fbpx

Tren Promosi di TikTok, Ketahui Tips Ini Sebelum Mencobanya !

Tips Pemasaran Lewat TikTok

Dalam era digital, promosi di TikTok sudah menjadi hal umum dalam membantu meningkatkan penjualan produk dan jasa. Tiktok telah menjadi platform yang sangat potensial dalam meningkatkan penjualan. Apalagi tiktok sudah bekerja sama dengan salah satu e – commerce di Indonesia yaitu Tokopedia, membuat tiktok semakin membuka peluang untuk para pelaku bisnis memasarkan produk dan jasa mereka. Promosi di TikTok sudah gencar sejak awal pandemi covid – 19.

Jika target pasar bisnis kamu adalah generasi y dan z, kamu bisa mencoba untuk mengikuti tren dengan promosi di TikTok. Namun sebelum mencobanya, mari pelajari tips untuk promosi produk dan jasa di Tiktok melalui artikel ini. Yuk, disimak !

Baca Juga: Apa Itu Influencer Marketing ?

Tips Promosi di TikTok

Promosi di TikTok dapat menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas, terutama jika dilakukan dengan kreativitas dan menyesuaikan dengan tren yang ada. Berikut tips promosi di tiktok yang tepat:

1. Membuat Akun Bisnis

Langkah awal dalam promosi di TikTok adalah dengan membuat akun bisnis terlebih dahulu di TikTok. Akun bisnis memberikan akses ke fitur analitik yang membantu kamu melacak kinerja konten kamu. Dalam akun bisnis, kamu dapat memilih jenis bisnis yang ingin kamu promosikan.

Tujuannya adalah agar target audiens kamu dapat disesuaikan dengan jenis bisnis kamu. Akun bisnis kamu juga dapat dihubungkan dengan akun instagram, proses ini memudahkan bisnis kamu untuk mendapat akses pemasaran yang lebih mudah.

2. Memahami Audiens

Setelah membuat akun tiktok bisnis, kamu harus mengenal dan mempelajari audiens kamu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu dalam membuat konten. Konten yang baik adalah konten yang menarik dan tepat sasaran. Sasaran audiens yang tepat dapat membuat bisnis kamu ekspansi lebih luas  dan lebih besar.

Kamu juga harus memahami minat dan ketertarikan audiens kamu dalam suatu hal. Membuat konten yang menarik mengundang audiens yang lebih besar untuk mampir ke akun kamu.

Baca Juga : 6 Tips Social Media Marketing untuk Meningkatkan Traffic

3. Membuat konten yang menarik

Promosi di TikTok harus membuat konten yang menarik dan kreatif untuk mengundang audiens tiktok untuk melihat akun kamu. Konten video yang menarik dapat membuat views video TikTok kamu jadi bertambah seiring berjalannya waktu.

Ada banyak jenis konten TikTok yang lagi banyak digunakan oleh kreator TikTok seperti POV, a day in My Life, Stitch Konten orang lain, tutorial, review produk, challenge dan sebagainya. Kamu juga harus memahami tren yang sedang viral. Baru – baru ini, ada tren konten “ Hai Kids, This is your mom or dad “. Tren – tren seperti ini dapat kamu jadikan acuan untuk membuat konten.

4. Menggunakan Hashtag dan Sound yang Tren

Hashtag pada konten TikTok sangat penting dalam menaikkan viewers dan like pada setiap konten yang diunggah ke TikTok. Hashtag di TikTok dapat memunculkan konten kamu pada mesin pencari. Selain hashtag,  konten TikTok kamu juga harus menggunakan sound yang sedang tren dan viral.  Sound yang lagi ramai digunakan oleh pengguna

TikTok memungkinkan kenaikan viewers dalam waktu dekat. Jadi, pastikan mengetahui sound – sound yang sedang viral di TikTok. Kamu bisa mencari di mesin pencarian TikTok untuk mengetahui sound yang sedang ramai diperbincangkan.

Baca Juga : Strategi Konten Marketing yang Menarik bagi Pelanggan?

5. Kolaborasi dengan Konten Kreator

Berkolaborasi dengan konten kreator di TikTok memberikan pengaruh terhadap ekposure dan engagement akun bisnis tiktok kamu. Berkolaborasi dan bekerja sama dengan konten kreator dengan jumlah pengikut yang lebih besar merupakan salah satu cara promosi di TikTok yang cepat tapi, cukup mengeluarkan budget yang besar. Jadi, pastikan kamu menemukan konten kreator yang sesuai dengan budget untuk promosi bisnis online kamu di TikTok. Lalu, juga pastikan konten kreator yang kamu pilih sesuai dengan audiens target bisnis kamu. Jangan lupa untuk meminta portofolio konten kreator tersebut agar kamu mendapat gambaran mengenai brief yang tepat untuk promosi akun bisnis TikTok kamu.

6. Konsisten Membuat Konten

Promosi di TikTok harus konsisten dalam membuat konten. Konsisten dalam membuat dan mengunggah konten di TikTok membantu menaikkan akun kamu semakin dikenal oleh pengguna TikTok. Akun bisnis kamu juga memiliki peluang yang besar untuk mendapat centang biru di TikTok. Jadi, seiring berjalannya waktu, akun bisnis kamu jadi makin di notice oleh banyak pengguna di TikTok.

Selain konsisten, kamu harus mengetahui jadwal dan waktu yang tepat untuk mengunggah konten TikTok kamu agar FYP. Intinya, konsisten dalam membuat konten dapat membangun loyalitas audiens

7. Mempelajari Algoritma TikTok

Algoritma TikTok didasarkan pada jumlah like, komen, share dan search video yang ditonton oleh pengguna. Dalam mempromosikan produk dan jasa di TikTok maka, perlu mempelajari sistem algoritma TikTok itu sendiri. Algoritma TikTok akan muncul secara berkala di FYP ( For Your Page ) akun pengguna.

Usahakan konten kamu di TikTok banyak disukai oleh audiens kamu. Jika pengguna menekan tombol “ not interested “ pada konten kamu, maka dipastikan akan  sulit untuk konten kamu FYP di TikTok pengguna lainnya.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Algoritma Tiktok Untuk Menaikkan Engagement

8. Menggunakan Iklan TikTok

Jika memungkinkan, kamu sebagai pemilik bisnis dapat menggunakan iklan Tiktok sebagai salah satu langkah promosi di TikTok. Fitur iklan dapat kamu manfaatkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Beberapa bisnis banyak yang tumbuh dan besar di TikTok karena harga yang ditawarkan di TikTok jauh lebih murah dan menjangkau audiens yang lebih luas. Pertumbuhan audiens juga lebih cepat menjangkau banyak kalangan terutama generasi muda.

9. Meningkatkan Intensitas Interaksi dengan Pengguna

Konten yang mendapatkan lebih banyak interaksi dengan pengguna TikTok lainnya seperti komentar dan share akan lebih diunggulkan oleh algoritma. Hal ini dapat terjadi karena algoritma TikTok sangat memperhatikan interaksi pengguna TikTok lainnya,

Sebagai akun bisnis, kamu perlu meningkatkan interaksi dengan berbagai cara seperti membalas komentar baik berupa video dan teks dan fast respon membalas direct message pelanggan. Sekali – kali kamu juga harus melakukan live di TikTok untuk memunculkan kepercayaan audiens terhadap bisnis yang kamu miliki.

Banyak bisnis yang melakukan penjualan melalui Live di TikTok. Apalagi saat live TikTok banyak memberikan diskon yang jauh sekali dari harga pasar. Membuat pemilik bisnis dan pelanggan merasa senang dalam bertransaksi jual beli.

Baca Juga; Cara Agar Video Tiktok FYP

Promosi di TikTok Lewat AideeLab

Kamu merasa kerepotan dalam mempromosikan produk dan jasa kamu di TikTok?. Bingung dan takut salah dalam proses pemasaran di TikTok? Sekarang tidak perlu khawatir kini, ada AideeLab yang dapat menangani keluh kesah kamu dalam promosi di TikTok.

AideeLab merupakan perusahaan digital marketing yang berfokus membantu UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui platform digital. Terletak di Kota Medan, membuat kamu pemilik usaha UMKM di kota Medan untuk tidak perlu repot dan bingung harus menaikkan penjualan ke pasar nasional. AideeLab ada untuk anda.

 

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina