fbpx

Memahami Apa Itu Landing Page Agar Meningkatkan Penjualan

Memahami Apa Itu Landing Page Agar Menaikkan Peringkat Website – Bagi perusahaan yang mengandalkan pemasaran melalui digital marketing, landing page untuk memasarkan produknya tentu harus memperhatikan beberapa aspek diantaranya: manfaat serta tips yang baik untuk membuat landing page 

Pasalnya,dikutip dari Hubspot  perusahaan yang memiliki 10-15 landing page dalam situsnya mengalami kenaikan leads hingga 55%  dan berlaku untuk kelipatan, nah gimana pengaruhnya sangat signifikatkan dan memberikan manfaat yang baik bukan? 

Sudah membahas tentang kenaikan leads tapi belum paham apa itu landing page, manfaat, dan tips membuatnya yuk simak selanjutnya!

Apa itu sosial landing page

Sosial landing page adalah halaman web yang dirancang khusus untuk pengguna yang berasal dari media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Tujuan dari sosial landing page adalah untuk mengoptimalkan konversi dan meningkatkan hasil dari kampanye media sosial yang dijalankan. 

Sosial landing page biasanya berisi informasi yang relevan dengan kampanye media sosial yang dijalankan, seperti promosi, penawaran, atau konten yang spesifik untuk media sosial tertentu. Halaman web ini juga dirancang untuk menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk melakukan tindakan  tertentu. 

Karena sosial landing page ditujukan untuk pengguna media sosial, halaman web  dan juga dibuat dengan desain yang menarik dan responsive untuk tampilan yang optimal di perangkat mobile. Selain itu, sosial landing page juga harus dioptimalkan untuk SEO agar lebih mudah ditemukan di mesin pencari dan meningkatkan pengunjung halaman web tersebut . 

Manfaat dan contoh landing page

Manfaat dari landing page: 

  1. Meningkatkan konversi, landing page yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan konversi dan memotivasi pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian. 
  2. Mempermudah pengukuran, landing page dapat membantu mempermudah pengukuran keberhasilan kampanye pemasaran dengan memonitor jumlah pengunjung dan konversi dari halaman web. 
  3. Mengoptimalkan pengalaman pengguna, landing page yang dirancang khusus dapat mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan keterlibatan pengunjung dengan konten atau tindakan yang spesifik. 

Contoh dari landing page: 

  1. Landing page promosi produk “halaman web ini dirancang untuk mempromosikan produk tertentu dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan pembelian atau mendaftar” 
  2. Landing page formulir “Halaman web ini dirancang untuk mengumpulkan informasi pengunjung melalui formulir yang disediakan.” 
  3. Landing page acara “Halaman web ini dirancang khusus untuk mempromosikan acara dan mengarahkan pengunjung untuk mendaftar atau membeli tiket” 
  4. landing page arahan “Halaman web ini dirancang untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan tertentu, seperti mengikuti akun media sosial atau mengunjungi halaman lain di situs web. 
  5. Landing page unduhan “Halaman web ini dirancang untuk mempromosikan konten unduhan, seperti e-book atau panduan, dan mengarahkan pengunjung untuk mengunduh konten tersebut. 

Perbedaan landing page dan halaman beranda website 

Landing page dan halaman beranda website memiliki perbedaan yang signifikan, diantaranya: 

1. Tujuan
Tujuan dari landing page adalah untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu dan mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti melakukan pembelian atau mengisi formulir. Sementara itu tujuan dari halaman beranda website adalah untuk memberikan gambaran umum tentang situs web dan mengarahkan pengunjung untuk menjelajahi konten lebih lanjut. 

2. Fokus 

Landing page dirancang untuk fokus pada satu tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian. Sementara itu, halaman beranda website mencakup berbagai tautan dan konten untuk memberikan gambaran umum tentang situs web. 

3. Desain 

Landing page biasanya dirancang dengan tampilan minimalis dan fokus pada tindakan tertentu. Desain halaman beranda website lebih kompleks dan mencakup berbagai tautan dan konten. 

4. Konten 

Konten pada landing page biasanya terfokus pada satu produk atau layanan, sementara konten pada halaman beranda website mencakup berbagai topik dan informasi tentang situs web, 

5. Target audiens

Landing page umumnya ditargetkan untuk audiens tertentu, seperti pengunjung yang sedang mencari produk atau layanan tertentu. Sementara itu, halaman beranda website ditargetkan untuk audiens yang lebih umum.  

Dalam ringkasannya, landing page dan halaman beranda website memiliki tujuan dan fokus yang berbeda. Landing page dirancang untuk tujuan khusus dan fokus pada tindakan tertentu, sementara halaman beranda website memberikan gambaran umum tentang situs web dan berbagai konten. 

Tips membuat landing page yang baik

1. Tentukan tujuan halaman 

Sebelum membuat landing page, tentukan tujuan halaman dengan jelas, seperti mempromosikan produk atau layanan, mengumpulkan informasi pengunjung, atau mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu. 

2. Fokus pada satu tindakan

Landing page yang efektif harus fokus pada satu tindakan tertentu, seperti mengisi formulir atau melakukan pembelian. Hindari  membingungkan pengunjung dengan terlalu banyak pilihan 

3. Gunakan headline yang menarik 

Headline adalah elemen pertama yang dilihat pengunjung saat membuka landing page.  Gunakan headline yang menarik dan relevan dengan tujuan halaman. 

4. Buat desain yang menarik 

Desain landing page harus menarik dan sesuai dengan merek atau produk yang dipromosikan. Gunakan gambar, warna dan font yang konsisten dengan merek atau produk Anda. 

5. Optimalkan untuk SEO 

Landing page yang dioptimalkan untuk SEo dapat membantu meningkatkan visibilitas halaman di mesin pencari. Gunakan kata kunci yang relevan dalam judul halaman, meta deskripsi dan konten halaman. 

6. Buat formulir yang sederhana 

Jika Anda ingin mengumpulkan informasi pengunjung melalui formulir, pastikan formulir tersebut sederhana dan mudah diisi, jangan meminta terlalu banyak informasi yang tidak relevan. 

7. Berikan penawaran yang menarik 

Berikan penawaran yang menarik untuk pengunjung, seperti diskon atau hadiah gratis untuk mendorong mereka melakukan tindakan tertentu. 

8. Call to-Action (CTA) 

CTA harus menarik perhatian dan memberitahu pengunjung apa yang mereka lakukan selanjutnya dan pastikan Cta cukup besar dan mudah ditemukan pada halaman. 

9. Responsif 

Pastikan landing page Anda responsif, artinya dapat diakses dengan mudah dari berbagai perangkat dan ukuran layar, hal ini penting untuk memastikan pengunjung memiliki pengalaman yang baik dan dapat melakukan tindakan yang diingin. 

Nah, itu tadi informasi berupa landing page yang secara umum wajib ni Anda ketahui, alasannya jika Anda sudah mengetahuinya Anda akan dengan mudah untuk membuat website yang lebih mendatang cuan… 

Gimana? 

Masih bingung tentang landing page, Anda bisa mempercayakan kami di jasa pembuatan website medan untuk mengelola website Anda.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.