
Tips Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis Setelah Banyak Chat Masuk
Tips Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis – Dari sekian banyaknya media digital yang bisa digunakan untuk berbisnis online, Whatsapp Bisnis merupakan salah satu media yang paling efektif untuk melakukan pemasaran dan berkomunikasi dengan pelanggan.
Dengan menggunakan Whatsapp Bisnis, kamu bisa lebih cepat membalas calon pelanggan dibandingkan melalui DM atau inbox di sosmed, yang mana belum tentu bisa kamu balas cepat pesannya.
Hal tersebut tentunya membuat calon pelanggan tidak perlu menunggu balasan pesan mu sampai berjam – jam. Sehingga mereka bisa langsung order produk yang kamu jual!
Namun sebagian pebisnis masih ada yang mengalami kesulitan menggunakan Whatsapp Bisnis, biasanya pebisnis pemula sering mengalami hal tersebut.
Sebenarnya ada tips mengoptimalkan Whatsapp Bisnis yang bisa dilakukan oleh pebisnis pemula agar lebih mudah memasarkan brand mereka dan berkomunikasi dengan calon pelanggan.
Buat kamu yang masih pebisnis pemula, dan bingung bagaimana cara mengoptimalkan Whatsapp Bisnis, bisa simak pembahasan berikut ini, ya!
Baca Juga: Jasa Iklan Meta Ads Terbaik untuk Semua Bisnis
Tips Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis yang Tepat
Leads potensial banyak yang masuk, namun bingung gimana caranya mengoptimalkan chat tersebut?
Kamu bisa simak pembahasan berikut yang membahas mengenai tips mengoptimalkan WhatsApp Bisnis.
Dengan pembahasan berikut, nantinya kamu tidak perlu lagi kebingungan menggunakan WhatsApp Bisnis. Untuk lebih lengkap mengenai tipsnya simak pembahasan berikut ini!
Menggunakan Fitur Label Untuk Mengkategorikan Chat
Salah satu fitur dari WhatsApp Bisnis yang bisa kamu gunakan yaitu fitur label.
Dengan menggunakan fitur tersebut mempermudah kamu untuk menandai setiap chat sesuai kategori. Contohnya:
- Pelanggan baru
- Prospek potensial
- Pesanan dalam proses
- Selesai / closing
- Follow up
Dengan fitur label, kamu tidak akan bingung untuk membedakan chat mana yang butuh respon cepat, sudah selesai, dan perlu dilanjutkan.
Bisa dibilang dengan menggunakan fitur tersebut membantu kamu dan tim agar tidak melewatkan peluang!
Menggunakan Pesan Otomatis

Chat yang masuk terkadang menumpuk, dan tidak mungkin menjawab semua chat tersebut secara manual dalam waktu singkat.
Di WhatsApp Bisnis memiliki fitur pesan otomatis yang membantu kamu untuk menjawab chat yang masuk. Ada tiga jenis pesan otomatis yang bisa kamu gunakan, di antaranya:
- Pesan Sambutan: Biasanya pesan otomatis ini dikirim secara otomatis ketika calon pelanggan pertama kali menghubungi mu. Isi pesannya yaitu, “Halo, terima kasih sudah menghubungi Aidee Lab. Tim kami akan segera melayani Anda.”
- Pesan Saat Tidak Aktif: Pesan ini otomatis dikirim saat di luar jam kerja. Adapun isi pesannya yaitu, “Saat ini kami sedang offline. Admin akan membalas pesan Anda esok hari pukul 09.00 – 17.00 WIB.”
- Balasan Cepat: Pesan otomatis yang satu ini isinya template jawaban singkat untuk pertanyaan yang sering ditanyakan. Contohnya, “/harga” untuk membuat pesan yang berisikan detail harga produk
Dengan menggunakan fitur pesan otomatis, calon pelanggan akan tetap merasa dilayani meskipun Anda belum sempat membalas pesannya secara manual.
Mengatur Jam Operasional
Terkadang sebagian calon pelanggan berharap mendapat balasan cepat kapan pun.
Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mengatur jam operasional yang jelas, dan jangan lupa untuk menginformasikannya ke mereka melalui:
- Pesan sambutan otomatis
- Bio WhatsApp
- Status WhatsApp
Kamu bisa buat isi pesannya seperti berikut: “Jam operasional: Senin – Sabtu, pukul 09.00 – 17.00 WIB.”
Dengan membuat pesan otomatis untuk jam operasional, calon pelanggan bisa tahu dan paham kapan mereka bisa mendapatkan respon cepat agar tidak kecewa jika balasan chatnya lambat karena di luar jam kerja.
Mengoptimalkan WhatsApp Bisnis API

Jika chat yang masuk sudah sampai ratusan hingga ribuan per hari, menggunakan WhatsApp Bisnis saja tidak cukup. Kamu perlu pertimbangkan menggunakan WhatsApp Bisnis API.
Tentunya ada keunggulan menggunakan WhatsApp Bisnis API, di antaranya:
- Bisa diintegrasikan dengan CRM atau sistem manajemen pelanggan
- Bisa multi-admin sehingga admin bisa menjawab pesan dari satu nomor yang sama
- Memiliki fitur otomatis yang lebih kompleks seperti chatbot, autoresponder dengan basis AI, hingga notifikasi massal
Dengan menggunakan WhatsApp Bisnis API, kamu bisa konsisten untuk membalas chat dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas interaksi.
Membuat Template Jawaban FAQ
Biasanya chat yang masuk selalu mempertanyakan pertanyaan yang sama seperti harga, ongkos kirim, cara pembayaran, hingga status pengiriman.
Jadi untuk menghemat waktu membalas pesannya, kamu bisa membuat template jawaban FAQ! Adapun contoh templatenya berikut ini:
Pertanyaan: “Berapa harga facial wash W?”
Jawaban: “Harga facial wash W adalah Rp79.000 sudah gratis pouch make up. Untuk detail pembayaran bisa klik link berikut: (tautan pembayaran).”
Template jawaban ini bisa kamu simpan di bagian balasan cepat atau dokumen internal tim, sehingga admin tinggal copy-paste tanpa harus mengetik ulang berkali – kali.
Menggunakan Fitur Katalog

Daripada admin harus menjelaskan produk satu per satu melalui chat, kamu bisa gunakan fitur katalog di WhatsApp Bisnis!
Kamu bisa unggah foto produk, mengisi deskripsi, harga, dan tautan langsung ke pembelian.
Keuntungan menggunakan fitur katalog yaitu:
- Pelanggan bisa melihat produk sendiri tanpa harus menunggu balasan chat
- Admin bekerja lebih efisien karena cukup mengarahkan calon pelanggan menuju ke katalog
- Proses penjualan jadi lebih cepat
Dari beberapa tips mengoptimalkan WhatsApp Bisnis tersebut, kamu bisa menghindari berbagai kesalahan yang bisa berdampak negatif pada bisnismu.
Berikut ini beberapa kesalahan dalam menggunakan WhatsApp Bisnis yang harus kamu hindari kalau tidak ingin bisnismu jadi rugi!
Baca Juga: Jasa Kelola Facebook Full Service untuk Bisnismu
Kesalahan Menggunakan WhatsApp Bisnis yang Harus Dihindari
Beberapa kesalahan ini terkadang tidak disadari oleh pebisnis, dan akibatnya berdampak ke penjualan mereka yang mengalami stuck atau penurunan.
Biar tidak mengalami hal seperti itu, kamu bisa hindari beberapa kesalahan berikut ini saat menggunakan WhatsApp Bisnis:
Profil Bisnis Kurang Lengkap
Terkadang pebisnis sering lupa mencantumkan nama bisnis, alamat, deskripsi usaha, hingga jam operasional.
Selain itu, tidak menggunakan logo resmi sebagai foto profil membuat bisnis terlihat kurang profesional.
Hal ini tentunya membuat pelanggan jadi bingung dan ragu untuk menghubungi mu.
Respon Chat yang Lambat
Balasan pesan terlalu lama membuat pelanggan lari ke kompetitor lain. Maka dari itu, penting sekali untuk menggunakan fitur pesan otomatis agar interaksi tetap terjaga.
Broadcast Promosi yang Berlebihan
Pesan promosi yang dikirim setiap hari membuat pelanggan jadi terganggu dan beresiko diblokir oleh pelanggan.
Mengabaikan Keamanan Akun WhatsApp Bisnis
Tidak mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun WhatsApp Bisnis dan membagi akses akunnya sembarangan bisa berisiko diretas.
Biar leads yang masuk ke WhatsApp Bisnis lancar dan berpotensial, maka kamu perlu beriklan di Meta Ads maupun Google Ads.
Namun untuk mengiklankan bisnis di media tersebut membutuhkan waktu dan tenaga lebih yang mana fokus membalas chat pelanggan jadi terbagi.
Agar tidak menganggu fokus mu saat membalas chat pelanggan, kamu bisa menggunakan jasa digital marketing saja!
Berikut ini rekomendasi jasa digital marketing yang terpercaya dan berpengalaman dalam menghandle iklan berbagai jenis bisnis.
Baca Juga: Jasa Facebook Ads Terbaik & Terpercaya untuk Bisnismu!
Jasa Digital Marketing Terpercaya & Berpengalaman
Bagi kamu yang sedang mencari jasa digital marketing yang terpercaya dan berpengalaman, bisa percayakan Aidee Lab saja!
Iklan mu nantinya akan dihandle oleh tim advertiser yang berpengalaman, sehingga hasilnya banyak leads potensial yang masuk dan penjualan meningkat.
Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi tim Aidee Lab melalui nomor berikut: