![]()

Apa Itu Retargeting Iklan dan Kenapa Penting untuk Bisnis Jasa
Apa Itu Retargeting Iklan – Teknologi yang semakin berkembang mempermudah banyak orang untuk melakukan hal apapun yang mereka inginkan.
Termasuk para pebisnis yang ingin mengiklankan bisnis mereka melalui media digital seperti sosmed maupun website.
Namun menggunakan media digital sebagai tempat beriklan cukup tricky kalau tidak dilakukan dengan teliti dan detail.
Jika salah sedikit saja saat menjalankan iklan, yang ada calon pelanggan jadi ragu atau tidak berminat. Akhirnya mereka beralih menggunakan brand kompetitor lain.
Untuk mengatasi masalah tersebut, pebisnis perlu melakukan evaluasi, mencari tahu akar permasalahannya.
Kalau masalahnya calon pelanggan belum membeli produk tertentu namun sudah menunjukkan minat, maka solusinya yaitu melakukan retargeting iklan!
Sebagai orang awam atau pebisnis pemula, pastinya kamu bingung apa itu retargeting iklan?
Biar tidak bingung lagi mengenai retargeting iklan, kamu bisa simak pembahasan artikel Aidee Lab kali ini, ya.
Artikel kali ini akan bahas lebih detail mengenai apa itu retargeting iklan. Jadi kamu harus simak sampai habis kalau mau iklan mu menghasilkan banyak konversi.
Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Budget Iklan Facebook Agar Tidak Boncos!
Mengenal Apa Itu Retargeting Iklan?
Bagi kamu yang ingin mendapatkan jumlah konversi lebih banyak, retargeting iklan bisa jadi solusinya!
Namun masih banyak pebisnis yang belum tahu apa itu retargeting iklan? Padahal strategi tersebut cukup efektif buat ningkatin jumlah konversi.
Jadi, retargeting iklan merupakan salah satu strategi digital marketing yang menargetkan kembali audiens yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan bisnis mu. Mau itu dari website atau sosial media.
Misalnya, beberapa audiens pernah mengunjungi akun sosmed bisnis mu dan melihat katalog produk.
Mereka juga sudah bertanya – tanya mengenai produk tersebut, namun mereka tidak melanjutkan pembelian karena hal lain.
Untuk membuat mereka melakukan pembelian, kamu bisa lakukan retargeting iklan dengan menargetkan audiens kembali melalui konten iklan yang sama.
Sebenarnya, tujuan utama dari retargeting iklan ini yaitu untuk mengingatkan calon pelanggan tentang brand mu.
Sekaligus mendorong mereka untuk melanjutkan tindakan yang tertunda seperti melakukan pembelian.
Ada beberapa jenis retargeting iklan yang perlu kamu tahu agar lebih tepat sasaran. Simak beberapa jenisnya di pembahasan berikut
Baca Juga: Jasa Iklan di Facebook: Promosi Tepat Sasaran & Efektif
Jenis – Jenis Retargeting Iklan
Retargeting iklan ada beberapa jenis yang bisa kamu pilih dengan menyesuaikan tujuan bisnis serta perilaku audiens. Berikut penjelasan mengenai jenisnya:
Site Retargeting
Jenis retargeting iklan ini paling umum digunakan. Biasanya advertiser menggunakan retargeting ini untuk menargetkan audiens yang pernah mengunjungi website atau akun sosmed bisnis mu, namun belum melakukan tindakan pembelian.
Nantinya tim advertiser akan menargetkan ulang dengan iklan yang relevan.
Kelebihan dari jenis retargeting ini yaitu lebih spesifik karena audiensnya memiliki minat pada produk tersebut.
Dynamic Retargeting
Jenis retargeting iklan ini versi lebih canggih dari site retargeting. Biasanya iklan dari dynamic retargeting muncul secara otomatis dengan menyesuaikan brand yang pernah dilihat audiens.
Kelebihan dari dynamic retargeting yaitu lebih personal dan relevan, sehingga peluang konversinya lebih tinggi.
Search Retargeting
Search retargeting mengandalkan kata kunci yang biasanya dicari oleh audiens melalui mesin pencari.
Jadi, walaupun audiens belum pernah mengunjungi website mu, kamu bisa menayangkan iklan sesuai pencarian mereka.
Kelebihan dari jenis retargeting iklan ini yaitu kamu bisa jangkau audiens baru yang sudah punya niat kuat berdasarkan pencarian.
Itulah penjelasan detail mengenai apa itu retargeting iklan serta jenisnya. Selain perlu mengetahui penjelasannya, kamu juga perlu tahu bagaimana cara melakukan retargeting iklan!
Simak pembahasan berikut untuk cari tahu bagaimana cara melakukan retargeting iklan yang benar agar menghasilkan lebih banyak konversi.
Baca Juga: Buat Konten Iklan dengan Jasa Pembuatan Konten Instagram
Cara Melakukan Retargeting Iklan yang Benar
Melakukan retargeting iklan tidak boleh dilakukan asal – asalan. Kamu perlu tahu caranya agar hasilnya tidak sia – sia dan jumlah konversi meningkat.
Simak cara melakukan retargeting iklan yang benar berikut ini!
Memasang Pixel Tracking di Website

Sebelum melakukan retargeting iklan, kamu perlu memasang pixel atau kode tracking di website mu.
Pixel tersebut digunakan untuk merekam aktivitas pengunjung website. Seperti halaman apa saja yang dilihat, produk yang diklik, dan sudah sampai tahap mana mereka melakukan tindakannya.
Adapun contoh penggunaannya seperti:
- Facebook Pixel biasanya digunakan untuk iklan Meta
- Google Ads Tag biasanya digunakan untuk retargeting di Display Network atau YouTube
Data dari pixel bisa kamu gunakan untuk menargetkan ulang audiens berdasarkan perilaku.
Contohnya, menayangkan iklan khusus untuk audiens yang sudah menambahkan produk ke keranjang namun belum checkout.
Melakukan Segmentasi Audiens

Tidak semua audiens yang berinteraksi dengan bisnis mu memiliki minat yang sama. Maka dari itu perlu sekali melakukan segmentasi.
Berikut beberapa contoh segmentasi dalam retargeting iklan:
- Pengunjung Website, orang yang telah melihat halaman produk
- Cart Abandoners, orang yang sudah menaruh produk di keranjang namun tidak membeli
- Engagers di Sosmed, orang yang sudah like, comment, atau save konten
- Pelanggan Lama, orang yang sudah pernah beli namun tidak melakukan repurchase
Dengan melakukan segmentasi iklan yang tepat, iklan bisa lebih relevan dan personal sehingga bisa meningkatkan konversi!
Membuat Iklan dengan Pesan yang Sesuai
Poin penting dalam melakukan retargeting iklan yaitu isi pesan yang sesuai dengan iklan. Jangan menayangkan iklan yang sama ke semua segmentasi audiens, yang ada nantinya sia – sia.
Berikut contoh penerapan yang bisa kamu lakukan:
- Cart Abandoners bisa gunakan pesan seperti: “Produk favoritmu masih menunggu di keranjang. Checkout sekarang sebelum kehabisan!”
- Untuk Pelanggan Lama, kamu bisa menawarkan promo khusus seperti: “Terima kasih sudah percaya pada kami. Yuk, nikmati diskon 30% untuk pembelian berikutnya.”
Pesan iklan yang dibuat spesifik membuat audiens merasa diperhatikan, sehingga peluang konversi lebih tinggi.
Memilih Platform Retargeting Iklan

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk melakukan retargeting iklan, di antaranya:
- Meta Ads cocok untuk bisnis B2C karena jangkauannya lebih luas
- Google Display Network biasanya iklan akan muncul di berbagai website partner Google
- YouTube Ads bisa digunakan untuk menargetkan audiens dengan menggunakan video iklan yang lebih interaktif
Disarankan memilih platform yang sesuai dengan target pasar dan perilaku audiens, ya!
Selain keempat cara tersebut, kamu juga bisa lakukan beberapa cara berikut:
- Menentukan frekuensi iklan
- Menggunakan visual dan CTA yang menarik
- Melakukan uji coba dan optimasi
- Menggunakan dynamic retargeting
Sebenarnya retargeting iklan ini tidak hanya berlaku bagi bisnis yang menjual produk saja, namun juga berlaku bagi bisnis jasa!
Simak pembahasan berikut untuk cari tahu mengapa retargeting iklan cukup penting buat bisnis jasa.
Baca Juga: Jasa Pembuatan Iklan di Facebook: Solusi Atasi Kesalahan Beriklan di Facebook
Alasan Mengapa Bisnis Jasa Perlu Melakukan Retargeting Iklan
Ada beberapa alasan mengapa bisnis jasa juga perlu melakukan retargeting iklan, berikut ini alasannya:
- Dapat meningkatkan brand awareness & ROI iklan
- Mengingatkan kembali calon klien yang belum sempat melakukan tindakan konversi
- Menargetkan audiens yang lebih berkualitas
- Mempermudah proses customer journey
- Memperkuat hubungan dengan klien lama
Itulah beberapa alasan mengapa bisnis jasa perlu melakukan retargeting iklan.
Bagi kamu yang masih bingung apa itu retargeting iklan dan bagaimana cara melakukannya, bisa gunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab saja!
Nantinya kamu akan dibantu untuk melakukan retargeting iklan yang benar agar tepat sasaran.
Tertarik menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab? Kamu bisa konsultasi GRATIS sekarang dengan hubungi nomor berikut:


