fbpx

Cara Agar Jualan Laris, Apakah Harus Melihat Trend Pasar?

Cara agar Jualan laris, Apakah harus melihat trend pasar? – Memiliki usaha jualan baik secara online maupun offline yang laku setiap hari merupakan keinginan setiap pelaku usaha. Walaupun hal seperti itu tidak muda, tapi bukan berarti hal tersebut mustahil terjadi.  

Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, transaksi melalui jualan online terus meningkat, hal tersebut dapat memberikan gambaran kepada Anda untuk menentukan jenis produk yang bisa dijual dan laku setiap harinya. 

Ada banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran, yaitu faktor internal dan faktor eksternal sangat mempengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis. 

Faktor Internal:

  1. Produk: Kualitas, fitur, merek, kemasan, dan harga dari produk yang ditawarkan sangat mempengaruhi pemasaran.
  2. Tenaga Penjualan: Kemampuan tenaga penjualan untuk menjual dan memasarkan produk secara efektif sangat penting untuk keberhasilan pemasaran.
  3. Riset dan Pengembangan: Inovasi dan pengembangan produk adalah faktor internal yang krusial dalam pemasaran.
  4. Manajemen Pemasaran: Kebijakan pemasaran, strategi dan rencana pemasaran dari manajemen juga mempengaruhi pemasaran.

Faktor Eksternal:

  1. Pelanggan: Preferensi, perilaku, dan kebutuhan pelanggan mempengaruhi pemasaran produk.
  2. Persaingan: Persaingan dari pesaing bisnis juga mempengaruhi pemasaran produk.
  3. Ekonomi: Faktor ekonomi seperti inflasi, suku bunga, tingkat pengangguran, dan pertumbuhan ekonomi mempengaruhi daya beli konsumen dan pola pembelian mereka.
  4. Kondisi Politik dan Hukum: Kondisi politik dan hukum yang tidak stabil dapat menghambat bisnis dan pemasaran produk.
  5. Teknologi: Perubahan teknologi mempengaruhi cara pemasaran dilakukan dan menghadirkan peluang baru untuk pemasaran.

Berikut contoh kategori produk yang umumnya sedang diminati di pasaran global:

1. Produk kesehatan dan kecantikan

Produk kesehatan dan kecantikan seperti suplemen, vitamin, kosmetik, dan perawatan kulit sedang diminati di pasar global karena semakin banyak orang mulai memperhatikan kesehatan dan kecantikan. 

2. Produk teknologi 

Produk teknologi seperti smartphone, laptop, tablet dan aksesoris elektronik lainnya selalu diminati oleh banyak orang, terutama mereka yang bekerja di sektor teknologi atau media sosial. 

3. Produk Fashion

Produk fashion seperti pakaian, tas, sepatu, dan aksesoris mode lainnya selalu menjadi tren dan selalu diminati oleh banyak orang . 

4. Produk makanan dan minuman 

Produk makanan dan minuman seperti makanan organik, makanan ringan sehat, minuman herbal dan minuman berenergi sedang populer di pasar global karena semakin banyak orang yang mencari gaya hidup sehat dan aktif. 

5. Produk hobi 

Produk hobi seperti peralatan musik, peralatan fotografi, dan peralatan olahraga terus diminati oleh orang-orang yang memiliki hobi dan minat khusus dalam bidang tersebut, 

Langkah agar produk terjual:

1. Pahami target pasar Anda 

Sebelum Anda memulai usaha penjualan, Anda harus memahami target pasar Anda dan kebutuhan mereka. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan strategi penjualan Anda agar lebih efektif dalam menarik perhatian mereka. 

2. Buat citra merek yang menarik 

Membuat citra merek yang menarik bisa membantu Anda membedakan diri dari pesaing Anda. Citra merek bisa berupa logo, slogan, Atau desain kemasan yang menarik. 

3. Tentukan strategi pemasaran

Ada banyak cara untuk memasarkan produk Anda, mulai dari iklan di media sosial hingga promosi melalui influencer. Pilihlah strategi yang sesuai dengan target pasar Anda dan anggaran yang tersedia

4. Jaga kualitas produk 

Kualitas produk sangat penting untuk menjaga kepercayaan pelanggan. Pastikan bahwa produk Anda selalu berkualitas dan memenuhi standar yang diharapkan. 

5. Berikan pelayanan yang baik 

Pelanggan akan merasa senang jika mereka mendapatkan pelayanan yang baik dari Anda. Berikanlah pelayanan yang ramah dan responsif kepada pelanggan. 

6. Lakukan survei pelanggan 

Survei pelanggan bisa membantu Anda memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan kualitas produk dan pelayanan Anda. 

7. Jadilah inovatif 

Teruslah berinovasi dalam produk dan strategi pemasaran Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap menarik minat pelanggan dan bersaing dengan pesaing Anda. 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, diharapkan produk Anda dapat terjual dengan sukses dan dapat memenangkan persaingan di pasar.  

Apa yang menyebabkan suatu barang tidak laku di pasaran?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu barang tidak laku di pasaran, antara lain:

1. Tidak sesuai dengan kebutuhan pasar

Barang yang tidak sesuai dengan kebutuhan pasar tidak akan laku terjual. Sebelum memproduksi barang, pastikan untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu dan memahami kebutuhan pasar yang ada. 

2. Harga yang tidak sesuai 

Harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah juga dapat membuat barang tidak laku di pasaran. Jika harga terlalu tinggi, konsumen akan mencari alternatif yang lebih terjangkau. Sedangkan jika harga terlalu rendah, konsumen mungkin akan meragukan kualitas barang tersebut. 

3. Kualitas yang buruk 

Kualitas yang buruk dapat membuat konsumen kecewa dan tidak akan membeli barang tersebut lagi. Kualitas yang buruk juga dapat menyebabkan reputasi merek menjadi buruk di mata konsumen. 

4. Promosi yang kurang efektif 

Jika promosi yang dilakukan kurang efektif, konsumen mungkin tidak tahu keberadaan barang tersebut. Promosi yang efektif dapat membantu meningkatkan kesadaran konsumen tentang barang tersebut. 

5. Persaingan yang ketat 

Jika persaingan di pasar sangat ketat, produk mungkin sulit untuk laku di pasaran. pesaing yang lebih kuat dapat menarik minat konsumen dan membuat mereka memilih produk dari pesaing Anda. 

6. Tren pasar yang berubah 

Tren pasar yang berubah dapat membuat barang yang tadinya laris di pasaran menjadi tidak laku, Jika barang tersebut tidak bisa menyesuaikan diri dengan tren pemasaran yang baru, konsumen mungkin akan beralih ke produk lain yang lebih sesuai dengan tren tersebut.  

Jadi, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi laku tidaknya sebuah barang di pasaran. Penting untuk memperhatikan faktor-faktor tersebut agar produk Anda bisa laku di pasaran. 

Nah gimana sudah tahukan cara  yang bisa Anda gunakan jika ingin produk laris di pasaran ? 

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.