dengan bijak. Kamu perlu mengetahui waktu yang tepat untuk menawarkan diskon ke pelanggan. Lalu, kamu bisa fokus untuk meningkatkan citra brand kamu.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Website Dengan Mudah, Cocok Untuk Pemula

5. Respon dengan Tanggapan Pelanggan

Pemilik bisnis online jika mau produk nya laku maka perlu untuk merespon tanggapan pelanggan kamu dengan cepat. Selain cepat, kamu juga harus ramah dalam menanggapi keluhan pelanggan kamu. 

Ramah dan fast respon dalam menanggapi keluhan pelanggan akan membuat pelanggan kamu puas dengan pelayanan kamu. Merespon pelanggan dengan ramah adalah cara untuk produk kamu bisa cepat laris.

Keuntungan yang kamu dapat jika ramah dan fast respon terhadap tanggapan pelanggan membuat bisnis kamu diakui kredibilitasnya. Jika semuanya dilakukan dengan baik, maka komunikasi antara pembeli dan penjual efektif dan efisien.

6. Penyediaan Stok Secara Teratur

Cara jualan online agar tidak kehilangan pelanggan adalah menyediakan produk yang kamu jual secara teratur agar pembeli bisa repurchase produk kamu secara terus menerus. Jika persediaan stok produk tidak disiapkan dengan baik maka kamu berpeluang kehilangan pembeli dan menurunkan penjualan.

Agar penyediaan stok barang dapat diatur dengan baik, maka kamu perlu memantau persediaan barang secara teratur, menganalisis tren penjualan, menjalin hubungan yang baik dengan pemasok stok kamu secara teratur, atau kamu juga bisa memesan stok barang persediaan lebih awal.

Itulah beberapa cara jualan online yang bisa kamu coba agar jualan kamu cepat habis terjual. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kamu dalam berjualan online. Selamat Mencoba!

Cara Jualan Online Bersama Aidee Lab

Kalau kamu ingin dibantu penjualan produk kamu secara online, artikel ini merekomendasikan Aidee Lab sebagai jasa yang akan membantu kamu dalam jualan online. Aidee Lab adalah agensi pemasaran digital yang terletak di kota Medan.

Buat kamu para pebisnis di kota Medan, kamu bisa nih ajak Aidee Lab untuk berkolaborasi untuk mempromosikan bisnis mu secara digital. Mereka akan memberitahu cara jualan online agar produk kamu cepat laku.

Kamu bisa tanya dan diskusi kepada mereka mengenai pemasaran online yang baik karena mereka mengutamakan kepuasan dan kepercayaan pelanggan. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa cek disini.

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina