fbpx

Cara Membuat Business Manager Bantu Efektifkan Iklan Bisnis Mu!

Kamu punya bisnis tapi engga terlalu ngerti sama dunia periklanan? Tenang aja, melalui artikel ini kamu akan belajar dan memahami mengenai iklan. Terlebih lagi di artikel ini akan membahas gimana cara membuat business manager buat bantu kamu mempermudah mengiklankan bisnis kamu!

Sebelumnya, kamu tahu engga kalau di Facebook ada sebuah tools berupa business manager. Mengingat Facebook merupakan salah satu sosial media yang mana mampu menjangkau lebih luas audiencenya.

Hal ini merupakan kesempatan besar buat kamu yang ingin memulai bisnis dan hanya punya sedikit budget buat beriklan.

Buat lebih jelasnya kamu bisa baca artikel ini sampai habis agar tahu gimana cara membuat business manager di Facebook yang bisa bantu mempermudah bisnis kamu dalam beriklan!

Baca Juga : Jenis Objective Campaign di Meta Ads yang Perlu Diketahui!

Cara Membuat Business Manager Facebook dengan Mudah

Buat kamu yang baru memulai bisnis dan ingin mengiklankan bisnis kamu secara online, kayaknya kamu perlu baca artikel ini sampai habis.

Karena di artikel ini akan lebih detail membahas gimana sih cara membuat business manager di Facebook dengan mudah dan minim biaya pengeluaran. Simak ya artikel berikut ini!

1. Mengenal Business Manager di Facebook

Kamu pasti udah tahu kan kalo Facebook itu punya banyak banget berbagai macam tools, dengan tools yang disediakan oleh Facebook mempermudah kamu untuk melakukan banyak hal.

Sebelum itu kamu harus tahu terlebih dahulu mengenal business manager yang merupakan salah satu bagian tools dari Facebook.

Jadi business manager itu merupakan tools yang bantu kamu dalam mengelola bisnis di akun Ads dan juga di aplikasi Facebook dalam satu tempat.

Sebenarnya dulu, para pebisnis harus mengelola Facebook Ads dan Facebook Fanpage terpisah yang mana hal tersebut mempersulit pebisnis yang beriklan di Facebook.

Engga hanya itu saja, yang biasanya informasi bisa diakses oleh social media manager kali ini pebisnis bisa mengontrol pembatasan informasi.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Beriklan di Meta Ads yang Perlu Kamu Ketahui!

2. Manfaat Menggunakannya

Tools dari Facebook yang satu ini, benar – benar mempermudah kamu dalam beriklan lho! Manfaatnya sendiri engga usah diragukan lagi deh, simak pembahasan ini untuk lebih tahu apa saja manfaatnya.

a. Akun Bisnis dengan Akun Pribadi Terpisah

Kamu bisa memisahkan antara akun bisnis kamu dengan akun pribadi kamu lho! Hal ini buat kamu jadi mudah buat mengelola akun bisnis kamu menjadi lebih profesional.

Engga hanya itu saja, kamu juga engga perlu takut lagi kalau data – data pribadi kamu tersebar.

Karena para mitra kerja atau pelanggan tidak bisa melihat data – data pribadi kamu kecuali halaman, email bisnis, dan iklan dari bisnis kamu.

Ternyata selain mempermudah, business manager juga bisa buat akun bisnis kamu kelihat lebih profesional lagi.

b. Mendapat Dukungan dari Facebook

Kamu tahukan kalau Facebook itu banyak banget toolsnya, yang mana tools tersebut harus diintegrasikan terlebih dahulu agar nantinya dapat bekerja lebih baik lagi.

Jika nantinya sewaktu – waktu akun bisnis kamu mengalami kendala kamu bisa banget hubungi tim support dari Facebook.

Hal yang pertama kali akan ditanya oleh tim support Facebook adalah “Apakah Anda memiliki business manager?

Ini membuktikan bahwa tools dari Facebook tersebut benar – benar mempermudah pebisnis dalam beriklan.

c. Mempermudah Untuk Menampilkan Report Bisnis

Manfaat lain yang bisa kamu rasakan yaitu bisa menampilkan report dari bisnis yang kamu jalani di Facebook.

Di halaman Facebook terdapat menu Dashboard yang bisa kamu kustomisasi sendiri sesuai kebutuhan bisnis kamu, sehingga fitur – fitur yang ingin akan kamu akses bisa jadi lebih mudah.

d. Tersedianya Fitur Security Center

Kamu engga perlu khawatir lagi terkait data – data pribadi kamu karena business manager menyediakan fitur security center.

Yang mana kamu bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk semua akun social media manager sehingga akun bisnis kamu bisa terhindar dari hacker ataupun akses dari pihak ketiga.

e. Menargetkan Konsumen Secara Tepat

Dengan kamu menggunakan business manager, kamu bisa lho meningkatkan target konsumen.

Kamu juga bisa melacak iklan bisnis yang telah kamu tayangkan di Facebook dengan disertai laporan secara terperinci mengenai kinerja iklan bisnis kamu.

Baca Juga : Menentukan Buyer Persona dan Target Market dengan Cara Ini!

2. Fitur – Fitur yang Bisa Kamu Gunakan

Berikut ini ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan saat menggunakan business manager di Facebook!

a. Pengaturan Bisnis

Salah satu fitur yang bisa kamu gunakan yaitu fitur pengaturan bisnis. Kamu bisa mengelola juga bisa melihat semua akun halaman bisnis yang kamu punya.

Engga itu aja, kamu juga bisa mengedit dan mengatur akun halaman bisnis melalui fitur ini.

b. Pengaturan Akun

Dengan fitur ini kamu bisa mengedit informasi, mengatur metode pembayaran, juga mengelola metode pembayaran terkait dengan bisnis kamu.

Selain hal itu, kamu bisa juga menonaktifkan akun iklan juga bisa menambahkan admin ke akun iklan kamu melalui fitur ini.

c. Commerce Manager

Dengan adanya fitur commerce manager memudahkan kamu buat kelola katalog produk dari bisnis kamu yang diiklankan melalui Facebook juga Instagram.

Jika menggunakan fitur ini, kamu bisa membuat promosi penjualan melalui platform Facebook dan Instagram.

d. Pemirsa

Melalui fitur ini akan memberikan detail mengenai pemirsa yang khusus, pemirsa yang tersimpan, dan pemirsa yang serupa berkaitan dengan iklan pengguna.

Pemirsa ini sendiri merupakan sebuah kelompok yang telah ditargetkan dan telah ditentukan oleh kamu sendiri untuk iklan bisnis kamu.

e. Pengelola Iklan

Fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengelola set iklan, campaign, dan iklan bisnis kamu di dalam satu tempat.

Fitur yang satu ini juga bisa menjangkau pembuatan iklan, pengeditan iklan, membuat duplikasi iklan, dan juga menonaktifkan iklan secara mudah.

Baca Juga : Manfaat Menggunakan Facebook Ads Bagi Para Pebisnis

3. Langkah – Langkah Cara Membuat Business Manager di Facebook

Berikut ini ada beberapa langkah cara membuat business manager di Facebook dengan mudah!

a. Buatlah Akun Business Manager

Langkah pertama kamu perlu membuat akunnya terlebih dahulu. Membuat akunnya kamu hanya perlu mempunyai profil Facebook pribadi terlebih dahulu buat konfirmasi identitas kamu.

Yang perlu lakukan hanyalah buka situs business.facebook.com, selanjutnya kamu perlu mengklik tombol bewarna biru yang tulisannya Create Account.

Setelah itu, kamu hanya perlu ikuti saja petunjuk dengan mengikuti step by step untuk mengisi informasi yang perlu diisi.

b. Menambahkan Halaman Bisnis Facebook

Cara untuk nambahkan halaman bisnis facebook dengan cara klik Add Page dari Dashboard. Kamu bisa memilih buat menambahkan halaman milik kamu sendiri atau yang lainnya.

c. Menambahkan Akun Facebook Ads

Nah, selain harus memiliki akun pribadi kamu juga perlu memiliki akun Facebook Ads. Jika sudah ada akun Facebook Ads, maka kamu hanya perlu klik Add Ad Account dua kali klik setelah itu masukkanlah ID akun yang diperoleh dari Ads Manager.

d. Menambahkan Manager Aset Facebook

Caranya menambahkan manager aset Facebook dengan cara klik Add People, setelah itu akan muncul pop up yang akan menyuruh kamu untuk mengisi data sesuai dengan orang yang akan mengisi posisi tersebut.

e. Menghubungkan ke Rekan Bisnis

Sebenarnya langkah ini tidaklah wajib, hanya opsional. Tetapi jika kamu ingin menghubungkan rekan bisnis ke akun kamu bisa juga kok!

f. Menambahkan Akun Instagram

Caranya kamu klik Business Settings di Dashboard, setelah itu klik Instagram Accounts dan pilihlah Add. Setelah muncul pop up, segera masukkanlah informasi Login Instagram kamu dan mengklik Log In.

g. Buatlah Facebook Pixels

Kamu perlu membuat Facebook Pixels karena jika tidak maka bisnis kamu yang diiklankan tidak akan maksimal.

Menu untuk menambahkan Facebook Pixels ini tersedia di Dashboard pada Data Sources dalam Business Settings.

h. Lindungi Keamanan Akun

Agar akun bisnis kamu aman dari hacker, maka kamu perlu melakukan perlindungan keamanan pada akun kamu dengan cara two factor authentication.

Kamu perlu pilih pengaturan yang mewajibkan untuk semua orang melakukan hal ini sebelum melakukan Log In.

i. Pasanglah Iklan Bisnis

Jika udah sampai ke langkah nomor delapan, maka tandanya akun business manager kamu sudah selesai dan siap untuk digunakan.

Kamu bisa langsung pasang iklan kamu dengan cara pilih menu Ads Manager dan klik Create.

j. Mengatur dengan Kelompok Aset Bisnis

Jika aset kamu berkembang di business manager, maka kamu perlu cara untuk membuatnya semua lebih teratur dengan cara klik Business Settings, setelah itu pilih Business Asset Group dan buatlah group aset.

Baca Juga : Pejuang Cuan, Simak 5 Rekomendasi Jasa Iklan FB Ads!

Cara Membuat Business Manager Tanpa Perlu Ribet

Gimana? Mudah bukan cara membuat business manager. Tetapi jika kamu memang masih belum paham sama sekali mengenai cara beriklan di Facebook, mungkin kamu bisa pakai jasa pasang iklan di Meta Ads!

Nah, Aidee Lab salah satu penyedia jasa pasang iklan di Meta Ads tersebut. Untuk soal harga kamu engga perlu khawatir karena Aidee Lab menawarkan harga yang cukup murah lho! Sudah banyak yang menggunakan jasa Aidee Lab ini.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, kunjungi sekarang juga Instagram @aideelab atau kamu bisa hubungi langsung nomor kontak di website Aidee Lab sekarang juga.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.