fbpx

Sosial Media Marketing: Mengulik Cara live tiktok Bagi Pemula

Sosial Media Marketing: Mengulik Cara live tiktok Bagi Pemula – Aplikasi tiktok merupakan sebuah media sosial yang menampilkan video pendek dengan jenis berbagai video. Video yang disajikan di Dalam Aplikasi tiktok sangat beragam mulai dari video hiburan, video Edukasi, Video kesahatan, sampai video peristiwa nyata.

Saat ini tiktok juga menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digemari oleh beberapa kalangan masyarakat dengan berbagai jenis usia, mulai dari remaja, anak-anak, atau bahkan orang tua.

Aplikasi tiktok juga memiliki fitur live dimana fitur ini sedikit memiliki perbedaan dari fitur live yang ada di instagram. Tiktok juga digunakan sebagai penyaluran kreativitas penggunaanya yang biasanya dimanfaatkan untuk sarana marketing dengan menggunakan fitur live atau icon keranjang kuning.

Hal menarik lainnya fitur live yang terdapat di Tiktok juga bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan loh, ingin tau bagaimana caranya?

Yuk simak selengkapnya!

Syarat live tiktok 

Ada beberapa syrat yang harus Anda penuhi sebelum melakukan live di Tiktok yaitu:

  1. Pastikan Aplikasi Tiktok yang Anda miliki sudah versi terbaru
  2. Pastikan juga Aplikasi Tiktok sudah log in dan usahakan menggunakan email yang aktif
  3. Anda juga harus mempunyai followers minimal 1000 followers
  4. Berusia 16 tahun ke atas
  5. Akun Anda harus terdaftar secara musik
  6. Agar Anda bisa menerima dan memberi gift selama live, maka Anda harus berusia minimal 18 tahun.
  7. Pengaturan privasi perikasa pengaturan akun Anda dan pastikan opsi siaran langsung tidak terbatas atau di blokir.
  8. Pastikan akun Tiktok mematuhi kebijakan komunitas dan pedoman penggunaan Tiktok.

Cara Live tiktok Sendiri

1. Buka Aplikasi TikTok

Pastikan aplikasi TikTok di perangkatmu sudah terpasang dan diperbarui ke versi terbaru. Buka aplikasi TikTok di perangkatmu.

2. Buat Konten Siaran Langsung

Pada layar beranda, di bagian tengah bawah, temukan tombol “+” di bagian tengah bawah layar dan ketuk tombol tersebut. Ini akan membuka kamera TikTok.

3. Pilih “Live” di Bawah Kamera

Di bagian bawah kamera TikTok, kamu akan melihat beberapa pilihan seperti “Live”, “Perekam Video”, “Teks”, dll. Ketuk opsi “Live” untuk memulai siaran langsung.

4. Berikan Judul Siaran Langsung

Setelah memilih “Live”, kamu akan diarahkan ke layar pengaturan siaran langsung. Berikan judul menarik untuk siaran langsungmu agar menarik perhatian pengguna TikTok lainnya.

5. Atur Pengaturan Privasi

TikTok memberikan beberapa opsi privasi untuk siaran langsungmu. Kamu dapat memilih siapa yang dapat melihat siaran langsungmu dengan memilih “Setelan Privasi” dan mengatur apakah ingin membatasi siaran langsung hanya kepada pengikutmu atau membuka akses ke semua orang.

6. Ketuk “Mulai Live”

Setelah mengatur judul dan privasi, ketuk tombol “Mulai Live” untuk memulai siaran langsung. TikTok akan mulai menghubungkanmu dengan penonton dan menghitung mundur selama beberapa detik.

7. Interaksi dengan Penonton

Selama siaran langsung, kamu dapat berinteraksi dengan penonton melalui komentar. Baca dan tanggapi komentar yang muncul di layar untuk menjaga interaksi yang menyenangkan.

8. Selesai dan Simpan Siaran Langsung

Setelah kamu selesai melakukan siaran langsung, ketuk tombol “Selesai” di pojok kanan atas layar. Kamu akan melihat statistik siaran langsung dan ada pilihan untuk menyimpan siaran langsung tersebut ke perangkatmu atau menghapusnya

Cara live tiktok bersama

1. Buka Aplikasi TikTok

Pastikan aplikasi TikTok di perangkatmu sudah terpasang dan diperbarui ke versi terbaru. Buka aplikasi TikTok di perangkatmu.

2. Temukan dan Pilih Teman untuk Live

Di bagian kanan bawah layar beranda, temukan dan ketuk ikon pesan (“Direct Message”). Ini akan membuka layar obrolan TikTok.

3. Undang Teman untuk Bergabung

Di layar obrolan, pilih teman yang ingin kamu ajak bergabung dalam siaran langsung. Ketuk nama teman tersebut dan buka obrolan pribadi dengan teman tersebut.

4. Ketuk Ikona “Live” di Obrolan

Di layar obrolan pribadi dengan temanmu, cari ikon “Live” di bagian bawah layar. Ketuk ikon tersebut untuk mengundang temanmu untuk bergabung dalam siaran langsung.

5. Tunggu Hingga Teman Bergabung

Setelah mengundang temanmu, tunggu hingga temanmu menerima undangan dan bergabung dalam siaran langsung. Temanmu akan muncul di layar siaran langsungmu setelah mereka bergabung.

6. Interaksi dengan Penonton

Saat melakukan siaran langsung bersama, kamu dan temanmu dapat berinteraksi dengan penonton melalui komentar. Baca dan tanggapi komentar yang muncul di layar untuk menjaga interaksi yang menyenangkan.

7. Selesai dan Simpan Siaran Langsung

Setelah kamu selesai melakukan siaran langsung bersama, ketuk tombol “Selesai” di pojok kanan atas layar. Kamu akan melihat statistik siaran langsung dan ada pilihan untuk menyimpan siaran langsung tersebut ke perangkatmu atau menghapusnya.

Gimana?

Udah pada tau ni cara live Tiktok yang disarankan, usahakan untuk tetap mematuhi kebijakan yang diberlakukan ya. Agar akun Anda tidak terkena sanksi atau bahkan di blokir.

Dengan memperhatikan informasi yang kami sajikan Anda dapat memanfaatkan sosial media Tiktok sebagai media untuk menghasilkan uang.

Simak Informasi lainnya: 10 Teknik Desain Konten Instagram Memaksimalkan Potensi Bisnis

Rate this post
Asyia Rodhiah
Asyia Rodhiah

Asyia Rodhiah adalah seorang penulis dan pemerhati digital marketing yang berbakat. Ia telah mempelajari digital marketing selama bertahun-tahun dan telah sukses mengembangkan strategi digital marketing yang efektif untuk berbagai klien.

Selain memiliki keahlian dalam digital marketing, Asyia juga sedang mendalami content writing. Ia memiliki minat yang besar dalam menulis konten yang informatif dan menarik bagi pembaca, dan selalu berusaha untuk meningkatkan keterampilannya dalam menulis.

Asyia sangat percaya bahwa konten yang baik adalah kunci untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan dan konsumen. Ia memahami bahwa konten yang berkualitas dan relevan dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen, memperkuat merek, dan menghasilkan pengunjung yang lebih banyak ke situs web perusahaan.

Dalam karyanya sebagai digital marketer dan penulis, Asyia selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah bagi klien dan pembaca. Ia selalu memahami kebutuhan klien dan membantu mereka mencapai tujuan mereka melalui strategi digital marketing yang efektif dan konten yang berkualitas.