fbpx

SEM vs SEO: Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Baik?

SEM vs SEO: Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Baik? – Banyak orang yang mencari informasi di internet setiap hari, bahkan setiap detik. Akibatnya, perusahaan beralih ke strategi SEM dan SEO untuk meningkatkan visibilitas konten mereka di mesin pencari.

Teknik pemasaran mesin pencari (SEM) dan optimasi mesin pencari (SEO) menawarkan cara untuk meningkatkan penjualan, tetapi keduanya menggunakan pendekatan yang berbeda. 

Seiring berjalannya waktu, strategi SEM memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan traffic website dengan cepat, sedangkan strategi SEO dapat membantu perusahaan meningkatkan peringkat pencarian organik mereka.

Untuk memastikan Anda fokus pada strategi yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda, Anda harus memahami perbedaan utama antara SEM dan SEO. Anda harus memahami perbedaan hasil pencarian yang mereka targetkan, waktu yang dibutuhkan untuk membuahkan hasil dan biaya jangka pendek dan jangka panjang keduanya.

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

SEM adalah penggunaan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Halaman hasil mesin pencarian (SERP) di Google dan mesin pencari lainnya berisi dua jenis konten: hasil organik dan iklan berbayar. 

Di Google, iklan berbayar sering muncul di bagian atas, samping, atau bawah SERP. Perusahaan dapat membayar agar halaman website mereka muncul di lokasi yang sangat terlihat ini.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO adalah proses meningkatkan visibilitas website secara organik atau tidak berbayar di mesin pencari secara keseluruhan. Perusahaan seperti Google dan Bing menggunakan algoritma untuk memastikan mesin pencari mereka menampilkan hasil penelusuran yang relevan dan berkualitas tinggi untuk setiap pertanyaan yang dicari.

Umumnya, marketer menggunakan strategi SEO untuk memastikan algoritma ini memberi peringkat konten dengan baik. Tujuan SEO adalah mendapatkan peringkat secara organik pada halaman pertama hasil mesin pencarian (SERP) untuk kata kunci tertentu.

3 Perbedaan Utama Antara SEM dan SEO

Meskipun SEM dan SEO sama-sama membantu perusahaan menghasilkan traffic website, Anda harus mengetahui perbedaan utama mereka, seperti jenis hasil pencarian yang mereka targetkan, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil, dan biaya keseluruhannya.

1. SEM dan SEO menargetkan hasil pencarian yang berbeda

SEM dan SEO secara keseluruhan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan visibilitas perusahaan di mesin pencari. Namun, mereka masing-masing fokus pada cara yang berbeda untuk mencapai tujuan itu. 

SEM menggunakan iklan berbayar agar muncul secara otomatis di bagian atas SERP untuk kata kunci yang terkait dengan konten mereka. Dua jenis utama iklan SEM di Google adalah iklan pencarian dan iklan belanja.

  • Iklan pencarian: Perusahaan dapat meminta sebuah kata kunci sehingga tautan ke website mereka secara otomatis muncul di SERP untuk kata kunci tersebut. Iklan ini mengikuti model pay-per-click (PPC) di mana perusahaan membayar biaya setiap kali seseorang mengklik iklan tersebut.
  • Iklan belanja: Iklan ini juga mengikuti model PPC, tetapi menggunakan Google Shopping untuk menautkan link ke halaman produk e-commerce perusahaan. Iklan ini menyertakan gambar produk, beserta judul dan harga produk.

Iklan SEM menawarkan perusahaan cara cepat untuk menampilkan merek, konten, dan produk mereka di depan target audiens mereka.

Di sisi lain, SEO berfokus pada pembuatan dan peningkatan halaman web untuk menaikkan peringkat mereka dalam hasil pencarian organik. Meskipun perusahaan seperti Google dan Bing tidak secara terbuka mengungkapkan setiap detail tentang bagaimana mereka memeringkat halaman, algoritma mengevaluasi beberapa kriteria yang meliputi:

  • Tag judul: Judul halaman harus berisi kata kunci utama konten atau setidaknya variasinya.
  • Kualitas konten: Anda harus membuat konten yang ditulis dengan baik, menyeluruh, dan terorganisir.
  • Mobile-friendly: Karena semakin banyak orang yang melakukan pencarian dari perangkat seluler mereka, mesin pencari memprioritaskan website yang sesuai di browser seluler.
  • Kecepatan situs: Perusahaan mesin pencari tidak ingin mengarahkan pengguna ke halaman yang lambat, jadi algoritma mereka memprioritaskan website yang loading dengan cepat.
  • Website dengan banyak tautan balik: Tautan dari website eksternal atau backlink cenderung berperingkat tinggi di SERP.

Praktik SEO ini dapat membantu mencapai halaman pertama atau posisi pertama di Google untuk kata kunci konten Anda tanpa membayar tempat teratas tersebut.

2. SEO membutuhkan waktu lebih lama untuk memberikan hasil daripada SEM

SEO membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuahkan hasil daripada SEM. Strategi SEO dapat memakan waktu mulai dari tiga bulan hingga dua tahun untuk mendapatkan peningkatan peringkat yang signifikan. Sedangkan iklan SEM dapat meningkatkan traffic website perusahaan dalam hitungan jam.

Jutaan orang menggunakan mesin pencari untuk menemukan produk dan layanan yang mereka inginkan, oleh karenanya industri pemasaran digital menjadi sangat kompetitif. 

Untuk mencapai puncak hasil pencarian organik SERP, perusahaan harus menciptakan kumpulan konten berkualitas tinggi yang eksploratif, mengumpulkan backlink dari website eksternal, serta memastikan pengalaman pengguna yang baik bagi pengunjung. Untuk mencapai semua hal tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama.

Di sisi lain, SEM dapat menghasilkan traffic secara instan setelah Anda meluncurkan kampanye di platform seperti Google Ads. Sebelum peluncuran kampanye, Anda harus meneliti target audiens dan membuat landing page berkualitas tinggi untuk iklan Anda. Setelah Anda memiliki landing page yang berkualitas, kampanye SEM dapat segera mendatangkan traffic berbayar.

3. Biaya SEO lebih mahal daripada SEM dalam jangka pendek

SEO tidak memerlukan biaya seperti iklan SEM yang memiliki biaya per engagement. Namun, untuk mencapai visibilitas organik, perusahaan harus menginvestasikan lebih banyak waktu dan tenaga untuk SEO. 

Perusahaan yang ingin meningkatkan SEO mereka mungkin perlu merekrut content writer dan ahli strategi SEO atau berinvestasi dalam tools SEO. Karena hasilnya bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mendapatkan ROI, SEO memiliki biaya awal yang tinggi.

Di sisi lain, setelah sebuah perusahaan mencapai visibilitas organik, ia dapat menerima banyak traffic tanpa biaya yang membuat SEO sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Dengan SEM, Anda dapat melihat hasil instan. Namun, ketika anggaran pemasaran habis, visibilitas perusahaan akan turun ke posisi sebelum peluncuran kampanye dimulai.

Menggunakan SEM atau SEO: Mana yang Lebih Baik?

Bagi sebagian besar perusahaan, strategi pemasaran yang efektif dapat berfokus pada keduanya, baik SEM maupun SEO karena keduanya saling melengkapi. Misalnya, praktik SEO dapat membantu perusahaan membuat landing page yang efektif untuk kampanye SEM mereka. 

Demikian pula, website baru dapat menggunakan kampanye SEM untuk menghasilkan traffic yang dapat membantu perusahaan mendapatkan backlink dan meningkatkan SEO.

Dalam beberapa kasus, sebuah perusahaan mungkin hanya ingin menggunakan salah satu dari strategi ini. Misalnya, perusahaan dengan anggaran pemasaran yang terbatas mungkin ingin berfokus secara ketat pada SEO hingga anggaran mereka meningkat. 

Di sisi lain, perusahaan yang membutuhkan hasil cepat atau kekurangan sumber daya untuk membuat konten yang optimal mungkin berfokus pada SEM. Namun, ketika perusahaan dapat melengkapi strategi SEM mereka dengan SEO, biasanya perusahaan melakukan keduanya.

Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, dan pemilihan tergantung pada tujuan dan kebutuhan masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami perbedaan antara SEM dan SEO serta menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan konteks dan sasaran.

Jika Anda masih kesulitan dalam optimasi SEO, Aidee Lab dapat membantu Anda dengan jasa SEO yang akan membantu meningkatkan peringkat bisnis Anda di mesin pencarian.

Tunggu apa lagi? Saatnya bisnismu berada di peringkat no.1 pencarian di halaman Google!

Rate this post
Aqilah Shabrina Nst
Aqilah Shabrina Nst