fbpx

Apa Itu Call To Action: Komponen Dalam Mengoptimalkan Konversi Website

Apa Itu Call To Action – Dalam waktu sehari google biasanya hampir memproses 4-5 juta pencarian dari berbagai belahan dunia. Hal itu yang membuka peluang yang sangat luas bagi para marketer online dengan menggunakan layanan google Ads atau optimasi SEO. 

Seleksi google semakin ketat untuk semua pengguna website dan pemasaran iklan dari google ads ataupun optimasi SEO.  Oleh sebab itu Anda jangan hanya mengandalkan konten iklan google tetapi tetap harus memaksimalkan optimasi SEO melalui CTA. Nah ingin tau apa itu CtA? 

Simak disini ya! 

Apa itu call to action (CTA)

Cta (call to action) adalah instruksi atau ajakan yang diberikan kepada pengunjung website atau audiens untuk melakukan tindakan tertentu. CTA biasanya ditampilkan dalam bentuk tombol, tautan, atau elemen visual yang menonjol dalam halaman website. 

CTA juga memiliki tujuan untuk mendorong pengunjung agar melakukan tindakan yang diinginkan, seperti membeli produk, mengisi formulir, mendaftar, mengunduh dan menghubungi. 

CTA biasanya dirancang dengan bahasa yang persuasif seperti “beli sekarang”, “daftar gratis”, “hubungan kami, “ pelajari lebih lanjut”, ”mulai  percobaan gratis”, dan sejenisnya. 

Pemilihan dan penempatan CTA yang tepat sangat penting dalam mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan. CTA yang menarik, jelas dan terlihat baik dapat meningkatkan konversi dan membantu mencapai tujuan bisnis. 

Contoh konten call to action

  1. “Beli sekarang” – CTA ini biasanya mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian produk atau layanan. 
  2. “Daftar gratis” – CTA ini biasanya mengajak pengunjung untuk mendaftar atau membuat akun secara gratis. 
  3. “Mulai percobaan gratis”- CTA ini biasanya mengundang pengunjung untuk mencoba produk atau layanan secara gratis dalam periode tertentu. 
  4. “Hubungi kami”- CTA ini biasanya mendorong pengunjung untuk menghubungi perusahaan melalui telepon. email , atau formulir kontak. 
  5. “Unduh sekarang” – CTA ini mengarahkan pengunjung untuk mengunduh konten, seperti ebook, panduan, atau aplikasi. 
  6. “Berlangganan newsletter: – CTA ini mengajak pengunjung untuk berlangganan newsletter untuk mendapatkan informasi terbaru dan promosi. 
  7. “Lihat demo” CTA ini mengundang pengunjung untuk melihat demonstrasi atau presentasi produk atau layanan. 
  8. “Dapatkan penawaran khusus” – CTA ini biasanya menarik pengunjung untuk mendaftar dan mendapatkan penawaran khusus atau diskon. 
  9. “Jadwalkan pertemuan” – CTA ini biasanya mengajak pengunjung untuk menjadwalkan pertemuan atau konsultasi dengan perusahaan. 
  10. “Bagikan dengan teman” – CTA ini mengundang pengunjung untuk membagikan konten atau produk kepada teman-teman mereka melalui media sosial atau email. 

CTA yang efektif adalah CTA yang jelas, persuasif, dan menonjol di halaman website, selain itu, warna, desain, dan posisi CTA juga berperan penting dalam menarik perhatian pengunjung dan mendorong audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan. 

Komponen dan Manfaat Call To Action 

Komponen CTA

  1. Tekstual yaitu kata-kata yang menarik perhatian dan memicu tindakan, seperti “Beli sekarang” atau “Daftar gratis”
  2. Desain yaitu elemen visual yang menonjol, seperti tombol dengan warna kontras, ikon yang menarik, atau animasi yang memikat. 
  3. Penempatan yaitu tempat yang strategis di halaman website, seperti diatas, diakhir artikel atau disamping gambar produk. 

Manfaat CTA 

1. Meningkatkan konversi 

CTA yang baik dapat mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti pembelian produk atau pendaftaran, sehingga meningkatkan tingkat konversi. 

2. Mengarahkan pengunjung 

CTA membantu mengarahkan perhatian pengunjung dan memberikan petunjuk yang jelas tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, sehingga memudahkan mereka dalam menavigasi dan berinteraksi dengan website. 

3. Mendorong tindakan spesifik 

DEngan menggunakan CTA yang tepat, Anda dapat mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan spesifik sesuai dengan tujuan bisnis Anda, seperti mengisi formulir kontak, mengunduh materi, atau berlangganan newsletter. 

4. Meningkatkan keterlibatan 

CTA yang menarik dan persuasif dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan website Anda. mereka menjadi lebih mungkin untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konten, produk, atau layanan yang Anda tawarkan. 

5. Memperkuat branding 

CTA dapat digunakan untuk memperkuat identitas merek Anda. Dengan menggunakan gaya bahasa dan desain yang konsisten, Anda dapat membangun citra merek yang kuat dan memberikan pengalaman yang konsisten kepada pengunjung. 

6. Mengukur kinerja 

CTA dapat membantu Anda dalam mengukur kinerja kampanye pemasaran atau promosi. Dengan melacak jumlah klik atau konversi yang dihasilkan dari CTA, Anda dapat memantau efektivitas strategi dan melakukan perbaikan jika diperlukan. 

7. Meningkatkan responsifitas 

Dengan menggunakan CTA yang responsif, baik pada desain responsif untuk perangkat mobile dengan pengujian A?B, Anda dapat memastikan bahwa CTA Anda mudah diakses dan berfungsi dengan baik di berbagai perangkat. 

Menggunakan CTA yang efektif tentu akan memaksimalkan hasil dari website Anda, serta mudah mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan agar tujuan bisnis tercapai. 

Mengelola website juga tidak mudah bagi orang yang belum terbiasa untuk itu Anda bisa mempercayai kami Jasa pengelola website Medan yang sudah terpercaya dan dibuktikan melalui portofolionya. 

Aidee lab

Budi Pembangunan II, Medan helvet.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.