fbpx

Apa itu Konten Marketing?

Apa itu Konten Marketing? – Dalam digital marketing istilah konten marketing atau strategi pemasaran melalui konten memiliki peranan sangat penting.

Oleh karena itu, kita harus menerapkan content marketing yang sesuai dengan jenis usaha atau promosi yang ditawarkan.

Pelaku bisnis dan pengusaha saat ini banyak menerapkan pemasaran konten atau konten marketing, salah satu bidang dari digital marketing.

Hal ini akan meningkatkan prospek dari proses pemasaran pada sebuah usaha dan bisnis. 

Akan tetapi, sebenarnya apa sih konten marketing itu? Apa tujuannya? dan apa saja konsep dalam konten marketing? 

Nah, artikel ini akan membahas semua itu secara tuntas. Yuk, liat!

Baca Juga : Ketahui 2 Rekomendasi Jasa Iklan Ads Agar Bisnismu Tahan Lama

Apa itu konten marketing dan contohnya?

Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.  

Sedangkan, konten marketing adalah metode atau strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang bermanfaat dan relevan untuk menarik, mempertahankan, dan mengubah audiens menjadi pelanggan atau penggemar.

Dari pengertian sebelumnya, konten marketing haruslah memenuhi tiga syarat utama, yaitu penting, relevan, dan konsisten.

Oleh karena itu Anda tidak boleh asal dalam membuat konten untuk kepentingan bisnis.

Misalnya, jika Anda mempunyai bisnis kuliner, Anda harus memproduksi dan menyebarkan konten yang relevan dengan bisnis tersebut.

Selain relevan Anda juga perlu mempertimbangankan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target pasar serta konsisten.

Tidak hanya itu, konten yang Anda buat bukan hanya untuk memberikan informasi atau hiburan, tapi juga harus mampu mengonversi target konsumen menjadi pelanggan. 

Tujuannya adalah agar konten yang Anda buat mampu mendorong konsumen untuk melakukan aksi yang diharapkan.

Setelah melihat konten yang disediakan, konsumen dapat mulai melakukan transaksi atau berlangganan pada situs Anda.

Baca Juga : Mau Top Rank? Coba Dulu Rekomendasi Jasa SEO Website ini !

Berikut beberapa contoh konten marketing

1.Artikel blog 

Bentuk konten yang menggunakan tulisan untuk menyajikan informasi, cerita, atau pendapat terkait dengan topik tertentu.

Tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan audiens, meningkatkan lalu lintas situs web, membangun kredibilitas atau mempromosikan produk atau layanan. 

Contohnya sebuah blog tentang cara merawat rumah Anda dengan menggunakan produk yang berkualitas agar rumah tahan lama ataupun rekomendasi gaya bangun rumah. 

2. Infografis

Sebuah gambar atau diagram menyajikan informasi dengan cara visual dan mudah dipahami.

Tujuan konten ini adalah untuk menyampaikan informasi kompleks atau data yang rumit dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dicerna.

Kita dapat membagikan elemen dalam infografis seperti gambar, grafik, teks, dan warna melalui berbagai platform online.

Sebagai contoh, kita dapat membuat infografis tentang cara menjaga dan merawat kesehatan gigi yang disajikan dalam bentuk gambar dan teks.

3. Video 

Bentuk konten yang menggunakan format visual untuk menyampaikan informasi, cerita, atau pesan pemasaran.

Kita dapat menggunakan video untuk berbagai tujuan seperti memperkenalkan produk atau layanan, memberikan tutorial, menghibur audiens, atau membangun keterlibatan.

Kita dapat membagikan video marketing melalui berbagai platform online seperti situs web, media sosial, atau kanal YouTube.

Contohnya, kita menggunakan iklan video untuk memperkenalkan produk, video tutorial untuk memberikan instruksi, video testimoni untuk membangun kepercayaan, serta video konten untuk memperkenalkan produk atau memberikan hiburan.

4. Konten media sosial 

Kita membuat dan membagikan bentuk konten pada platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dsb.

Konten media sosial dapat berupa teks, gambar, video atau kombinasi dari semuanya, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan, membangun kesadaran merek, atau mempromosikan produk atau layanan. 

Contohnya gambar atau foto produk yang menampilkan produk dengan baik dapat membantu meningkatkan minat audiens, konten inspiratif atau motivasi , konten live, dan konten interaktif seperti kuis, polling atau giveaway. 

5. Podcast 

Bentuk konten audio digital yang dibuat dan dibagikan secara online.

Kita dapat mengunduh atau memutar langsung podcast audio berupa episode dari internet, dan membagikannya melalui platform podcast seperti Spotify, Apple Podcast, atau Google Podcast.

Kita dapat membuat podcast berupa wawancara, diskusi, atau ceramah tentang topik tertentu yang sering kali dirancang untuk didengarkan di perangkat mobile atau saat berjalan.

Contohnya Podcast merek, podcast wawancara, podcast edukatif. podcast hiburan dan podcast sponsor. 

Baca Juga : Mau Iklan Click Worthy? Cobain 3 Rekomendasi Jasa FB Ads Ini !

Tujuan dari konten marketing 

Tujuan utama dari konten marketing yaitu mempromosikan produk atau layanan melalui konten yang dibuat.

Fungsinya untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens, membangun kesadaran merek, dan membangun keterlibatan serta hubungan jangka panjang dengan pelanggan, agar meningkatkan penjualan dan keuntungan. 

beberapa tujuan khusus yang dapat dicapai dengan konten marketing antara lain: 

  1. Meningkat Brand Awareness,
  2. Parameter optimasi SEO
  3. Kebutuhan investasi jangka panjang 
  4. Meningkatkan konversi pelanggan 
  5. Mendapatkan kepercayaan pelanggan 
  6. Meningkatkan trafik 
  7. Mengendalikan Biaya pemasaran  

Baca Juga : Mau Buat Iklan? Lakukan 7 Cara Ini Sebelum Memilih Jasa Iklan !

Apa saja 3 konsep konten marketing 

1.Membuat konten yang relevan dan bermanfaat 

Konten marketing yang efektif harus memberikan nilai tambah bagi audiensnya.

Kita harus membuat konten dengan memperhatikan kebutuhan dan kepentingan audiens yang ingin kita capai.

Misalnya, sebuah blog tentang tips dan trik melakukan perawatan kulit yang bermanfaat bagi orang yang ingin memiliki kulit yang sehat dan bersinar.

2. Menargetkan audiens yang tepat 

Konten marketing harus ditargetkan kepada audiens yang relevan dengan bisnis atau produk yang ditawarkan.

Hal ini memungkin bisnis untuk menjangkau orang yang lebih mungkin tertarik pada produk atau layanan mereka. 

Misalnya, kami menargetkan video iklan tentang produk perawatan wajah kepada orang-orang yang aktif di media sosial karena mereka lebih mungkin tertarik pada produk kecantikan.

3. Memilih bentuk konten yang tepat 

Kita dapat memilih berbagai bentuk konten marketing seperti artikel blog, video, infografis, dan podcast.

Kita harus memilih konten berdasarkan karakteristik audiens dan pesan yang ingin kita sampaikan.

Misalnya, video  iklan mungkin lebih cocok untuk menjangkau audiens yang lebih visual dan suka bergerak, sedangkan artikel blog lebih cocok untuk audiens yang ingin membaca informasi secara mendalam.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Jasa SEO Garansi Page One, Buruan Coba! 

Seperti yang Anda ketahui, saat ini digital marketing merupakan salah satu cara ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda.

Dari sekian banyak strategi, content marketing adalah yang paling utama dan sangat mendasar, alasannya karena setiap materi pemasaran pasti membutuhkan konten.

Setelah mengetahui apa itu content marketing beserta tujuan dan contohnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk Anda mulai memaksimalkan konten Anda agar bisnis Anda makin maju. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.