fbpx

Contoh Unique Selling Point yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu!

Contoh Unique Selling Point yang Bisa Jadi Inspirasi Bisnismu! – Ketika Anda berada pada titik di mana telah selesai mengembangkan ide bisnis dan menganalisis pasar, tetapi ada satu masalah. Seseorang sudah menjalankan bisnis tersebut.

Apalagi ketika Anda menemukan orang tersebut menjalankan bisnisnya dengan baik. Namun, di zaman sekarang ini, peluang untuk mengisi celah di pasar menjadi lebih mudah setiap harinya. Ada banyak cara untuk meningkatkan produk Anda di atas produk orang lain. 

Salah satu cara tersebut adalah dengan memiliki Unique Selling Point (USP). Meskipun pasar sudah sesak dengan berbagai macam produk, memiliki USP atau nilai jual yang unik bukanlah suatu hal yang dimiliki banyak orang. Mengetahui cara mengembangkan nilai jual yang unik sangat penting dan akan kami sajikan dalam artikel ini.

Pengertian Unique Selling Point (USP)

Unique Selling Point atau dikenal juga sebagai Unique Selling Proposition adalah karakteristik unik atau keunggulan yang membedakan suatu produk, layanan, atau merek dari pesaingnya. USP adalah alasan khusus mengapa konsumen harus memilih produk atau jasa Anda daripada yang ditawarkan oleh pesaing Anda.

Dalam dunia yang penuh dengan persaingan seperti saat ini, penting bagi setiap bisnis untuk memiliki USP yang jelas dan kuat. USP membantu Anda untuk menonjol di antara pesaing Anda, menarik perhatian calon pelanggan, dan membangun hubungan yang kuat dengan mereka.

Tidak ada ilmu pasti dalam membuat USP. Bahkan USP tidak selalu hanya berupa satu keunikan, USP bisa berupa kumpulan keunikan yang bekerja sama untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan Anda.

Bagaimana Cara Menentukan Unique Selling Point (USP)

Dalam menciptakan USP yang unik, Anda harus berfokus pada keuntungan atau nilai tambah yang paling relevan bagi pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat membantu Anda membangun USP yang kuat:

1. Apa yang Pelanggan Inginkan

Langkah pertama untuk menentukan USP adalah memahami apa yang diinginkan pelanggan. Masalahnya adalah banyak orang berkata bahwa mereka memahami pelanggan tetapi kenyataannya hanya sedikit pelanggan yang diajak untuk berkomunikasi. 

Untuk memastikan Anda memahami apa yang diinginkan pelanggan, Anda harus berbicara dengan mereka. Kami menyarankan untuk menanyakan setidaknya empat puluh calon pelanggan dan tanyakan tentang apa yang mereka yakini sebagai masalah mereka. Dalam setiap percakapan, tuliskan dengan tepat apa yang mereka katakan.

Setelah selesai, pilihlah masalah yang paling banyak diutarakan oleh pelanggan dan buat USP untuk produk atau jasa bisnis Anda. Lalu, tanya kembali ke empat puluh orang tadi apakah USP Anda mencakup apa yang mereka inginkan. Jika jawabannya ya, Anda sudah mendapatkan langkah pertama dari nilai jual unik Anda.

2. Memilih Pasar yang Spesifik

Pertama-tama, fokuslah pada segmen pasar yang spesifik dan khusus. Dengan menyasar niche market, Anda dapat menawarkan solusi yang lebih terfokus dan relevan bagi pelanggan. Misalnya, jika Anda menjual produk perawatan kulit, Anda bisa memilih untuk menyasar pada segmen pasar kulit sensitif atau kulit berjerawat.

Dengan memahami masalah unik yang dihadapi oleh niche market Anda, Anda dapat mengembangkan produk atau layanan yang secara khusus memenuhi kebutuhan mereka. Ini memberikan peluang untuk menciptakan USP yang kuat dan menarik bagi pelanggan dalam segmen pasar yang lebih terbatas.

3. Kualitas Produk atau Layanan yang Unggul

Kualitas yang unggul adalah salah satu faktor utama yang dapat menjadi USP bagi bisnis Anda. Jika produk atau layanan Anda menawarkan keunggulan kualitas dibandingkan pesaing, maka ini bisa menjadi USP yang kuat. Pastikan untuk memperhatikan fitur, bahan, atau teknologi yang membedakan produk Anda dari yang lain.

Misalnya, jika Anda menjalankan restoran, Anda dapat menonjolkan bahan-bahan segar dan organik yang digunakan dalam menu makanan Anda. Atau jika Anda menjual produk teknologi, Anda bisa menekankan keunggulan inovasi dan kualitas produksi.

4. Harga yang Kompetitif atau Penawaran Khusus

Harga yang kompetitif atau penawaran khusus juga bisa menjadi USP yang menarik bagi pelanggan. Anda dapat menawarkan harga yang lebih rendah dibandingkan pesaing atau memberikan penawaran khusus seperti diskon, paket bundel, atau pengiriman gratis.

Namun, perlu diingat bahwa fokus pada harga yang rendah dapat mengurangi keuntungan Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda menghitung dengan baik keuntungan dan biaya yang sesuai dengan strategi harga Anda.

Contoh Unique Selling Point dari Brand Terkenal

USP yang efektif akan membedakan produk atau merek dari pesaing dengan cara yang mendorong pelanggan agar mempelajari lebih lanjut tentang penawaran dan mempertimbangkan aspek lain dari perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh Unique Selling Point dari brand terkenal:

1. Airbnb

Kemudahan dalam menyewakan atau menyewa tempat tinggal dengan fleksibilitas dan harga yang kompetitif. Airbnb berhasil menciptakan USP yang mengedepankan pengalaman menginap yang unik, autentik, dan personal. Hal ini menjadikan Airbnb sebagai salah satu platform akomodasi paling populer di dunia.

2. Apple

Apple dikenal dengan desain produk yang elegan dan inovatif. USP mereka terletak pada kombinasi antara keindahan estetika produk dan kemampuan teknologi yang canggih serta ekosistem Apple mereka. Produk Apple juga sering kali mendobrak batasan dalam industri teknologi dan menghadirkan inovasi baru yang memikat pelanggan.

3. YouTube

Unique Selling Point dari YouTube adalah sebagai platform video online yang menyediakan beragam konten dari pengguna di seluruh dunia. YouTube menawarkan akses mudah ke video-video yang mencakup berbagai topik dan memberikan kesempatan kepada individu untuk membuat dan membagikan konten mereka sendiri. 

YouTube menjadi tempat yang kaya dengan inspirasi, hiburan, dan wadah bagi orang-orang untuk mengekspresikan kreativitas mereka secara luas.

4. Nike

Nike dikenal sebagai brand olahraga yang fokus pada performa dan inspirasi. USP mereka terletak pada kualitas produk yang tinggi, teknologi inovatif, dan semangat atletis. Nike berhasil menginspirasi orang-orang untuk mencapai potensi terbaik mereka melalui slogan ikoniknya, “Just Do It”.

5. McDonald’s

McDonald’s memiliki USP dalam menyediakan makanan cepat saji dengan kecepatan pelayanan yang tinggi dan kepuasan konsumen yang diutamakan. Brand ini terkenal dengan menu yang beragam dan layanan yang ramah. McDonald’s berusaha memberikan pengalaman makan yang nyaman, cepat, dan terjangkau bagi pelanggan.

Unique Selling Point adalah ciri yang membuat Anda menonjol dari yang lainnya. Itulah yang membuat Anda berbeda dari pesaing Anda dan membantu menjadikan bisnis Anda sebagai ahli di bidangnya.

Jadi, apa Unique Selling Point yang akan Anda bangun untuk bisnis Anda? Aidee Lab bisa membantu menemukan USP bisnis Anda melalui jasa desain brand identity, lho! Yuk, tunggu apa lagi?

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst