fbpx

Apa itu Konten Marketing?

Apa itu Konten Marketing? – Dalam digital marketing istilah konten marketing atau strategi pemasaran melalui konten memiliki peranan sangat penting, oleh karena itu penerapan content marketing tentunya harus sesuai dengan jenis usaha atau promosi yang ditawarkan. 

Pemasaran konten atau konten marketing adalah salah satu bidang dari digital marketing yang saat ini banyak diterapkan oleh pelaku bisnis dan pengusaha. Hal ini akan meningkatkan prospek dari proses pemasaran pada sebuah usaha dan bisnis. 

Akan tetapi, sebenarnya apa sih konten marketing itu? Apa tujuannya? dan apa saja konsep dalam konten marketing?  Nah, pada artikel ini semua itu akan dibahas dengan tuntas. Yuk, liat!

Apa itu konten marketing dan contohnya?

Pada dasarnya, konten adalah segala sesuatu yang bisa menyampaikan informasi atau pesan kepada orang-orang yang melihatnya.  

Sedangkan, konten marketing adalah metode atau strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan penyebaran konten yang bermanfaat dan relevan untuk menarik, mempertahankan, dan mengubah audiens menjadi pelanggan atau penggemar.

Dari pengertian sebelumnya, konten marketing haruslah memenuhi tiga syarat utama, yaitu penting, relevan, dan konsisten, oleh karena itu Anda tidak boleh asal dalam membuat konten untuk kepentingan bisnis. Misalnya jika Anda mempunyai bisnis kuliner, konten yang diproduksi dan disebarkan adalah konten yang relevan dengan bisnis tersebut.  

Selain relevan Anda juga perlu mempertimbangankan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target pasar serta konsisten serta tidak hanya itu konten yang Anda buat bukan hanya untuk memberikan informasi atau hiburan, tapi juga harus mampu mengonversi target konsumen menjadi pelanggan. 

Tujuannya agar konten yang Anda buat mampu mendorong konsumen untuk melakukan aksi yang diharapkan setelah melihat konten yang disediakan, baik mulai dari melakukan transaksi atau berlanggan pada situs Anda.

Berikut beberapa contoh konten marketing:

1.Artikel blog 

Bentuk konten yang menggunakan tulisan untuk menyajikan informasi, cerita, atau pendapat terkait dengan topik tertentu. Tujuannya untuk meningkatkan keterlibatan audiens, meningkatkan lalu lintas situs web, membangun kredibilitas atau mempromosikan produk atau layanan. 

Contohnya sebuah blog tentang cara merawat rumah Anda dengan menggunakan produk yang berkualitas agar rumah tahan lama ataupun rekomendasi gaya bangun rumah. 

2. Infografis

Sebuah gambar atau diagram yang menyajikan informasi dengan cara visual dan mudah dipahami. Konten ini bertujuan untuk menyampaikan informasi kompleks atau data yang rumit dalam bentuk yang lebih menarik dan mudah dicerna. Elemen dalam infografis seperti gambar, grafik, teks, dan warna serta dapat dibagikan melalui berbagai platform online.

Contohnya sebuah infografis tentang cara menjaga dan merawat kesehatan gigi yang disajikan dalam bentuk gambar dan teks. 

3. Video 

Bentuk konten yang menggunakan format visual untuk menyampaikan informasi, cerita, atau pesan pemasaran. video dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti memperkenalkan produk atau layanan, memberikan tutorial, menghibur audiens, atau membangun keterlibatan. 

Video marketing dapat dibagikan melalui berbagai platform online seperti situs web, media sosial atau kanal youtube. 

Contohnya iklan video yang digunakan untuk memperkenalkan produk, video tutorial yang berisi instruksi, vidio testimoni yang dapat membangun kepercayan serta video konten yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau memberikan hiburan. 

4. Konten media sosial 

bentuk konten yang dibuat dan di bagikan pada platform  media sosial seperti facebook, instagram, twitter,dsb. konten media sosial dapat berupa teks, gambar, video atau kombinasi dari semuanya, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan, membangun kesadaran merek, atau mempromosikan produk atau layanan. 

Contohnya gambar atau foto produk yang menampilkan produk dengan baik dapat membantu meningkatkan minat audiens, konten inspiratif atau motivasi , konten live, dan konten interaktif seperti kuis, polling atau giveaway. 

5. Podcast 

Bentuk konten audio digital yang dibuat dan dibagikan secara online. podcast audio berupa episode yang dapat diunduh atau diputar secara langsung dari internet, dan dapat dibagikan melalui platform podcast seperti spotify, Apple podcast atau google podcast. 

Podcast dapat berupa wawancara, diskusi atau ceramah tentang topik tertentu dan sering kali dirancang untuk didengarkan di perangkat mobile atau jalan. Contohnya Podcast merek, podcast wawancara, podcast edukatif. podcast hiburan dan podcast sponsor. 

Tujuan dari konten marketing 

Tujuan utama dari konten marketing yaitu mempromosikan produk atau layanan melalui konten yang dibuat fungsinya untuk menarik dan mempertahankan perhatian audiens, membangun kesadaran merek, dan membangun keterlibatan serta hubungan jangka panjang dengan pelanggan, agar meningkatkan penjualan dan keuntungan. 

beberapa tujuan khusus yang dapat dicapai dengan konten marketing antara lain: 

  1. Meningkat Brand Awareness,
  2. Parameter optimasi SEO
  3. Kebutuhan investasi jangka panjang 
  4. Meningkatkan konversi pelanggan 
  5. Mendapatkan kepercayaan pelanggan 
  6. Meningkatkan trafik 
  7. Mengendalikan Biaya pemasaran  

Apa saja 3 konsep konten marketing 

1.Membuat konten yang relevan dan bermanfaat 

Konten marketing yang efektif harus memberikan nilai tambah bagi audiensnya. Konten harus dibuat dengan memperhatikan kebutuhan dan kepentingan audiens yang ingin dicapai. 

Misalnya, sebuah blog tentang tips dan trik melakukan perawatan kulit yang bermanfaat bagi orang yang ingin memiliki kulit yang sehat dan bersinar.

2. Menargetkan audiens yang tepat 

Konten marketing harus ditargetkan kepada audiens yang relevan dengan bisnis atau produk yang ditawarkan. Hal ini memungkin bisnis untuk menjangkau orang yang lebih mungkin tertarik pada produk atau layanan mereka. 

Misalnya, sebuah video iklan tentang produk perawatan wajah yang ditargetkan kepada orang-orang yang aktif di media sosial, karena mereka lebih mungkin tertarik pada produk kecantikan. 

3. Memilih bentuk konten yang tepat 

Ada berbagai bentuk konten marketing yang dapat dipilih seperti artikel blog, video, infografis dan podcast,. Kontem harus dipilih berdasarkan karakteristik audiens dan pesan yang ingin disampaikan.

Misalnya, video  iklan mungkin lebih cocok untuk menjangkau audiens yang lebih visual dan suka bergerak, sedangkan artikel blog lebih cocok untuk audiens yang ingin membaca informasi secara mendalam. 

Seperti yang Anda ketahui, saat ini digital marketing merupakan salah satu cara ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda. Dari sekian banyak strategi, content marketing adalah yang paling utama dan sangat mendasar, alasannya karena setiap materi pemasaran pasti membutuhkan konten.

Setelah mengetahui apa itu content marketing beserta tujuan dan contohnya, sekarang adalah saat yang tepat untuk Anda mulai memaksimalkan konten Anda agar bisnis Anda makin maju. 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.