fbpx

Apa Itu Konten Evergreen dan Mengapa Penting bagi SEO?

Apa Itu Konten Evergreen dan Mengapa Penting bagi SEO? – Apakah Anda pernah mendengar istilah “konten evergreen” dalam konteks SEO? Jika ya, Anda mungkin bertanya-tanya apa sebenarnya konten evergreen dan tipe konten seperti apa yang termasuk di dalamnya? Pada artikel ini, Aidee Lab akan membahas mengenai apa itu konten evergreen dan mengapa konten tersebut penting bagi SEO.

Apa itu Konten Evergreen?

Konten Evergreen adalah konten yang tidak mudah kedaluwarsa dan tetap menarik bagi pembaca dalam jangka waktu yang panjang. Pada kenyataannya, semua konten di internet itu tidak akan selalu diminati walaupun konten tersebut tidak akan hilang setelah Anda mempostingnya. 

Namun, konten evergreen berbeda. Konten evergreen umumnya berisi informasi yang dibutuhkan dan terus terhubung dari waktu ke waktu, jauh melewati tanggal publikasi dengan traffic atau lalu lintas pencarian yang tinggi.

Tipe Konten Evergreen

Di bawah ini adalah beberapa tipe konten evergreen yang umum dijumpai untuk menghasilkan konten yang tahan lama.

  • List
  • Tips
  • Konten Tutorial
  • Ulasan produk
  • Video

Perlu diingat bahwa konten evergreen tidak memiliki tanggal kedaluwarsa yang jelas dan selalu mempertahankan nilainya dalam jangka panjang. Jadi, artikel berita tentang pemilihan presiden, tren pemasaran tahun ini, pakaian dan mode yang sedang tren mungkin menjadi konten populer untuk saat ini, tetapi tidak akan menjadikannya sebagai konten evergreen.

Mengapa Penting bagi SEO?

Konten evergreen merupakan bagian penting dalam strategi content marketing yang baik untuk website. Tetapi, akan menjadi lebih kuat jika digabungkan dengan pengaplikasian SEO yang baik. 

Semakin konten Anda mudah dicari, maka akan menaikkan total klik, share, dan backlink oleh pembaca. Hal ini dapat mendatangkan traffic berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun yang akan datang. Meskipun tidak berfokus pada tren yang sedang populer, konten ini tetap menarik minat pembaca yang mencari informasi yang relevan.

Tips Menulis Konten Evergreen

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu konten evergreen dan tipe-tipenya, berikut adalah beberapa tips khusus untuk menulis konten evergreen:

1. Pilih Keyword yang Tepat

Konten evergreen dengan topik yang paling dinilai bermanfaat pun tidak akan berguna jika orang tidak menelusuri topik tersebut, maka lakukan riset kata kunci Anda. Dalam hal ini, long tail keyword memiliki peluang yang tinggi dan mungkin yang terbaik untuk digunakan dalam konten evergreen.

2. Optimalkan SEO

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan lupa untuk memaksimalkan penggunaan SEO terutama SEO On Page untuk pengoptimalan halaman website. Tambahkan teks alt ke gambar dan tempatkan keyword di judul serta URL. Anda juga harus menautkan artikel evergreen terkait lain untuk meningkatkan peringkat SEO.

3. Hindari Bahasa yang Terlalu Teknis

Karena sebagian besar konten Anda untuk pemula atau orang awam, bahasa yang rumit dan teknis dapat membuat mereka malas membaca karena sulit untuk memahaminya. Jadi, gunakanlah kata-kata yang lebih sederhana.

4. Persempit Topik

Jika Anda menulis tentang topik yang terlalu luas, maka hasilnya akan lebih panjang dan kemungkinan besar akan kehilangan minat awal pembaca. Menulis topik yang lebih luas juga menyulitkan penulis. Topik spesifik seperti “Cara Menyeduh Kopi Hitam Arabika” lebih menarik daripada “Panduan Menyeduh Kopi” yang lebih umum.

5. Gunakan Ulang Konten Terbaik Anda

Saat Anda berhasil membuat konten evergreen, cari cara untuk menggunakan kembali konten tersebut ke dalam format atau bentuk lain. Anda dapat meningkatkan traffic dengan menggunakan ulang konten yang relevan dengan topik konten yang baru.

Contoh Ide Konten Evergreen

Membuat konten evergreen menjadi tujuan berkelanjutan untuk bisnis Anda. Jadi, kemungkinan besar Anda akan menggunakan format konten evergreen sewaktu-waktu. Berikut beberapa ide yang dapat digunakan dan Anda dapat menyesuaikan topiknya sesuai kebutuhan.

  • Cara Membuat Amplop dari Origami – Tutorial yang jelas dan ringkas dengan foto dan video yang menarik akan menghasilkan konten evergreen yang baik.
  • 10 Cara Menghilangkan Jerawat – Dapatkah Anda membayangkan masa depan di mana orang tidak memiliki jerawat? Saya yakin tidak bisa.
  • Tips Parenting untuk Menenangkan Bayi yang Menangis – Kiat-kiat terbaik akan berguna selama bertahun-tahun dan orang tua baru dapat membagikan konten ini dengan rekan-rekan mereka yang membutuhkannya.

Mau mulai nulis konten evergreen tapi masih bingung caranya? Eits, tenang aja.. Yuk konsultasi dengan Aidee Lab untuk memenuhi kebutuhan campaign marketing Anda!

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst