Format Iklan Facebook: Single Image, Carousel, dan Video Ads

5
(2000)

Format Iklan Facebook – Di era digital seperti saat ini, beriklan sekarang jadi lebih mudah. Kamu nggak perlu keluar banyak effort dan biaya, cukup menggunakan media digital sudah bisa jangkau audiens dari berbagai daerah.

Salah satu media digital yang cukup efektif dan efisien yaitu menggunakan media sosial, khususnya Facebook.

Ada alasan tersendiri mengapa Facebook dianggap jadi salah satu medsos yang cukup efektif dan efisien untuk beriklan. Adapun alasan tersebut yaitu:

  • Merupakan platform dengan pengguna terbanyak
  • Media promosi yang murah dan efektif
  • Bisa diakses selama 24 jam nonstop
  • Memiliki fitur pemasaran yang lengkap
  • Cocok digunakan untuk segala jenis bisnis, mau itu produk atau jasa
  • Jangkauannya lebih luas, target pasarnya akurat, dan lebih mudah dianalisis

Walaupun memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan pebisnis, beriklan di Facebook juga membutuhkan budget iklan dan strategi khusus agar hasilnya maksimal.

Kamu tenang saja, budget iklan di Facebook nggak se-mahal yang kamu pikirkan. Budgetnya bisa disesuaikan dengan anggaran yang kamu punya.

Selain kedua hal tersebut, kamu selaku pebisnis juga perlu menentukan ingin menggunakan format iklan Facebook seperti apa.

Pemilihan format iklan di Facebook terkadang disepelekan pebisnis karena nggak terlalu penting. Padahal, format iklan sangat penting karena bisa menarik perhatian audiens agar mau menggunakan brand mereka.

Ada berbagai macam format iklan Facebook, seperti single image, carousel, dan video ads.

Ketiga format iklan tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap format iklan tersebut, kamu bisa simak pembahasan berikut ini, ya!

Baca Juga: Rekomendasi Jasa Pembuatan Konten Iklan di Medan

Format Iklan Facebook Mana yang Paling Bagus?

Sebenarnya tujuan pembuatan format iklan Facebook sama semua, yaitu menyampaikan pesan/informasi ke target audiens dengan cara yang menarik dan persuasif.

Walaupun tujuan pembuatannya sama, kamu perlu sesuaikan kembali dengan tujuan campaignnya. Apakah ingin meningkatkan brand awareness, konversi, atau mendapatkan leads?

Biasanya ketiga format iklan Facebook ini – single image, carousel, video ads sering digunakan oleh pebisnis untuk mengiklankan produk/jasa nya.

Dari ketiga format iklan tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Format Single Image

format iklan facebook
Format Iklan Facebook: Single Image, Carousel, dan Video Ads 5

Single image merupakan format iklan Facebook yang hanya menampilkan satu gambar utama, dilengkapi teks utama (primary text), headline, deskripsi singkat, dan CTA.

Format iklan ini biasanya muncul di berbagai penempatan seperti di feed, stories, marketplace, dan audience network.

Berbeda dengan format iklan lainnya, yang menjadi fokus utama dari single image yaitu penggunaan visual dan pesan yang jelas dan to the point.

Bisa dibilang, format iklan ini cocok untuk iklan yang ingin menyampaikan pesan singkat, memperkenalkan brand secara cepat, atau menarik perhatian audiens dengan visual yang menarik tanpa harus banyak interaksi.

Jika kamu ingin menggunakan single image, maka sesuaikan dengan tujuan campaign yang sederhana dan jelas, seperti:

  • Brand awareness & reach
  • Traffic campaign
  • Promo atau penawaran terbatas
  • Retargeting campaign

Sebelum menggunakan format iklan ini, kamu perlu tahu kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Single Image

  • Proses editing yang nggak se-rumit pembuatan konten video. Kamu hanya cukup buat satu gambar saja namun berkualitas tinggi, menggunakan teks yang singkat, dan CTA yang jelas
  • Format iklan single image cocok digunakan untuk bisnis yang baru merintis atau UKM dengan budget terbatas, karena tidak membutuhkan banyak aset atau desain yang kompleks
  • Cocok untuk campaign iklan awareness, traffic, dan conversion. Kamu hanya perlu sesuaikan copywriting dan desain visualnya saja
  • Pesan/informasi iklan yang disampaikan tetap konsisten, karena format iklan ini tampilannya seragam di Facebook maupun Instagram

Kekurangan Single Image

  • Single image nggak bisa menampilkan banyak produk sekaligus seperti carousel. Selain itu, juga nggak bisa memberikan pengalaman visual seperti konten video
  • Hanya mengandalkan satu visual saja, itupun statis. Biasanya audiens melewati konten single image jika visualnya tidak menarik atau relevan dengan kebutuhan mereka
  • Desainnya kurang kuat, sehingga membuat iklan jadi kurang menarik. Biar terlihat menarik, kamu perlu perhatikan pemilihan gambar hingga warnanya
  • Pesan/informasi yang disampaikan terbatas, hanya untuk teksnya saja. Jadi, kamu nggak bisa jelaskan lebih detail mengenai brand atau penawaran

Baca Juga: Buat Konten Iklan dengan Jasa Pembuatan Konten Instagram

Format Carousel

format iklan facebook
Format Iklan Facebook: Single Image, Carousel, dan Video Ads 6

Carousel merupakan format iklan Facebook yang menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan yang bisa di slide.

Setiap gambar atau video dalam carousel biasanya memiliki judul, deskripsi, serta link yang mengarahkan audiens ke halaman berbeda atau landing page.

Biasanya di Facebook hanya bisa menampilkan hingga 10 slide per iklan carousel, dan audiens bisa menggesernya untuk melihat keseluruhan konten.

Format iklan ini cocok untuk iklan yang ingin menampilkan variasi produk atau fitur-fitur dari satu layanan secara lebih interaktif, dibandingkan format single image atau video.

Sebelum menggunakan format iklan carousel, kamu perlu tahu kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Carousel

  • Audiens bisa berinteraksi langsung dengan iklan melalui swipe carousel. Aktivitas tersebut membuat mereka lebih lama berinteraksi, sekaligus meningkatkan engagement rate
  • Tiap slide dalam carousel ada link tersendiri, sehingga peluang audiens mengklik link tersebut lebih besar. Banyak data yang menunjukkan kalau format carousel menghasilkan CTR lebih tinggi dibandingkan single image
  • Dengan format carousel mempermudah kamu untuk membangun alur cerita yang runtut dan menarik. Hal ini sangat membantu meningkatkan brand awareness maupun edukasi
  • Kamu bisa menggabungkan gambar, video, teks, dan link yang berbeda. Sehingga tampilan iklan jadi lebih beragam dan nggak monoton

Kekurangan Carousel

  • Jika tiap slide tidak saling terhubung secara visual maupun teks, membuat audiens bingung karena tampilannya yang acak
  • Dibandingkan dengan format iklan yang lain, pembuatan carousel lebih banyak membutuhkan aset visual dan waktu untuk mengatur urutannya, copywriting, hingga link tiap slide
  • Jika hook yang kamu gunakan kurang kuat di awal, biasanya audiens hanya melihat 1-3 slide pertama saja. Slide selanjutnya jarang dilihat karena kurang menarik dari awal slide
  • Campaign iklan yang tujuannya ingin menjangkau audiens lebih luas dengan pesan tunggal, kurang cocok menggunakan format iklan ini

Baca Juga: Jasa Buat Konten Instagram untuk Bisnis Online

Format Video Ads

format iklan facebook
Format Iklan Facebook: Single Image, Carousel, dan Video Ads 7

Video ads merupakan format iklan Facebook yang biasanya muncul di berbagai penempatan seperti stories, feed, reels, hingga in-stream video.

Biasanya durasi video ads ini bisa 6-15 detik untuk menarik perhatian audiens secara cepat, atau 2 menit untuk menyampaikan pesan/informasi yang lengkap.

Berbeda dengan format iklan lainnya, video ads memberikan pengalaman visual yang lebih hidup.

Format ini memungkinkan kamu untuk menampilkan cerita, emosi, dan bukti dalam produk/jasa dalam satu konten yang menarik. Misalnya before-after, testimoni pelanggan, atau BTS pembuatan produk.

Jika kamu ingin menggunakan video ads, maka sesuaikan dengan tujuan campaign seperti:

  • Campaign brand awareness
  • Launching produk
  • Storytelling konten
  • Retargeting campaign
  • Promosi khusus

Sebelum menggunakan format iklan ini, kamu perlu tahu kelebihan dan kekurangannya berikut ini!

Kelebihan Video Ads

  • Format iklan ini mampu menarik perhatian audiens dalam beberapa detik pertama, dengan visual yang bergerak dan suara yang dinamis
  • Dengan menggunakan format video ads bisa meningkatkan jumlah engagement, dibandingkan format iklan lainnya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa video ads sebagai pilihan utama untuk membangun interaksi
  • Gabungan visual dan audio mampu membantu audiens untuk memahami produk/jasamu dengan baik. Sehingga pesan yang disampaikan jelas, kepercayaannya meningkat, dan berpotensi meningkatkan jumlah konversi
  • Format video ads bisa tampil di banyak penempatan seperti feed, reels, stories, hingga marketplace. Hal tersebut mempermudah kamu untuk menjangkau audiens lebih luas

Kekurangan Video Ads

  • Proses pembuatan format video ads ini membutuhkan waktu, tenaga, serta biaya yang lebih besar dibandingkan format iklan lainnya
  • Platform Facebook dikenal dengan scrolling behavior cepat. Jika 3 detik pertama video kurang menarik, audien langsung skip video tersebut
  • Format video biasanya memiliki ukuran file yang lebih besar sehingga bisa mempengaruhi performa, terlebih jika jaringan internetnya lambat
  • Video ads lebih cocok di feed, namun belum tentu juga cocok di reel atau stories. Maka dari itu, kamu perlu membuat berbagai versi agar tampilannya lebih optimal

Bagi kamu yang sedang mencari jasa Facebook Ads, yang bisa sekaligus buatkan konten iklan, bisa percayakan Aidee Lab sebagai partner bisnismu.

Kami telah berpengalaman dan ahli dalam menghandle berbagai jenis bisnis, jadi kamu nggak perlu khawatir soal hasilnya.

Tertarik bekerja sama dengan Aidee Lab? Kamu bisa langsung klik KONSULTASI GRATIS sekarang juga, ya!

Seberapa bermanfaat postingan ini untuk Anda?

Klik bintang untuk memberikan penilaian Anda!

Berdasarkan penilaian 2000 orang, rating rata-rata saat ini: 5

Belum ada yang memberi suara. Jadilah yang pertama menilai postingan ini!

Karena kamu merasa tulisan ini bermanfaat...

Ikuti kami juga di media sosial, yuk!

Mohon maaf jika artikel ini kurang membantu

Bantu kami jadi lebih baik!

Apa yang bisa kami perbaiki dari tulisan ini?

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.