fbpx

Jenis Objective Campaign di Meta Ads yang Perlu Diketahui

Siapa di sini yang punya bisnis tetapi hanya tahu menjalankannya saja tanpa memikirkan perencanaan serta tujuannya? Kamu tahu enggak, kalau bisnis cuman dijalanin saja tanpa adanya tujuan serta perencanaan yang ada nantinya bisnis kamu enggak bertahan lama lho. Dalam berbisnis ada namanya objective campaign! Apalagi kalau berbisnis di Meta Ads, yang mana terdapat jenis objective campaign di Meta Ads.

Emang objective campaign itu apa sih?“, “Terus jenisnya apa aja?”. Nah, daripada kamu penasaran mending simak artikel ini sampai habis ya!

Karena di artikel ini akan membahas mengenai objective campaign yang akan menyelamatkan bisnis kamu dari tragedi “gulung tikar”. Yuk, simak artikel jenis objective campaign ini sampai habis.

Baca Juga : Strategi Closing Optimal dengan Menggunakan Cara Ini!

Jenis Objective Campaign di Meta Ads yang Perlu Kamu Ketahui!

Apapun kegiatan yang ingin kamu lakukan pastinya memiliki tujuannya, bukan? Nah, hal itu sama dengan kamu saat melakukan berbisnis.

Berbisnis tanpa adanya tujuan yang ada buat bisnis kamu “gulung tikar”. Kamu enggak mau kan, kalau bisnis kamu yang udah kamu rintis dari awal dan susah payah dibangun malah berakhir “gulung tikar”?

Maka dari itu simak penjelasan artikel ini sampai habis bagi kamu yang baru memulai ataupun sedang berbisnis di Meta Ads.

Di artikel ini akan membahas secara detail mengenai apa saja jenis objective campaign di Meta Ads yang bisa kamu pakai nantinya buat jalanin bisnis kamu!

1. Apa Itu Objective Campaign?

Dalam digital advertising ada yang namanya objective campaign yaitu salah satu tujuan yang perlu dicapai oleh suatu brand dengan cara melakukan berbagai aktivitas di dunia pemasaran.

Objective yang dimaksud ternyata mempunyai fungsi sebagai petunjuk, apakah sebuah campaign milik brand mengalami kegagalan atau keberhasilan.

Perlu kamu tahu, jika sebuah campaign yang tidak memiliki tujuan yang jelas akan mengangkibatkan rusaknya reputasi dari sebuah brand dalam waktu jangka panjang.

Engga hanya itu saja, bisnis yang sedang melakukan campaign akan mengalami kesulitan untuk mencapai goals karena tidak jelasnya suatu campaign pemasaran.

Baca Juga : Cara Menentukan Budget Iklan Bagi Kamu yang Ingin Beriklan

2. Dalam Beriklan Ada Tahapannya! Emang Apa Aja?

Harus diingat ya, kalau ingin beriklan jangan asal – asalan! Kenapa? Karena dengan beriklan, bisnis yang kamu iklankan akan dilihat banyak orang yang pastinya mereka akan mengetahui mengenai bisnis kamu.

Engga hanya itu saja lho, kamu tahu kan kalo beriklan itu engga murah? Jadi kamu jangan asal – asalan ya dalam beriklan.

Harus memiliki tahapan yang jelas dalam beriklan agar iklan bisnis kamu bisa menjangkau banyak orang serta mereka jadi tertarik dengan bisnis kamu.

Berikut ini beberapa tahapan dalam beriklan yang perlu kamu terapkan ketika ingin beriklan!

a. Awareness (Kesadaran)

Jika kamu masih memulai merintis bisnis dari nol dan belum ada sama sekali pelanggan, kamu harus banget melakukan tahapan awal yang satu ini! Yup, awareness.

Di Meta Ads, biasanya mereka menyarankan kamu untuk memulai tahapan awareness terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan agar supaya banyak orang mengetahui terlebih dahulu bisnis apa yang sedang kamu jalani.

Nah, kalau mereka sudah tahu mengenai bisnis kamu pastinya nanti mereka akan penasaran tentang bisnis kamu dan bakalan lebih menggali lebih dalam lagi tentang bisnis kamu.

b. Consideration (Pertimbangan)

Setelah tadi si pelanggan udah kenal sama bisnis kamu, maka kemungkinan besar para pelanggan bakalan mulai tertarik dan akan melakukan yang namanya like, share, klik iklan atau mengunjungi website bisnis kamu.

Hal ini merupakan kesempatan yang sangat besar buat bisnis kamu karena bisa saja pelanggan akan melanjutkan ke tahapan terakhir dalam beriklan!

c. Conversion (Perubahan)

Nah, sekarang sudah di tahap terakhir dalam beriklan yaitu conversion. Di sini para pelanggan yang tadinya tertarik dengan bisnis kamu akan melanjutkan untuk melakukan konversi.

Yang mana para pelanggan mulai melakukan pembelian atau pendaftaran di bisnis kamu melalui website.

Baca Juga : Siap – Siap Jualan Kamu Laku, Cobain 9 Tips Fotografi Produk Ini!

3. Beberapa Jenis Objective Campaign yang Ada di Meta Ads

Pembahasan yang terakhir adalah jenis – jenis objective campaign yang ada di Meta Ads! Pembahasan inilah yang menjadi topik utama di artikel ini. Daripada kamu penasaran, simak pembahasan berikut ini!

a. Brand Awareness

Capek – capek bangun bisnis malah engga dikenal banyak orang, pasti rugi dong? Nah, maka dari itulah brand awareness sangat penting bagi bisnis kamu. Kenapa sangat penting? Karena brand awareness ini bisa buat bisnis kamu jadi dikenal banyak orang.

Biasanya brand awareness ini dipakai sama bisnis yang sudah besar, kalau untuk bisnis sekelas UKM disarankan untuk menggunakan objective yang lain buat bangun awareness.

b. Reach

Kalau kamu pengen beriklan dengan harga penayangan yang murah dan lebih mudah dijangkau banyak orang, maka kamu bisa gunakan objective yang satu ini.

Dengan reach ini kamu bisa atur sendiri frekuensi tayangan iklannya, misalnya kamu ingin tayangin iklannya 3 kali seminggu atau 1 kali seminggu.

c. Traffic

Bisnis kamu punya website sendiri? Terus pengen websitenya didatangi banyak pengunjung? Maka traffic ini cocok kamu gunakan dalam berbisnis jika kamu mempunyai website bisnis sendiri.

Kamu juga bisa lho gunain traffic ini jika mempunyai marketplace buat bisnis kamu.

d. Engagement

Jenis objective campaign yang satu ini bisa kamu gunain kalau pengen bisnis kamu mendapatkan banyak like di Meta Ads.

Engga hanya meningkatkan like aja, kamu juga bisa memperbanyak comment dan share dengan menggunakan engagement ini.

Kalau kamu punya event juga bisa lho gunakan engagegment ini buat promosiin event yang diadakan.

e. App Install

Kalau bisnis kamu udah sampai mempunyai aplikasi mobile yang ingin kamu promosikan agar banyak orang yang install aplikasi mobile, maka kamu bisa gunakan app install buat jenis objective campaign.

f. Video Views

Video views cocok buat kamu yang bisnisnya sudah mempunyai konten video. Biasanya video views ini memungkinkan iklan bisnis kamu banyak yang menonton. Sehingga bisnis kamu semakin banyak dikenal orang.

g. Lead Generation

Jenis objective yang satu ini biasanya banyak digunakan sama perusahaan atau pebisnis yang berniat untuk mengumpulkan database dari para audience buat keperluan tertentu.

Misalnya, jika perusahaan atau pebisnis sedang mengadakan kontes, sayembara, atau lomba maka dengan menggunakan lead generation ini cocok untuk digunakan.

h. Messages

Jenis objective ini cocok buat kamu kalau menargetkan ataupun menjangkau pelanggan melalui Facebook Messenger.

Biasanya messages digunakan buat keperluan customer service, memberikan informasi ke pelanggan, ataupun konfirmasi transaksi.

i. Conversions

Ternyata conversions dengan traffic ini hampir mirip lho! Nah, yang membedakannya hanyalah kalau conversions ini bertujuan untuk mendatangkan pengunjung ke website sampai melakukan sesuatu di website.

Misalnya, membeli produk yang disediakan ataupun melakukan subscribe newsletter. Kalau traffic hanya mendatangkan pengunjung saja ke website tanpa melakukan apapun.

j. Catalog Sales

Catalog sales biasanya digunakan buat remarketing kepada pelanggan yang sudah pernah mengunjungi website sehingga nantinya bisa menayangkan iklan ke pelanggan yang tepat, sehingga kemungkinan besar pelanggan akan membeli produk dari bisnis kamu.

k. Store Visit

Tujuan dari store visit ini yaitu untuk mendatangkan para pelanggan ke toko offline kamu.  Dengan store visit ini memungkinkan para retailer bisa mengupload lokasi ke toko offline kamu, sehingga nantinya apabila retailer bisa memiliki puluhan hingga ratusan toko.

Baca Juga : Mau Produk Laku? Coba 8 Cara Jualan Online Ini! 

Jenis Objective Campaign di Meta Ads yang Bisa Kamu Gunain

Kamu bisa banget milih jenis objective campaign di Meta Ads untuk bisnis kamu yang sedang kamu jalani.

Kalau kamu masih bingung buat milih jenis – jenis tersebut, kamu bisa banget lho gunain jasa pasang iklan di Meta Ads dari Aidee Lab!

Kamu engga perlu ragu lagi sama kualitas Aidee Lab, karena mereka memiliki banyak pengalaman dalam menghandle client yang ingin mengiklankan bisnis mereka ke Meta Ads.

Jadi tunggu apalagi? Yuk, sekarang juga langsung kunjungi Instagram @aideelab sekarang juga!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.