fbpx

Cara Kerja Digital Marketing

Cara Kerja Digital Marketing – Staff digital marketing atau bisa disebut juga dengan digital marketer merupakan profesi yang bergelut bidang pemasaran yang  menggunakan platform digital. Digital marketer bertanggung jawab penuh atas branding produk yang dihasilkan perusahaan. 

Untuk menjadi seorang digital marketer diperlukan untuk menguasai teknik tertentu khususnya terkait dengan search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, email marketing, video marketing, social media ads, dan penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran. 

Tujuan utama dari digital marketing yaitu dapat mempengaruhi serta menarik para konsumen dan calon konsumen dengan cara lebih cepat dengan memanfaatkan adaptasi teknologi berbasis internet, sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan rintisan ataupun yang established. 

Bagaimana cara kerja digital marketing?

Digital marketing adalah serangkaian pemasaran yang dilakukan melalui media digital untuk mempromosikan produk, layanan, merek, atau bisnis. Berikut ini adalah cara kerja digital marketing secara umum:

1. Identifikasi target audience 

Langkah pertama dalam digital marketing adalah mengidentifikasi target audience yang tepat untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini dilakukan dengan menganalisis data demografi, psikografis, dan perilaku konsumen. 

2. Pilih platform

Setelah audiens ditentukan, langkah berikutnya adalah memilih platform digital yang tepat untuk mempromosikan produk atau layanan. Hal ini bisa berupa media sosial, mesin pencari, email atau situs web. 

3. Membuat strategi 

Setelah platform yang tepat dipilih, strategi digital marketing  harus dibuat. Hal ini bisa mencakup memutuskan jenis konten, frekuensi, waktu dan anggaran pemasaran. 

4. Membuat konten 

Setelah menentukan strategi, konten pemasaran harus dibuat. Hal ini bisa berupa teks, gambar, video, atau audio, tergantung pada platform yang digunakan. 

5. Mempromosikan konten 

Setelah membuat konten, tentunya konten harus dipromosikan melalui platform yang tepat dan diarahkan pada audiens yang tepat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknik seperti Iklan berbayar, optimasi mesin pencari, email marketing, dan penggunaan media sosial. 

6. Melakukan Analisis Hasil 

Setelah kampanye pemasaran berjalan, tentunya hasil harus dianalisis  untuk mengetahui efektivitas dari strategi digital marketing yang telah dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat data pengunjung, interaksi, konversi dan penjualan. 

Nah, itulah cara kerja digital marketing secara umum. Penting untuk diingat bahwa digital marketing terus berkembang dan berubah seiring waktu, sehingga perlu dilakukan evaluasi dan penyesuaian secara teratur untuk memastikan keefektifan kampanye pemasaran. 

Langkah awal menjadi digital marketing

Berikut beberapa langkah awal yang dapat diambil untuk memulai karir sebagai digital marketing, antara lain:

1.Pelajari dasar – dasar digital marketing 

Sebelum memulai karir dalam digital marketing, penting untuk memahami dasar-dasar pemasaran digital. Ini meliputi pengetahuan tentang platform digital seperti mesin pencari, media sosial, email marketing, dan pengukuran kinerja digital. 

2. Ikuti pelatihan atau sertifikasi digital marketing

Terdapat banyak kursus online dan pelatihan yang tersedia untuk belajar tentang digital marketing. Beberapa diantaranya bahkan menawarkan sertifikasi yang dapat meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan diri Anda dalam mengejar karir digital marketing. 

3. Praktikan keterampilan Anda 

Setelah mempelajari dasar-dasar digital marketing, praktikkan keterampilan Anda dengan membuat kampanye pemasaran digital Anda sendiri. Hal ini berupa blog, media sosial atau kampanye email yang dapat membantu membangun portofolio dan menunjukkan kemampuan Anda. 

4. Mencari pengalaman kerja 

Memulai karir digital marketing dapat melibatkan bekerja dengan perusahaan kecil atau magang di perusahaan yang lebih besar. Hal ini berupa memberikan pengalaman kerja yang berguna dan membantu Anda dalam membangun jaringan di Industri. 

5. Terus belajar dan tingkatkan keterampilan Anda

Industri digital marketing terus berkembangan dan berubah seiring waktu, jadi penting sekali untuk tetap belajar dan memperbarui keterampilan Anda secara teratur. Ikuti perkembangan terbaru dan ikuti pelatihan atau kursus untuk meningkatkan keterampilan Anda. 

Nah, itu tadi beberapa langkah awal yang perlu diperhatikan untuk memulai karir sebagai digital marketing. Penting untuk diingat bahwa kesuksesan dalam industri memerlukan waktu, kerja keras, dan komitmen untuk terus belajar berkembang. 

Berapa gaji digital marketing ?

Gaji digital Marketing dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti lokasi, pengalaman, keterampilan dan ukuran perusahaan. Berikut adalah perkiraan gaji untuk beberapa posisi dalam digital marketing di Amerika Serikat berdasarkan data dari Glassdoor dan Payscale:

  1. Digital Marketing Specialist dengan rata-rata gaji tahunan sekitar $50.000-$60.000
  2. SEO specialist rata-rata gaji tahunan sekitar $45.000-$65.000
  3. Social Media Specialist dengan rata-rata gaji tahunan sekitar $40.000-$55.000
  4. Content Marketing Manager dengan rata-rata gaji tahunan sekitar $70.000-$90.000
  5. Digital Marketing Manager dengan rata-rata gaji tahunan sekitar $80.000-$110.000

Namun, perlu diingat bahwa gaji berbeda disetiap negara dan kota, dan faktor-faktor seperti latar belakang pendidikan, sertifikasi dan keterampilan tambahan juga dapat mempengaruhi gaji digital marketing. 

Nah, gimana? apakah pengetahuan Anda bertambah mengenai digital marketing

Apakah kamu tertarik untuk merajut karir sebagai digital marketing

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.