fbpx

Terungkap! 8 Teknik Pemasaran Online Ini Bikin Bisnis Melesat

Teknik Pemasaran Online

Mempromosikan produk atau layanan secara efektif melalui platform digital membutuhkan teknik pemasaran online yang jitu. Pemasaran online yang juga  dikenal sebagai pemasaran digital, adalah serangkaian strategi dan aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui platform dan kanal online untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek.

Tujuan pemasaran online adalah untuk mencapai audiens target secara efektif, meningkatkan visibilitas online, dan mendorong interaksi atau transaksi.Teknik pemasaran online yang tepat dapat membantu bisnis kamu untuk berkembang apalagi di era digital yang terus berkembang.

Pemasaran online telah menjadi kunci kesuksesan bagi banyak bisnis. Dengan akses yang lebih luas ke internet, peluang untuk menjangkau dan terhubung dengan audiens potensial semakin besar. Maka, artikel ini merangkum beberapa teknik pemasaran online yang Praktis yang bisa dicoba.

Baca Juga : Membangun Bisnis Dengan Teknik Pemasaran Online

Strategi Teknik Pemasaran Online

Berikut beberapa strategi teknik pemasaran online yang dapat diterapkan pada pemasaran bisnis online sebagai berikut:

1. Search Engine Optimization

Search Engine Optimization atau yang dikenal dengan SEO,  adalah serangkaian praktik dan taktik  yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat sebuah situs web di hasil mesin pencari seperti Google, Bing, atau Yahoo. Tujuan utama dari SEO adalah membuat situs web muncul di posisi teratas di halaman hasil pencarian, sehingga lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang mencari informasi terkait.

Baca Juga: SEM vs SEO: Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Baik?

Oleh karena itu, SEO tetap menjadi  fondasi pemasaran online yang efektif. Diskusikan strategi untuk penelitian kata kunci, pengoptimalan konten, dan pemahaman algoritma mesin pencari untuk memaksimalkan pencarian bisnis kamu dalam urutan teratas.

Sebagai pemilik bisnis online, pastikan situs web atau konten kamu dapat dioptimalkan untuk mesin pencari agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan ketika mereka mencari produk atau layanan yang relevan.

2. Pemasaran Online Melalui Media Sosial

Pemasaran melalui media sosial cukup penting dalam memasarkan bisnis online. Banyak brand besar tumbuh dari promosi dan pemasaran di media sosial. Pemasaran melalui media sosial adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan platform-platform media sosial untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek.

Dengan miliaran pengguna aktif di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan lainnya, media sosial menjadi saluran yang sangat efektif untuk mencapai dan berinteraksi dengan audiens target.

Membangun komunitas, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan menciptakan kesan positif brand kamu di dunia digital juga merupakan salah satu cara dalam memrpmosikan bisnis melalui media sosial.

3. Menggunakan Iklan Online

Menggunakan iklan online adalah teknik pemasaran online yang cukup efektif. Iklan online adalah bentuk promosi produk, layanan, atau merek yang menggunakan platform digital sebagai saluran distribusinya.

Melihat miliaran pengguna internet di seluruh dunia, iklan online menjadi cara yang efektif untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens yang lebih luas. Kamu bisa menyesuaikan iklan online seperti apa yang cocok untuk kamu gunakan dalam mempromosikan bisnis kamu seperti facebook ads, google ads dan instagram ads.

Dalam menggunakan iklan online, kamu harus bisa menentukan target audiens bisnis online kamu dan mengukur kinerja iklan online kamu agar dapat diketahui seefektif apa iklan online tersebut berdampak pada bisnis online kamu.

Baca Juga: Jasa Iklan Online

4. Menggunakan Email Marketing

Email marketing adalah teknik pemasaran yang melibatkan pengiriman pesan melalui email kepada sekelompok orang atau pelanggan potensial yang sesuai dengan target  pasar.

Tujuannya dapat bervariasi, mulai dari mempromosikan produk atau layanan, meningkatkan brand awareness, hingga membangun hubungan dengan pelanggan.

Dalam email marketing dapat disesuaikan dan dikelompokkan berdasarkan ketertarikan dan minat yang sama terhadap produk dan jasa, informasi unik dan ciri khas terhadap pelanggan, dan menganalisis kinerja campaign pesan email marketing dengan melihat tingkat open rate, click – through rate, konversi dan unsubscribe rate.

5. Membuat Konten Pemasaran Berkualitas

Salah satu teknik pemasaran online yang banyak digunakan yaitu membuat konten. Membuat konten berkualitas sangat penting dalam dunia pemasaran dan bisnis online.

Konten yang berkualitas memiliki dampak positif terhadap berbagai aspek, termasuk brand awareness, kepuasan pelanggan, dan memudahkan pencarian mesin pencari.

Hal yang terpenting dalam membuat konten adalah mampu mengikuti perubahan tren yang begitu cepat agar konten kamu naik terus di laman pencarian target audiens. Kamu bisa membuat konten berupa artikel, video, infografis, dan podcast yang sesuai dengan realita target audiens kamu.

6. Menggunakan E- Commerce

Di era digital saat ini, hampir semua bisnis menggunakan platform online e – commerce dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Adanya e – commerce membantu pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar karena dapat menjangkau audiens hingga ke luar kota. Akan tetapi, sebelum menggunakan e – commerce, kamu harus menganalisis e – commerce yang sesuai dengan target pasar kamu.

Ada beberapa e – commerce yang jumlah penggunanya lebih banyak perempuan dibandingkan dengan laki – laki, begitupun sebaliknya. Lalu, kamu harus bisa memastikan keamanan data e – commerce. Ada banyak e – commerce yang mengalami kebocoran data. Pastikan untuk berhati – hati, ya !

Baca Juga : Jasa Foto Produk

7. Menjalin Kolaborasi dengan Influencer

Bekerja sama dengan influencer yang memiliki jumlah pengikut media sosial yang banyak juga merupakan salah satu teknik pemasaran online yang sangat fleksibel. Pastikan pengikut sosial media influencer  tersebut sesuai dengan target audiens kamu. Sebelum menjalin kerjasama, kamu bisa meminta portofolio influencer tersebut.

Mengajak kolaborasi influencer dalam bisnis online kamu dapat meningkatkan eksposur dan kepercayaan calon pelanggan kamu. Selain itu juga mendapat peluang besar untuk menambah followers akun media sosial bisnis kamu.

8. Memberikan Pelayanan Pelanggan Online

Dalam membangun bisnis online, kamu perlu memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan online kamu. Berikan kesan yang baik untuk meningkatkan kestabilan bisnis yang sedang dirintis.

Kamu bisa menjual secara live di media sosial atau membuat insta story untuk terhubung dengan pelanggan online kamu. Hal ini dilakukan untuk membangun hubungan yang dekat dengan pelanggan sehingga pelanggan tidak ragu untuk melakukan repeat order secara terus menerus.

Kamu juga harus fast respon terhadap keluhan pelanggan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Lalu, kamu bisa memberikan solusi terhadap keluhan pelanggan kamu. Pastikan setiap keluhan pelanggan direspon dengan baik.

Baca Juga : Katalog Online: Memudahkan Pelanggan untuk Mencari Produk

Teknik Pemasaran Online dengan AideeLab

Buat kamu yang sedang memulai bisnis online, kamu bisa berkonsultasi dengan AideeLab untuk mempromosikan bisnis kamu di media online. AideeLab merupakan perusahaan digital marketing yang terletak di kota Medan.

AideeLab memiliki tim yang profesional dan berpengalaman di bidang nya. Tidak hanya itu AideeLab juga dapat memberikan solusi yang tepat bagi bisnis online kamu. Jadi, itulah beberapa teknik pemasaran online yang dapat kamu terapkan pada bisnis online yang sedang kamu rintis.

Penting untuk dipahami bahwa pemasaran online bukanlah pendekatan satu ukuran untuk semua elemen bisnis. Namun, juga melibatkan audiens dengan konten berkualitas, mengoptimalkan situs web untuk mesin pencari, dan membangun kehadiran di media sosial.

Penggunaan iklan online dan email marketing juga menjadi alat yang jitu dalam menyusun promosi  yang efektif. Dengan menggabungkan berbagai teknik ini, kamu dapat menciptakan pemasaran online yang sistematis untuk membawa bisnis kamu ke tingkat berikutnya dalam dunia digital yang terus berkembang.

 

5/5 - (1 vote)
Nada Safrina
Nada Safrina