fbpx

Bagaimana Cara Menjadi Copywriter?

Bagaimana cara menjadi copywriter?- Sebelumnya pernahkan Anda membaca konten di berbagai media online seperti website, artikel atau bahkan caption yang ada disalah satu postingan? jika pernah, berarti Anda sudah terpengaruh oleh copywriter. Nah, jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang copywriter, yuk simak selengkapnya!

Copywriter adalah orang yang ditugaskan dan bertanggung jawab atas teks pada brosur, papan iklan, situs web, email, iklan di majalah, koran, televisi, radio, katalog, dan jenis media lainnya. Dalam prakteknya, seorang copywriter juga dapat ditugaskan untuk membuat/mengedit siaran pers, pamflet informasi atau promosi, dan materi promosi lainnya, sedangkan

Copywriting adalah proses penulisan materi promosi iklan. Ada juga yang menyebut bahwa copywriting sebagai seni dan ilmu penulisan untuk mempromosikan produk, bisnis, orang atau ide. Kegiatan copywriting meliputi editing kata-kata sedemikian rupa sehingga dapat meyakinkan pembaca untuk mengambil tindakan spesifik dan terukur.

Seorang copywriter dituntut untuk memahami media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Penulisan konten iklan di berbagai media online memiliki karakteristik yang berbeda-beda, contohnya jika menulis konten iklan di Twitter akan berbeda dengan menulis konten di Instagram. 

Copywriter bukan hanya pekerjaan sepele tentang menulis saja, dibalik itu semua harus ada skill yang mumpuni untuk bisa membuat tulisan yang mampu menghipnotis pembaca. 

Menjadi seorang copywriter tidak membutuhkan pendidikan formal tertentu, meski biasanya seorang copywriter berasal dari jurusan ilmu komunikasi, advertising, marketing communication dan sastra Indonesia.  

Pekerjaan sebagai copywriter biasanya banyak dibutuhkan di perusahaan, pasalnya bukan hanya perusahaan yang bergerak di Industri kreatif saja yang membutuhkan jasa copywriter tetapi perusahaan yang menawarkan produk secara online juga membutuhkan jasa copywriter. 

Apa saja tugas seorang Copywriter?

  • Melakukan brainstorming, membuat konsep marketing dan periklanan serta membangun traffic website untuk  sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. 
  • Melakukan riset produk, layanan, konsumen, serta kompetitor dari produk perusahaan. 
  • Mempresentasikan serta mengembangkan konsep campaign yang sudah direncanakan 
  • Menganalisis hasil campaign sebagai bahan evaluasi sesuai dengan panduan copywriting.
  • Melakukan editing dan revisi copy hingga draf sesuai dengan identitas brand dan produk perusahaan. 

Bagaimana cara menjadi copywriter?

Seorang copywriter harus memiliki keterampilan dan pengetahuan secara mendasar, diantaranya: 

  • Memiliki kemampuan menulis, merangkai kata-kata agar menjadi sebuah tulisan tetapi tetap harus menguasai tata bahasa, kosa kata, ejaan ataupun tanda baca. 
  • Mampu membuat headline yang menarik, dikarenakan biasanya masyarakat umum hanya dari melihat judulnya saja akan mempengaruhi mereka akan membaca keseluruhan artikel atau hanya melihat secara sekilas saja. 
  • Mengetahui target audiens, seorang copywriter harus dapat membuat konten yang sesuai dengan tipe produk dan target pasar dari produk yang ditawarkan. 
  • Mampu membuat konten yang menarik agar mendapatkan respon baik oleh pasar, oleh sebab itu copywriting harus benar-benar pandai membungkus sebuah karya agar menjadi nilai manfaat sesuai yang diharapkan konsumen. 

Apa Saja Jenis Copywriter?

1. Social Media Copywriter

Jenis ini berfokus pada pembuatan konten yang menghibur, berharga dan melibatkan publik agar mereka dapat mengingat merek perusahaan. Pekerjaan ini berfokus untuk menyesuaikan konten dengan platform seperti Instagram, Twitter, Facebook,dsb.

2. Marketing Copywriter

Jenis ini berfokus dalam mempromosikan produk/jasa dengan tujuan untuk menyakinkan calon konsumen agar membelinya. Contohnya iklan radio/podcast, billoard, poster, dsb.

3. SEO Copywriter

Jenis ini berfokus untuk mengoptimalkan copy dengan kata kunci dan frasa agar mesin pencari Search engines dapat mencatumkan sebagai hasil teratas, dengan tujuan meningkatkan peringkat kunjungan situs web perusahaan. Contohnya postingan blog/artikel, halaman web, deskripsi produk, informasi pemasanan,dsb.

4.  UX Copywriter

Jenis ini berfokus dalam menyusun kata-kata yang jelas untuk memudahkan konsumen saat berinteraksi dengan produk atau lingkungan ketika ingin mengambil keputusan dan biasanya ini berkolaborasi dengan desainer untuk membuat pengalaman web lebih lancar. Contoh mendesain frasa untuk judul, chatbots, dan notifikasi.

Kira-kira, berapa gaji seorang copywriter? biasanya gaji yang ditawarkan tergantung pada skala perusahaan di daerah tempat kamu bekerja serta pengalaman kamu bekerja,  menyesuaikan UMR dan UMK di daerah tersebut, sekitar Rp.3.800.000 – Rp.6.600.000 perbulan. 

Nah, Jadi apakah Anda tertarik dengan pekerjaan copywriter?

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.