fbpx

Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial

Strategi pemasaran media sosial di era digital sekarang ini sangat dibutuhkan untuk memasarkan produk dan jasa agar dapat menjangkau konsumen lebih luas. Banyak bisnis yang berkembang pesat karena pengaruh media sosial.

Promosi di media sosial cukup ampuh untuk memperkenalkan brand terhadap masyarakat luas. Melansir data reportal, pada tahun 2023 pengguna media sosial Indonesia mencapai 167 juta. Akan sangat menguntungkan untuk pemilik brand dalam memasarkan produk dan jasa nya.

Namun, adanya media sosial juga mendatangkan banyak kompetitor yang banting harga untuk menarik konsumen. Maka, perlu strategi yang ampuh untuk membuat bisnis kamu laku keras. Berikut ini strategi pemasaran yang wajib kamu coba !

1. Riset Target Konsumen Bisnis Kamu

Dalam memasarkan bisnis kamu lewat media sosial, kamu harus melakukan riset terhadap pasar konsumen yang ingin dituju. Hal ini sangat membantu kamu untuk membuat konten pemasaran yang sesuai audience yang ingin kamu tuju. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan gaya bahasa untuk menarik konsumen kamu. Kamu juga bisa menyesuaikan sosial media mana yang kamu pilih untuk mendapat target konsumen tepat sasaran.

Baca Juga: Jasa Facebook Ads di Medan

2. Tentukan KPI yang Jelas

Dalam membangun bisnis di media sosial, kamu harus menentukan KPI terlebih dahulu. Key Performance Indicator ( KPI ) adalah sebuah metode untuk memantau jalannya kampanye media sosial dan menganalisis dampak terhadap bisnis kamu. Jadi, dapat dilihat strategi pemasaran sosial media tersebut efektif atau tidak.

3. Pelajari Target Pasar Bisnis Kamu

Setelah menemukan target pasar bisnis kamu, maka fokus dan pelajari target market kamu. Jika target pasar bisnis kamu adalah mahasiswa yang berusia 18 tahun, kamu harus update terhadap sesuatu yang trending dikalangan mahasiswa. Hal ini dilakukan agar kamu dapat menentukan konten seperti apa yang ingin kamu buat. Selain itu, kamu dapat menyesuaikan strategi promosi apa yang cocok kamu masukkan dalam konten kamu.

Baca Juga: Jasa Admin Sosial Media

4. Membuat Konten yang Sesuai

Setelah mempelajari target pasar yang sesuai dengan bisnis kamu, kamu dapat membuat konten yang sesuai dengan target pasar kamu. Selain itu, kamu bisa membuat konten dengan isu – isu yang sedang hangat diperbincangkan oleh pengguna media sosial agar konten kamu banyak dijangkau oleh orang lain.

5. Pelajari Algoritma Media Sosial

Untuk meningkatkan strategi pemasaran media sosial yang jitu, maka perlu untuk mempelajari algoritma. Algoritma media sosial merupakan kumpulan data untuk menentukan konten seperti apa yang ingin dilihat dari penggunanya. Setiap sosial media memiliki algoritma yang berbeda beda.

Baca Juga: Jasa Desain Konten Sosial Media Medan

Sehingga, setiap akun media sosial memiliki tampilan konten yang berbeda – beda. Untuk itu diperlukan pemahaman terhadap algoritma setiap media sosial agar dapat menjangkau konsumen. Untuk mempromosilkan sebuah produk atau jasa, maka algoritma mempertimbangkan beberapa aspek seperti waktu unggah konten, engagement rate, user preference, hashtag, dan tipe konten. So, pastikan kamu mengunggah konten promosi bisnis kamu dalam waktu yang tepat.

6. Membuat Profil yang Unik

Akun media sosial bisnis kamu juga bisa membuat profil dengan karakter yang unik. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan brand awarenes sehingga calon konsumen tidak ragu untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, tingkat brand awareness yang tinggi dapat memicu laju penjualan dan tidak jarang target pasar yang kamu jangkau menjadi konsumen tetap.

Untuk membuat profil yang unik, kamu bisa membuat konten bertema a day in my life, tips dan trik, review produk, tutorial, dan sebagainya dengan menyesuaikan kebutuhan audience yang kamu targetkan.

7. Melakukan Endorsement

Untuk menjangkau traffic akun media sosial kamu, strategi pemasaran yang cukup populer saat ini adalah endorsement. Endorsment atau endors adalah bentuk promosi dengan menggunakan artis atau influencer terkenal yang memiliki pengikut sosial media yang cukup besar.

Namun, untuk melakukan endors, pasti memerlukan biaya yang cukup besar yang dapat memberatkan pemilik bisnis yang masih merintis dan masih takut rugi. Jadi, perlu dipastikan bahwa untuk berhati – hati memilih influencer, pastikan influencer tersebut memiliki jejak digital yang bagus dan pengikut sosial media nya sesuai dengan target pasar kamu.

8. Konsisten Mengunggah Konten

Konsisten dalam membuat konten merupakan strategi pemasaran sosial media yang cukup efektif untuk menjangkau audience akun media sosial bisnis kamu. Selain itu, perlu meningkatkan kualitas konten – konten promosi agar menarik pengikut akun media sosial kamu.

Baca Juga: Jasa Foto Medan

Konten promosi di media sosial jika dilakukan dengan konsisten dapat mengetahui interaksi pengikut kamu di media sosial. Sehingga kepercayaan konsumen dapat meningkat seiring berjalannya waktu. Selain itu dengan mengunggah konten promosi dengan konsisten, dapat menambah pengikut akun media sosial kamu.

9. Melakukan Interaksi yang Menarik

Akun media sosial bisnis kamu perlu berinteraksi dengan akun followers. Media sosial bisnis kamu juga dapat menjadi wadah untuk menanggapi keluhan konsumen atas jasa dan produk yang dipasarkan. Sebagai pemilik bisnis juga harus memberikan solusi atas permasalahan yang dialami konsumen.

Selain itu, kamu juga harus memberikan fast respon terhadap pertanyaan yang diajukan oleh konsumen, bisa melalui direct message atau komentar yang tertera. Jawaban yang ramah dan responsif menjadi bukti bahwa kamu peduli terhadap pelanggan kamu. Kamu bisa mengadakan kuis dan fitur pertanyaan seputar produk kamu di instagram.

10 Melakukan Giveaway di Media Sosial

Giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling  sederhana dan sering digunakan oleh beberapa brand di media sosial. Giveaway adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu brand untuk menarik minat audience pengguna media sosial. Biasanya, giveaway dilakukan jika ingin meningkatkan jumlah leads atau meluncurkan produk baru.

Giveaway juga dapat meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk tersebut dan menguatkan citra suatu brand pada konsumen.  Giveaway menjadi strategi pemasaran yang fleksibel dan dapat menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat.

Untuk mengurangi pengeluaran selama giveaway, akun media sosial bisnis kamu bisa mengajak brand lain untuk berkolaborasi mengadakan giveaway. Apalagi jika berhasil mengajak brand yang sudah terkenal wah, brand kamu bisa kecipratan suksesnya, nih.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran media sosial yang bisa kamu coba pada akun media sosial bisnis kamu untuk memperluas pasar dan membangun brand awareness. Kamu bisa mencoba nya, jika merasa pengikut sosial media kamu tidak mengalami peningkatan bahkan menurun.

Untuk menjalankan strategi tersebut, memang tidaklah mudah. Kamu perlu memantau secara bertahap aktivitas pemasaran di media sosial. Pastikan untuk melakukannya secara bertahap demi menghindari kesalahan taktik yang dapat menghancurkan bisnis kamu. Konsisten dan kesabaran lah yang akan menjadi fokus utama.

Strategi Pemasaran Media Sosial Ala Aidee Lab

Aidee Lab merupakan salah satu agensi pemasaran digital, salah satunya dengan menggunakan media sosial. Aidee Lab menawarkan jasa untuk membantu memasarkan produk dan jasa melalui media sosial. Team Aidee Lab yang profesional dapat membantu bisnis kamu untuk growth lebih cepat. Kamu bisa dengan bebas menentukan jenis layanan digital marketing yang cocok dengan bisnis kamu. Tunggu, apa lagi? Segera konsultasikan ke Aidee Lab.

5/5 - (1 vote)
Nada Safrina
Nada Safrina