![]()

6 Tips Memilih Konten Iklan yang Ampuh Naikkan CTR
Tips Memilih Konten Iklan – Sebelum menjalankan iklan, kamu perlu susun strateginya terlebih dahulu agar iklan bisa jangkau target audiens lebih luas dan tepat sasaran.
Terkadang ada sebagian pebisnis yang langsung jalankan iklannya dengan menggunakan fitur boost post, dan berharap bisa dapetin calon pelanggan hanya menggunakan fitur tersebut.
Padahal mengandalkan fitur boost saja nggak cukup, kamu perlu buat strategi yang memang terbukti efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu.
Selain perlu gunakan strategi, kamu juga perlu gunakan tools iklan lainnya seperti:
- Google Analytics
- Hootsuite
- Mailchimp
- Google Tag Manager
Nggak hanya buat strategi dan pakai fitur/tools iklan saja, kamu juga perlu memilih konten iklan yang dan relevan dengan bisnismu.
Perlu kamu ingat, nggak semua konten iklan bisa digunakan untuk bisnis tertentu, biasanya ada perbedaan antara konten iklan bisnis jasa dan produk.
Adapun perbedaannya yaitu:
- Bisnis jasa sifatnya nggak berwujud karena hanya menampilkan pengalaman dan keahlian saja
- Bisnis produk sifatnya berwujud karena menampilkan produk yang bisa disentuh dan dilihat
Jadi kalau kamu merupakan pebisnis yang bisnisnya bergerak di bidang jasa, namun bingung ingin memilih konten iklan seperti apa, bisa banget buat simak pembahasan artikel Aidee Lab kali ini, ya!
Artikel kali ini akan bahas tuntas tips memilih konten iklan yang bisa naikkan CTR, khususnya untuk bisnis jasa.
Selain bahas tips memilih konten iklan juga akan akan bahas jenis konten yang bisa kamu gunakan untuk bisnismu.
Simak semua pembahasannya lebih lengkap berikut ini, ya!
Baca Juga: Rekomendasi Jasa Pembuatan Konten Iklan di Medan
6 Tips Memilih Konten Iklan untuk Bisnis Jasa yang Bisa Naikkan CTR
Setiap pebisnis pastinya mau iklan bisnisnya dapetin impression, engagement, konversi, hingga CTR yang tinggi, kan?
Sebenarnya untuk mendapatkan semua itu perlu strategi yang matang, penggunaan tool atau fitur yang mendukung, hingga konten iklan yang menarik.
Dari ketiga hal tersebut, pemilihan konten iklan berperan besar dalam menaikkan CTR lho.
Penasaran gimana tips memilih konten iklan untuk bisnis jasa yang bisa naikkan CTR?
Kamu bisa simak tips memilih konten iklan nya berikut ini, ya:
Pahami Audiens Terlebih Dahulu

Sebelum menentukan ingin menggunakan konsep iklan seperti apa, kamu perlu tahu siapa target audiens bisnismu.
Hal tersebut dilakukan karena setiap jenis jasa punya karakter audiens yang berbeda-beda.
Adapun contohnya yaitu:
- Jasa kontraktor biasanya target audiensnya keluarga atau pasangan muda yang ingin bangun rumah
- Jasa konsultan pendidikan biasanya target audiensnya para guru, kepala sekolah atau yayasan
- Jasa digital marketing biasanya target audiensnya bisnis UMKM yang ingin meningkatkan penjualan online
Semakin kamu paham target audiens, mulai dari usia hingga masalah utamanya, maka semakin mudah kamu membuat konten iklan yang relevan.
Kamu bisa gunakan insight dari Google Analytics atau Meta Ads untuk mengkategorikan audiens mana yang benar-benar butuh jasamu.
Gunakan Hook yang Menarik
Kamu hanya punya waktu 3 detik pertama saja buat audiens tertarik untuk gunakan jasamu! Makanya penting banget buat hook yang menarik untuk konten iklan.
Kalau hook yang dibuat biasa saja, yang ada CTR jadi rendah karena audiens nggak tertarik nge-klik iklanmu lebih lanjut.
Ada beberapa hook yang bisa kamu cobain untuk konten iklanmu, di antaranya:
- Pain-based hook
- Gain-based hook
- Curiosity hook
- Data hook
Kamu juga harus pastiin kalau hooknya langsung ngangkat masalah utama audiens, nggak hanya sekedar memperkenalkan brandmu.
Perlu kamu ingat & catat! Audiens nggak peduli brandmu apa, mereka hanya peduli manfaat brandmu untuk mereka.
Pilih Format Konten Iklan Sesuai Platform

Ternyata format konten iklan yang digunakan berpengaruh pada CTR lho. Berikut ini beberapa format yang terbukti efektif untuk bisnis jasa:
- Video reels atau short video
- Carousel
- Single image
- Copywriting & visual testimonial
Mengandalkan format konten iklannya saja nggak cukup, kamu perlu buat headline menarik, visual yang rapi, dan CTA yang jelas biar bisa naikkan CTR.
Sebagai tips buat kamu yang beriklan di Meta Ads, coba lakukan pengujian 2-3 format iklan sekaligus. Hal ini dilakukan untuk cari tahu format mana yang CTR nya tinggi.
Baca Juga: Buat Konten Iklan dengan Jasa Pembuatan Konten Instagram
Berikan Social Proof
Bisnis jasa itu selalu bergantung pada kepercayaan audiens. Orang-orang akan nge-klik iklanmu kalau mereka percaya brandmu bisa atasi masalah mereka.
Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kepercayaan audiens melalui konten iklan, di antaranya:
- Tampilkan hasil kerja before after
- Tampilkan testimoni klien
- Cantumkan nomor WhatsApp atau alamat kantor
- Gunakan logo klien atau proyek yang pernah dihandle
- Tambahkan foto tim atau proses kerja
Gunakan Bahasa yang Humanis
Biasanya iklan bisnis jasa sering gagal karena bahasa yang digunakan terlalu baku. Padahal, audiens khususnya di sosmed lebih suka bahasa yang humanis seperti hangat, ringan dan relate dengan mereka.
Bahasa humanis membuat brandmu terasa lebih dekat, mudah dipahami, dan membuat audiens ingin tahu lebih jauh mengenai brandmu.
Menambahkan Elemen Visual yang Menarik & Unik

Banyak orang yang menganggap kalau visual yang menarik berarti harus terlihat mahal. Padahal, cukup menggunakan elemen visual yang jelas, rapi, dan sesuai pesan saja sudah cukup menarik.
Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk penggunaan elemen visual, yaitu:
- Gunakan warna brand yang konsisten
- Jangan gunakan teks terlalu panjang dalam satu frame
- Sisipkan ikon, checklist, atau emosi untuk menarik perhatian audiens
- Tambahkan CTA dalam visual
Khusus bisnis jasa kontraktor, usahakan gunakan foto real project untuk bangun kepercayaan audiens.
Baca Juga: Format Iklan Facebook: Single Image, Carousel, dan Video Ads
Jenis Konten Iklan yang Cocok untuk Bisnis Jasa
Setelah membahas tips memilih konten iklan yang bisa naikkan CTR, maka kali ini akan bahas jenis konten iklan yang cocok untuk bisnis jasa biar kamu nggak bingung lagi nentuin ingin gunakan konten iklan seperti apa.
Berikut ini beberapa jenis konten iklannya:
Konten Edukasi
Konten edukasi merupakan jenis konten yang memberikan informasi mengenai manfaat layanan yang kamu tawarkan.
Jenis konten ini cukup efektif buat bangun awareness, menampilkan value, dan membuat audiens percaya bahwa brandmu benar-benar bisa berikan solusi bagi mereka.
Konten Testimoni & Social Proof
Dalam bisnis jasa, reputasi merupakan segalanya. Orang perlu tahu bahwa layanan kamu memang terbukti dan bisa digunakan oleh banyak orang.
Kamu bisa gunakan bentuk testimoni & social proofnya seperti berikut:
- Testimoni
- Review
- Before–after pekerjaan
- Cerita perjalanan klien (case study)
Baca Juga: Apa Itu Creative Testing? Rahasia Iklan Viral yang Sering Dilewatkan
Konten Demonstrasi
Audiens ingin tahu bagaimana kamu bekerja. Konten behind the scenes ini bisa kamu gunakan untuk memperlihatkan bahwa prosesnya dilakukan secara profesional dan nggak asal-asalan.
Konten Problem-Solution
Jenis konten iklan ini paling persuasif untuk bisnis jasa karena bisa langsung menyasar masalah yang dialami audiens dan kamu bisa menawarkan solusi dari brandmu.
Itulah beberapa tips memilih konten iklan sekaligus jenis konten yang bisa kamu gunakan untuk bisnis jasa.
Jika kamu ingin buat konten iklan, namun nggak sempat dan bingung mulai dari mana, bisa banget percayakan jasa pembuatan konten iklan dari Aidee Lab.
Tenang saja, kami udah berpengalaman dalam membuat berbagai konten iklan bisnis jasa, mulai dari FnB, konsultan pajak, kontraktor, hingga klinik gigi.
Kalau kamu tertarik dan ingin bekerja sama bisa klik link ini buat mulai konsultasi GRATIS bersama tim profesional kami!


