fbpx

Tips Memilih Kombinasi Warna yang Bagus untuk Desain Kontenmu!

Tips Memilih Kombinasi Warna yang Bagus untuk Desain Kontenmu! – Kombinasi warna yang bagus dan enak dilihat merupakan salah satu poin penting dalam mendesain konten. Warna memiliki pengaruh yang kuat terhadap emosi dan persepsi kita. Hal ini dapat membangkitkan perasaan senang, gembira, sedih, atau ketenangan di dalam diri kita. 

Dalam ranah desain, pilihan kombinasi warna memainkan peran dalam menarik perhatian audiens dan menyampaikan pesan yang dimaksud secara efektif. Baik mendesain website ataupun membuat konten media sosial, memahami cara memilih kombinasi warna yang baik sangat penting untuk mendapatkan konten yang memikat secara visual.

Pentingnya Memilih Kombinasi Warna yang Bagus dalam Desain Konten

Kombinasi warna merupakan pondasi dari keseimbangan visual. Ketika warna digunakan dengan sesuai akan meningkatkan keindahan desain secara keseluruhan dan berkontribusi pada kemampuan dalam berkomunikasi dengan audiens. 

Dengan memilih kombinasi warna yang tepat, Anda dapat menciptakan pengalaman yang dapat memanjakan mata audiens dan memperkuat identitas merek. Untuk memilih kombinasi warna yang baik, penting untuk mempelajari tips memilih kombinasi warna. Warna yang berbeda memiliki kesan yang berbeda pula dan dapat membangkitkan emosi tertentu.

Misalnya, warna hangat seperti merah dan jingga cenderung energik dan menarik perhatian, sedangkan warna dingin seperti biru dan hijau sering kali membangkitkan rasa tenang dan tenteram. Dengan memahami kombinasi warna, Anda dapat memilih warna-warna yang cocok digunakan dalam desain konten Anda.

Tips Memilih Kombinasi Warna yang Bagus untuk Desain Kontenmu

Dalam memilih kombinasi warna yang bagus, penting untuk memperhatikan keseimbangan, kreativitas, dan tetap mempertahankan keindahan desain konten. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantumu:

1. Gunakan Aturan 60-30-10

60-30-10 color rule

Gunakan kombinasi warna dengan perbandingan 60-30-10. Aturan ini dimaksudkan untuk memberi keseimbangan pada kombinasi warna Anda. Rumus ini sering digunakan karena memungkinkan mata bergerak dengan nyaman dari satu titik fokus ke titik fokus berikutnya.

Untuk memulainya, pastikan palet warna Anda mencakup hal-hal berikut:

  • Warna utama: pilih satu warna sebagai warna dasar dan buat palet darinya.
  • Warna netral: termasuk warna-warna netral (abu-abu, krem, dll.) akan membantu Anda menjaga keseimbangan dalam palet Anda.
  • Warna aksen: menambahkan warna aksen sangat bagus, terutama untuk palet warna sederhana atau netral. Ini akan menonjol dan menambahkan sentuhan berbeda dalam desain Anda.

Aturan ini sangat mudah digunakan: 60% adalah warna dominan Anda, 30% adalah warna sekunder Anda, dan 10% untuk warna aksen. Bahkan jika palet Anda memiliki lebih dari tiga warna, aturan ini menjaga keseimbangan sehingga desain konten lebih nyaman dilihat oleh audiens Anda.

2. Memahami Color Wheel

color wheel

Titik awal dari teori warna adalah roda warna atau yang lebih dikenal dengan color wheel. Color wheel membantu untuk memahami kombinasi warna dan gradasi warna. Color wheel umumnya dibentuk oleh 12 warna dasar.

Ke-12 warna dasar tersebut dibagi menjadi tiga kategori:

  • Warna primer (merah, biru, dan kuning): ini adalah “warna yang paling dasar” dan tidak dapat dibentuk dengan menggabungkan beberapa warna.
  • Warna sekunder (oranye, hijau, dan ungu): dibuat dengan menggabungkan dua warna primer.
  • Warna tersier: muncul dengan menggabungkan warna primer dan sekunder yang berdekatan. Misalnya, biru-hijau.

Anda bisa mendapatkan banyak variasi warna dengan memadukan 12 warna tersebut. Dengan bereksperimen menggunakan color wheel, Anda dapat menemukan kombinasi yang menarik secara visual yang membangkitkan emosi yang diinginkan.

3. Gunakan Generator Palet Warna

coolors.co

Tips yang satu ini sangat berguna untuk pemula. Jika Anda baru memulai dan tidak tahu cara memilih palet atau kombinasi warna yang bagus, jangan khawatir! Ada banyak generator palet warna di internet yang akan membantu Anda.

Website seperti Coolors.co, Adobe Color, dan Color Hunt menawarkan generator palet warna yang Anda butuhkan. Generator palet warna ini menghasilkan kombinasi warna yang sering digunakan berdasarkan preferensi pengguna dan memungkinkan Anda menggunakan berbagai pilihan dan menyimpan palet untuk referensi di masa mendatang.

4. Pikirkan Konsep, Tema, dan Gaya

konsep tema gaya desain

Beberapa warna secara khusus sering dikaitkan dengan beberapa topik. Misalnya, White Day sudah jelas identik dengan warna putih atau jika Anda melihat warna ungu terang akan teringat dengan brand coklat Cadbury. Jika sudah memiliki konsep desain yang jelas, maka bisa langsung menentukan warna utama untuk desain Anda.

Namun, jika tidak ada warna tertentu yang diasosiasikan dengan konsep desain Anda, maka Anda harus memikirkan tentang pesan apa yang ingin disampaikan melalui desain dan warna mana yang paling cocok untuk itu. Penentuan gaya desain juga penting karena akan menentukan palet warna Anda, jadi jangan dilupakan.

Memilih kombinasi warna yang bagus untuk desain konten bukanlah proses yang asal-asalan dan mudah. Itu membutuhkan latihan dan pengetahuan mengenai warna. Aidee Lab menyediakan jasa desain konten Instagram mulai dari riset konten yang sesuai dengan bisnismu dan desain menarik yang dibuat tanpa template, loh! Yuk konsultasi sekarang juga!

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst