4 Cara Kelola Sosmed Bisnis Biar Makin Dikenal

Kelola Sosmed Bisnis – Dalam menjalankan bisnis, memiliki nomor bisnis saja tidak cukup, pebisnis juga perlu membuat akun sosial media sebagai media promosi maupun beriklan.

Selain menjadi media promosi dan beriklan, sosial media juga bisa dijadikan media informasi serta interaksi bersama followers.

Ketika memutuskan untuk membuat akun sosmed, pastikan kamu konsisten untuk mengelolanya secara rutin agar meningkatkan engagement dan brand awareness.

Biasanya pebisnis sering mengalami kesulitan untuk mengelola sosmed karena fokusnya terbagi – bagi.

Misalnya harus balas chat pelanggan, menyediakan stok produk, menghubungi supplier, dan lainnya.

Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan seorang pebisnis tentunya tidak ada waktu untuk kelola sosmed bisnis, sehingga pebisnis perlu rekrut pegawai baru khusus untuk kelola sosmed.

Jika sosmed tidak dikelola dengan rutin, yang ada nantinya bisa berdampak pada jumlah penjualan yang menurun.

Terlebih lagi jika sosmed merupakan sumber utama untuk mendapatkan calon pelanggan baru.

Untuk kelola sosmed bisnis tidak hanya rutin posting konten saja, ada cara khusus lain yang tidak boleh dilakukan secara asal – asalan.

Biasanya sebagian pebisnis ‘nekat’ melakukan kelola sosmed sendiri tanpa ada basic pengetahuan dalam bidang sosmed.

Tidak jarang juga mereka melakukan berbagai kesalahan saat mengelola sosmed, yang mana menyebabkan bisnis jadi ikutan berdampak.

Mau itu penjualan menurun atau mengalami stuck, reputasi brand yang buruk, dan lainnya.

Jika kamu ingin tahu apa saja kesalahan yang sering dialami dan dilakukan oleh pebisnis saat kelola akun sosmed, bisa simak pembahasan selanjutnya ya!

Baca Juga: 9 Alasan Kamu Perlu Menggunakan Jasa Kelola Sosmed

5 Kesalahan Saat Kelola Sosmed Bisnis

Dikarenakan tidak ada pemahaman basic mengenai bidang sosmed, tidak jarang pebisnis melakukan berbagai macam kesalahan yang mengakibatkan bisnis mereka jadi rugi.

Agar kamu tidak mengalami kerugian saat kelola sosmed bisnis, berikut beberapa kesalahan yang sering dialami dan dilakukan oleh pebisnis saat mengelola sosmed yang sebaiknya kamu hindari!

1. Tidak Memiliki Tujuan yang Jelas

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis saat kelola sosmed bisnisnya yaitu tidak memiliki tujuan yang jelas.

Biasanya pebisnis yang tidak punya pengetahuan di bidang sosmed hanya posting konten sesuka hatinya saja.

Contohnya hari ini posting konten promosi, besoknya foto random tanpa adanya penjelasan di caption.

Orang yang melihat sosmed bisnis tersebut pun merasa kebingungan dan tidak mengerti apa maksud dari tujuan tersebut.

Maka dari itu, penting sekali untuk menentukan tujuan saat mengelola sosmed, pastikan tujuanmu ingin seperti apa.

Apakah ingin mendapatkan leads, meningkatkan brand awareness atau penjualan?

2. Tidak Konsisten Saat Posting Konten

Kesalahan yang satu ini juga sering terjadi dan dialami oleh para pebisnis!

Awalnya bersemangat buat posting konten setiap hari tapi ujung – ujungnya kehabisan ide dan akhirnya jadi jarang buat posting konten.

Selain kehabisan ide, terkadang pebisnis tiba – tiba jadi sibuk ngurus pelanggannya sehingga tidak sempat urus sosmednya.

Perlu kamu ingat kalau konsistensi kelola sosmed bisnis itu penting sekali agar algoritma tetap terjaga dan audiens jadi percaya dengan brandmu.

Kalau sosmedmu jarang ada postingan, yang ada nantinya orang – orang beranggapan kalau akunmu tidak aktif lagi.

Tips buat mengatasi kesalahan ini yaitu kamu perlu membuat kalender konten mingguan atau bulanan.

Dengan adanya kalender tersebut, kamu bisa atur ingin membahas topik apa dan kapan jadwal posting kontennya, sehingga kamu tidak perlu bingung lagi.

3. Tidak Paham Baca Insight & Data

Sudah susah mikirin ide, buat konten, dan rajin posting tapi tidak bisa baca data performa, jadinya sia – sia!

Di setiap media sosial punya fitur insight yang bantu kamu buat analisis konten mana yang performanya bagus dan mana yang kurang.

Dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa tahu konten seperti apa yang disukai audiens dan bisa memperbaiki strategi yang kurang bagus.

Biasanya data yang bisa dilihat di fitur insight seperti jumlah likes, komentar, reach, hingga demografi followers.

Dari data tersebut, kamu juga bisa membuat strategi yang lebih tepat sasaran.

Baca Juga: Jasa Kelola Sosial Media Ini Bisa Bantu Kelola Sosmedmu!

4. Respons yang Lambat

Masih banyak pebisnis yang beranggapan kalau media sosial hanya sekedar sebagai tempat posting konten atau media promosi.

Padahal melalui sosmed, mereka bisa berkomunikasi dengan audiens dan berpeluang besar mendapatkan calon pelanggan baru.

Maka dari itu, jangan pernah mengabaikan komentar atau DM yang masuk dari followers.

Kalau bisa balaslah dengan cepat agar bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dan berpeluang buat closing!

Kalau tidak sempat mengelola sosmed bisnis, kamu bisa pertimbangkan untuk menggunakan jasa kelola sosmed bisnis yang berpengalaman atau tools auto-reply.

5. Terlalu Fokus Berjualan

Adanya sosial media sebenarnya membantu pebisnis untuk berjualan, tapi harus pastikan postingannya menarik dan relevan.

Jangan isinya cuma hard selling, yang ada followers jadi bosan dan merasa terganggu.

Seperti di pembahasan sebelumnya, kalau sosmed juga merupakan media untuk berinteraksi dengan followers, bukan hanya sekedar sebagai tempat promosi.

Perlu kamu tahu, kalau audiens lebih menyukai brand yang pendekatannya melalui interaksi sehingga mereka merasakan kedekatan.

Jadi usahakan jangan hanya posting foto produk beserta harga, kamu bisa ajak followers buat berinteraksi dengan konten interaktif seperti polling, Q&A, dan lainnya.

Disarankan untuk membangun koneksi terlebih dahulu, jika nanti sudah terbangun koneksi antara brand dan audiens barulah kamu bisa berjualan.

Baca Juga: Jasa Kelola Media Sosial Bisnis di Medan

Cara Kelola Sosmed Bisnis yang Perlu Pebisnis Ketahui

Sebenarnya untuk mengelola sosmed cukup mudah untuk dilakukan jika sudah tahu strategi dan tujuannya seperti apa.

Namun kalau pebisnis tersebut tidak mengetahui strategi, tujuan, dan tidak paham bagaimana cara kelola sosmed bisnis yang tepat bisa – bisa nantinya melakukan kesalahan seperti di pembahasan sebelumnya.

Biar tidak melakukan kesalahan yang fatal saat mengelola sosmed, kamu bisa cek beberapa cara kelolanya berikut ini:

1. Mengenali Target Audiens

kelola sosmed bisnis
4 Cara Kelola Sosmed Bisnis Biar Makin Dikenal 4

Banyak pebisnis yang menganggap kalau konten sosmed yang diposting sudah pasti disukai banyak orang, sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah.

Hanya saja perlu dipastikan lagi kalau ‘banyak orang’ tersebut merupakan audiens yang tepat dan relevan dengan brandmu.

Tidak semua orang relevan dengan brandmu, maka dari itu disarankan untuk mengenali target audiens terlebih dahulu saat kelola sosmed agar bisa tepat sasaran.

Untuk mengenalinya cukup mudah, kamu bisa cek data insight atau membuat konten interaktif seperti polling maupun Q&A agar bisa mengetahui kebutuhan seperti apa yang dibutuhkan mereka.

2. Membuat Konten & Caption yang Sama

Pembuatan konten dan caption itu harus sama!

Kalau kontennya bagus tapi captionnya tidak sama dan terlihat kaku, yang ada nantinya audiens skip postingan tersebut dan beralih ke brand yang lain.

Kamu bisa gunakan bahasa yang lebih santai dengan menyesuaikan karakteristik dari brandmu. Pastikan bahasanya menyesuaikan target audiensmu ya!

Jangan lupa juga untuk menggunakan call to action (CTA) seperti “klik link di bawah / bio”.

Baca Juga: Jasa Kelola Medsos Profesional untuk Bisnis Anda

3. Rutin Monitoring Performa Konten

Sudah rutin posting konten, jangan sampai lupa buat monitoring performa kontennya ya!

Kamu bisa cek konten mana saja yang jumlah interaksinya banyak, dibagikan, atau dikomentari.

Dari hasil monitoring performa tersebutlah bisa tahu konten mana dan seperti apa yang disukai audiens.

Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah untuk membuat konten ke depannya.

4. Melakukan Evaluasi & Update Strategi

kelola sosmed bisnis
4 Cara Kelola Sosmed Bisnis Biar Makin Dikenal 5

Jarang pebisnis ketahui kalau sosial media itu cepat sekali berubahnya, terlebih lagi tren konten dan algoritmanya.

Maka dari itu, penting sekali untuk rutin melakukan evaluasi tiap minggu atau bulanan. Selain itu, juga perlu melakukan update strategi agar tetap relevan.

Dengan melakukan evaluasi dan update strategi, kamu bisa re-branding konten, menambah kolaborasi, dan peluang besar lainnya yang menguntungkan brandmu.

Baca Juga: Inilah 8 Cara Menambah Followers Instagram Dengan Mudah

Rekomendasi Jasa Kelola Sosmed yang Andal di Medan

Tidak punya waktu buat mengelola sosmed bisnismu? Tidak masalah! Kamu bisa gunakan jasa kelola sosmed bisnis dari Aidee Lab.

Aidee Lab telah berpengalaman dan andal dalam mengelola sosmed berbagai macam brand, mulai dari kontraktor hingga furniture.

Dikelola oleh tim sosmed yang ahli dalam membuat strategi pembuatan konten yang engagement, kami pastikan jumlah followers dan awareness meningkat!

Yuk, konsultasi gratis sekarang bersama tim Aidee Lab untuk informasi lebih lanjutnya dengan hubungi nomor berikut:

0813-6209-8990

Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.

WA Butuh bantuan?
✕ Tutup
Lokasi Lihat Lokasi WhatsApp Konsultasi WhatsApp Telepon Telepon Sekarang