fbpx

10 Tips Memilih Agency Digital Marketing, Cek Faktanya!

Memilih Agency Digital Marketing

Agency digital marketing sangat dibutuhkan di era digital dalam promosi pemasaran online. Sebuah agensi pemasaran online adalah perusahaan yang menyediakan berbagai layanan terkait periklanan dan pemasaran kepada konsumen, klien atau perusahaan yang bekerja sama melalui platform online.

Agensi pemasaran online  bekerja untuk mengembangkan, merancang, dan melaksanakan kampanye iklan dengan tujuan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek klien mereka. Tugas utama agen pemasaran online meliputi perencanaan dan pelaksanaan iklan secara digital, manajemen media sosial, Mengoptimalkan SEO ( Search Engine Optimization, dan analisis kinerja digital pada konsumen dan klien.

Terdapat banyak agency digital marketing yang berdiri di Indonesia. Namun, jika ingin menggaet sebuah agensi maka ada beberapa faktor  yang perlu diperhatikan sebelum menggaet agensi sebagai partner bisnis kamu. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan taktik demi kesuksesan iklan bisnis kamu.

Baca Juga : Mencari Digital Marketing Agency Medan Terbaik untuk Startup Anda

Tips Memilih Agency Digital Marketing

Berikut tips memilih agency yang tepat untuk berkolaborasi dalam mempromosikan bisnis kamu:

1. Melihat Spesialisasi dan pengalaman

Sebelum memilih agency digital marketing, kamu perlu melihat dan meninjau spesialisasi dan pengalaman agensi tersebut. Sesuaikan industri atau bidang bisnis dengan agensi yang ingin diajak berkolaborasi. Pastikan pengalaman agensi tersebut pernah menangani proyek yang serupa.

Jika sudah meninjau spesialisasi dan pengalaman agensi tersebut, kamu sudah mempunyai gambaran mengenai iklan online seperti apa yang ingin kamu gunakan.

2. Melihat Portofolio Klien

Setelah melihat dan meninjau spesialisasi agensi tersebut, kamu harus mengamati portofolio agensi pada klien sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memahami hasil kinerja agensi sebelumnya.

Kamu juga harus bisa memastikan portofolio agensi tersebut memiliki pengalaman menangani proyek bidang bisnis yang sama. Pengalaman agensi dapat kamu jadikan acuan dalam memilih iklan seperti apa yang ingin kamu buat untuk bisnis online kamu.

3. Meninjau Strategi Pemasaran

Dalam memilih agency digital marketing, kamu bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai pendekatan dan strategi pemasaran digital yang diterapkan.

Hal ini dilakukan agar mengetahui strategi pemasaran agensi tersebut sesuai dengan tujuan bisnis kamu. Selain itu, pastikan agensi tersebut dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai dengan model bisnis kamu.

4. Pemahaman Terhadap Target Audiens

Setiap agensi seharusnya memiliki pemahaman mendalam mengenai tujuan target audiens bisnis setiap klien nya. Jadi, pastikan agensi tersebut sudah memahami target audiens bisnis kamu agar konten yang mereka ajukan dapat tepat sasaran. Kamu juga harus mempertimbangkan agensi tersebut dapat menciptakan konten yang relevan dan menarik.

 Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Media Sosial Yang Ampuh

5. Analisis Kinerja dan Laporan

Sebagai pemilik bisnis, pastikan kamu sudah menganalisis kinerja dan laporan agency digital marketing yang kamu pilih. Kamu juga harus memastikan agensi tersebut dapat memberikan laporan kinerja secara berkala. Kamu juga harus menanyakan hasil yang terukur pada kinerja mereka.

6. Teknologi dan Alat

Kamu juga harus menanyakan teknologi dan alat yang digunakan agensi tersebut dalam membuat dan mengelola iklan sebelumnya. Kamu juga harus dapat melihat bahwa mereka cukup mengetahui perkembangan tren terkini dalam pemasaran digital.

Teknologi atau alat yang digunakan agensi dapat menjadi patokan kamu untuk membuat perjanjian kerjasama yang ingin dilakukan. Teknologi dan alat tersebut juga dapat membuat kamu memahami rincian pembiayaan yang akan dibayarkan pada agensi tersebut.

7. Biaya dan ROI

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan agency digital marketing tersebut, kamu harus bisa menentukan anggaran atau budget yang kamu miliki. Setelah itu, kamu bisa berdiskusi dengan agensi tersebut mengenai biaya layanan yang sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Fokuskan pada pengembalian investasi atau ROI ( Return on Investment). Dalam investasi digital, ROI adalah tingkat pengembalian investasi yang digunakan dalam membantu mengukur keefektifan investasi yang dinyatakan sebagai persentase dari jumlah investasi awal. Semakin tinggi roi maka, semakin efektif investasi tersebut.

Baca Juga : Bongkar Strategi ; Harga Jasa Digital Marketing

8. Ulasan dan Rekomendasi

Kamu juga bisa mencari ulasan klien atau konsumen sebelumnya, yang dapat memberikan pengawasan dan gambaran mengenai pengalaman selama bekerja sama dengan agensi tersebut. Kamu bisa membaca ulasan klien sebelumnya pada platform yang terpercaya. Hal ini dilakukan untuk memberikan keyakinan terhadap agensi yang diinginkan.

9. Komunikasi dan Keterlibatan

Sistem komunikasi agency digital marketing harus baik dan cepat tanggap. Komunikasi yang terjalin antara agensi dan klien dapat mencegah terjadinya kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Kamu juga perlu mengkaji tingkat keterlibatan agensi terhadap klien sebelumnya dengan pertanyaan seputar kerjasama.

Baca Juga : Jasa Konten Marketing: Membuat Kalender Konten Marketing yang Efektif

10. Perjanjian dan Kontrak

Sebelum menandatangani kontrak, kamu harus memeriksa semua persyaratan yang diajukan dengan cermat dan detail agar tidak terjadi kesalahpahaman selama bekerja sama. Kamu juga harus memastikan kejelasan mengenai tanggung jawab dan waktu pelaksanaan kerja sama.

Selalu mengingat durasi atau masa berlaku kontrak dan ketentuan perpanjangan atau pemutusan kontrak yang berlaku. Kamu juga bisa meminta agensi untuk menyertakan ketentuan mengenai sistem perubahan dan pemutusan kontrak dapat dilakukan. Kedua belah pihak juga sudah menyepakati hukuman atau sanksi yang akan diterapkan, jika salah satu pihak tidak memenuhi kewajibannya.

Rekomendasi Agency Digital Marketing

Jika kamu takut akan resiko terhadap agency digital marketing yang dipilih, artikel ini merekomendasikan AideeLab sebagai agensi pemasaran digital yang terpercaya. AideeLab merupakan perusahaan pemasaran digital yang berbasis di kota Medan. AideeLab memiliki tim yang terdiri dari para ahli yang memiliki pengalaman yang luas dalam membuat konten  dengan berbagai bidang seperti artikel web, Video, dan desain grafis.

Rekomendasi desain AideeLab dapat mencerminkan identitas dan keunikan bisnis kamu. Mereka siap membantu bisnis kamu dalam berbagai hal, mulai dari desain logo, brosur, produk packaging, dan website. AideeLab sangat mengutamakan kepuasan pelanggan dan AideeLab akan memastikan sebaik – baiknya bahwa layanan tersebut  sangat memuaskan para pelanggannya.

Selain itu, mereka juga memastikan bisnis  yang kamu miliki sampai dengan target pasar yang ingin dicapai. So, jangan ragu untuk memilih AideeLab sebagai media promosi bisnis online kamu !

Itulah beberapa tips yang dapat digunakan ketika memilih agency digital marketing yang tepat. Keberhasilan memilih agensi digital marketing juga terletak pada kesesuaian strategi dengan tujuan bisnis, evaluasi rekam jejak agensi, kemampuan pengukuran kinerja dan pengalaman agensi sebelumnya, dan pentingnya komunikasi yang efektif antara bisnis dan agensi.  Pemilihan agensi yang tepat dampak memberikan dampak positif dalam mencapai keberhasilan dan kesuksesan iklan bisnis tersebut.

Rate this post
Nada Safrina
Nada Safrina