fbpx

Sosial Media commerce: Tips Dalam Pengembangan Bisnis

 

 

Sosial Media commerce: Tips Dalam Pengembangan Bisnis

Hallo.. 

Mendengar kata media sosial commerce tentunya yang terlintas di pikiran Anda seputar Instagram, twitter, facebook dan lainnya, jika yang Anda pikirkan adalah hal tersebut maka jawabannya benar, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu sosial media commerce dan keuntungannya, yuk simak informasinya. 

Apa itu Sosial Media Commerce

Social media commerce adalah bentuk perdagangan atau e-commerce yang dilakukan melalui platform media sosial seperti Facebook, instagram, atau twitter. Konsep ini memungkinkan bisnis untuk menjual produk dan jasa mereka secara langsung melalui platform media sosial, dengan cara yang mudah dan terintegrasi dengan pengalaman pengguna. 

Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur seperti tombol belanja, tautan ke toko online, dan fitur pembayaran terintegrasi yang memungkinkan transaksi pembayaran dilakukan di kalangan bisnis karena memungkinkan mereka untuk mencapai pasar yang lebih besar, mengoptimalkan pengalaman pengguna dan meningkatkan penjualan melalui saluran digital. 

Jenis-jenis Sosial Media Commerce

1. E-commerce native

Platform e-commerce seperti lazada, tokopedia, shopee, bukalapak, dan blibli memungkinkan pengguna untuk menjual produk mereka melalui platform media sosial. 

2. Platform pemesanan

Beberapa platform seperti gojek, grab, fan traveloka memungkinkan pengguna untuk memesan produk dan jasa melalui platform media sosial mereka. ‘

3. Pasar sosial 

Platform pasar sosial seperti instagram shopping, Facebook, marketplace dan twitter shop memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual produk di dalam platform media sosial itu sendiri. 

4. Periklanan sosial 

Periklanan sosial memungknkan pengguna untuk menampilkan iklan pada platform media sosial, yang memungkinkan pengguna untuk langsung membeli produk dari iklan tersebut. 

5. chat Commerce 

Beberapa platform media sosial seperti whatsapp, line dan wechat memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi melalui chat dan pembayaran di dalam aplikasi. 

6. Live commerce 

Live commerce adalah bentuk perdagangan langsung yang terjadi pada platform media sosial. penjual dapat memamerkan produk secara langsung kepada pengguna yang menonton. pengguna dapat membeli produk langsung melalui tautan yang disediakan di dalam siaran langsung tersebut. 

Cara kerja sosial media commerce 

Social media commerce atau e-commerce melalui sosial media adalah proses jual beli barang atau jasa melalui platform sosial media commerce:

1. Membuka akun bisnis di platform sosial media yang digunakan, seperti Facebook, Instagram, atau Twitter. 

2. Mengupload produk atau jasa yang ditawarkan dengan deskripsi, harga, dan gambar yang menarik. 

3. Menarik calon pembeli dengan strategi pemasaran, seperti pengguna hashtag, konten menarik, promosi dan iklan berbayar. 

4. Menerima pesanan dan pembayaran melalui platform sosial media tersebut.

5. Mengirim produk atau jasa yang dipesan kepada pelanggan.

6. Memberikan layanan purna jual, seperti garansi, retur, atau pengembalian uang jika diperlukan.

7. Memantau dan meningkatkan reputasi bisnis melalui interaksi dengan pelanggan, memperbaiki produk atau jasa yang ditawarkan, dan menjaga kualitas pelayanan. 

Dalam sosial media commerce, kepercayaan dan reputasi bisnis sangat penting. oleh karena itu,

menghasilkan konten berkualitas dan memberikan layanan pelanggan yang baik dapat membantu bisnis anda tumbuh dan sukses dalam jangka panjang. 

Keuntungan Menggunakan Sosial Media Commerce 

1. Potensi pasar yang besar:

Sosial media memiliki jumlah pengguna yang sangat besar di seluruh dunia,

sehingga dapat menjadi pasar potensial yang besar bagi bisnis

2. Memperluas jangkauan:

Dengan memanfaatkan sosial media, bisnis dapat memperluas jangkauannya dan menjangkau konsumen potensial yang lebih banyak,

termasuk di luar wilayah geografis yang terbatas. 

3. Hemat biaya pemasaran:

Sosial media commerce dapat menghemat biaya pemasaran dengan memanfaatkan strategi organik, seperti membangun kehadiran merek interaksi dengan pengikut,

atau strategi berbayar, seperti iklan berbayar dengan target yang tepat.

4. Meningkatkan interaksi dengan pelanggan:

Bisnis dapat mengembangkan hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan dan membangun kepercayaan melalui interaksi yang lebih sering,

memperhatikan tanggapan pelanggan dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik. 

5. Meningkatkan pengalaman pengguna:

Sosial media commerce dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan menampilkan produk atau jasa secara visual dan memberikan informasi yang lebih jelas dan lengkap.

6. Menyediakan data pengguna:

Sosial media commerce dapat menyediakan data pengguna yang berguna bagi bisnis, seperti data demografis, preferensi, dan perilaku,

yang dapat membantu bisnis memahami pelanggan dan mengoptimalkan strategi pemasaran.

Dengan memanfaatkan keuntungan-keuntungan tersebut, sosial media commerce dapat membantu bisnis meningkatkan penjualan, memperluas pasar, dan membangun kehadiran merek yang lebih kuat. 

Nah Anda sudah mengetahui komponen dalam Seo dan pengembangannya, jika Anda masih bigung untuk mengembangkan tidak perlu khawatir Anda bisa menyewa pembuatan e-commerce development untuk pengembangan bisnis Anda.

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.