![]()

Apa Itu Copywriting Iklan & Kenapa Bisa Tentukan Closing?
Apa Itu Copywriting Iklan – Beriklan nggak hanya sekedar buat strategi dan konten menarik saja, namun juga perlu buat copywriting yang persuasif.
Dengan copywriting persuasif bisa mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan yang menghasilkan konversi seperti pembelian, pendaftaran, atau berlangganan.
Sampai saat ini masih banyak iklan yang kontennya sudah bagus namun copywritingnya kurang persuasif.
Hal tersebut tentunya bakalan sia-sia, karena audiens beranggapan kalau brandmu masih belum bisa kasih solusi/manfaat untuk mereka.
Maka dari itu, usahakan copywriting iklan dibuat persuasif dan se-menarik mungkin dengan menonjolkan manfaat/keuntungan menggunakan brandmu.
Buat kamu yang belum tahu apa itu copywriting iklan, bisa simak artikel Aidee Lab kali ini, ya!
Selain membahas pengertian apa itu copywriting iklan, artikel kali ini juga bakalan bahas alasan mengapa perlu buat copywriting.
Simak lebih lengkap semua pembahasan tersebut berikut ini!
Baca Juga: Cara Membuat Copywriting Iklan yang Bisa Bikin Orang Klik!
Mencari Tahu Apa Itu Copywriting Iklan?
Copywriting iklan merupakan proses menulis teks promosi yang tujuannya untuk mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan tertentu seperti:
- Membeli produk
- Mengisi formulir
- Mendaftar webinar
Perlu kamu tahu, “copy” dalam konteks ini bukan berarti menyalin, ya! Namun tulisan promosi yang muncul di berbagai media, mau itu digital atau konvensional.
Adapun contohnya seperti:
- Kalimat iklan Meta Ads atau Google Ads
- Headline landing page
- Caption promosi di Instagram
- Script video iklan
- Teks dalam billboard atau brosur
Bisa disimpulkan kalau copywriting iklan dibuat untuk menjual produk/jasa atau mempengaruhi audiens melakukan tindakan konversi.
Copywriting iklan bukan hanya sekedar penulisan saja, namun strategi komunikasi yang dibuat untuk mempengaruhi/membujuk audiens.
Untuk menulis copywriting iklan, copywriter harus paham psikologi audiens, apa yang dibutuhkan, dan sampaikan solusinya melalui kata-kata yang relevan, persuasif, dan humanis.
Sebenarnya tujuan dari pembuatan copywriting iklan ini nggak hanya sekedar mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan konversi saja.
Ada tujuan lain yang tentunya berdampak positif bagi bisnismu. Simak tujuan copywriting iklan berikut ini!
Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Copywriting yang Bisa Anda Pelajari
Tujuan Copywriting Iklan
Setelah memahami apa itu copywriting iklan, kamu juga perlu pahami tujuannya. Berikut ini 3 tujuan dari copywriting iklan yang perlu kamu tahu:
Membangun Brand Awareness
Tujuan dari copywriting iklan yaitu membangun brand awareness. Dari copywriting, kamu bisa memperkenalkan produk atau layanan ke audiens. Adapun contohnya yaitu:
“Masih bingung pilih jasa digital marketing yang terpercaya dan berpengalaman? Aidee Lab solusinya!”
Kalimat copywriting seperti itu membantu audiens sadar kalau brandmu memberikan solusi nyata untuk mereka.
Membangun Interest & Trust
Jika audiens telah mengenal brandmu, kamu bisa buat copywriting yang persuasif untuk menarik perhatian dan membangun kepercayaan audiens.
Untuk membuat copywriting yang persuasif, kamu bisa tonjolkan manfaat, bukti, hingga keunggulan produk/jasamu secara natural dan relevan. Berikut ini contohnya:
“Lebih dari 300 klien berhasil mendapatkan omzet 2x lipat dengan menggunakan jasa digital marketing dari Aidee Lab”
Tujuan copywriting iklan tersebut nggak hanya mengajak audiens melakukan tindakan konversi, namun juga membangun kredibilitas.
Mengarahkan Untuk Melakukan Tindakan
Tujuan terakhir sudah jelas, yaitu untuk mengarahkan audiens melakukan tindakan konversi seperti pembelian, pendaftaran, konsultasi, dan lainnya. Berikut ini contohnya:
“Konsultasi GRATIS sekarang untuk dapatkan omzet berkali – kali lipat!”
Kata – kata seperti “gratis” dan “sekarang” bisa mempengaruhi psikologis audiens untuk melakukan tindakan konversi.
Baca Juga: Jenis Jenis Copywriting Jualan Online yang Bisa Ditiru!
Mengapa Copywriting Iklan Bisa Tentukan Closing?
Closing yang berhasil bisa disebabkan beberapa hal, seperti strategi teknis, konten yang menarik, dan copywriting iklan yang persuasif.
Jika strategi teknis dan kontennya sudah bagus, namun copywriting iklannya belum bagus, yang ada sia-sia.
Maka dari itu, penting sekali untuk membuat copywriting iklan yang persuasif dan menarik agar peluang closingan semakin besar.
Berikut ini beberapa alasan mengapa copywriting bisa menentukan closing:
Menghubungkan Brand dengan Emosi Audiens

Setiap tindakan konversi nggak hanya dipengaruhi logika saja, namun juga emosi.
Audiens membeli sesuatu bukan karena butuh saja, namun ingin merasakan manfaat/keunggulan dari menggunakan brand tersebut.
Dengan copywriting iklan, kamu bisa menghubungkan brandmu dengan emosi audiens. Berikut sebagai contohnya:
“Bangun rumah impian tanpa banyak drama. Semua kami urus dari desain sampai finishing”
Copywriting tersebut terasa lebih hidup dan “berbicara” langsung pada rasa takut audiens, mengenai masalah bangun rumah yang banyak dramanya sekaligus memberikan solusi.
Menarik Perhatian Audiens yang Tepat

Perlu kamu tahu, iklan yang efektif bukan sekedar banyak viewersnya, namun dilihat dari segi audiensnya, apakah sudah tepat atau belum?
Dengan membuat copywriting iklan membantu kamu untuk menyeleksi audiens mana yang cocok dengan brandmu.
Kamu bisa menyesuaikan gaya bahasa dan pesan dengan target pasar. Berikut ini contohnya:
- Jika target audiensnya merupakan pebisnis, kamu bisa gunakan copywriting berikut: “Naikkan omzet tanpa perlu buang – buang budget iklan”
- Jika target audiensnya merupakan ibu rumah tangga, kamu bisa gunakan copywriting: “Masak makin nyaman tanpa khawatir dapur cepat rusak”
Menggunakan kata-kata yang tepat bisa menarik perhatian audiens, dan mereka menganggap kalau iklan tersebut memang khusus untuk mereka.
Jika isi pesan iklan tersebut relevan, peluang untuk closing pun semakin besar!
Membangun Kepercayaan Audiens

Di era digital seperti saat ini, kebanyakan orang lebih sering melihat iklan. Namun dari sekian banyaknya iklan yang dilihat, mereka hanya tertarik pada iklan yang jujur dan bisa dipercaya.
Perlu kamu tahu kalau copywriting iklan bisa membangun kepercayaan audiens dengan menunjukkan kejelasan, kejujuran, dan bukti nyata. Berikut contohnya:
“RAB transparan, menggunakan material berkualitas, dan rutin laporan tiap minggu”
Copywriting tersebut memberikan kesan profesional dan rasa aman jika menggunakan brand tersebut.
Membuat audiens semakin yakin untuk menggunakan brandmu karena mereka tahu akan mendapatkan benefit apa saja.
Mengubah Fitur Menjadi Manfaat

Kebanyakan pebisnis hanya fokus menjelaskan fitur produk/jasa mereka dibandingkan manfaat/keuntungan. Padahal audiens nggak mencari fitur, melainkan mencari manfaatnya.
Berikut ini contoh yang bisa kamu pahami:
“Dapur tetap rapi dan tahan lama tanpa harus ganti kitchen set tiap tahun”
Copywriting di atas memberikan gambaran manfaat/keuntungan untuk audiens jika menggunakan produk/jasa tersebut.
Sebagai tips! Ubahlah fitur produk/jasamu menjadi solusi nyata bagi audiens.
Itulah pembahasan mengenai apa itu copywriting iklan serta alasan mengapa perlu membuat copywriting.
Jika kamu sedang mencari jasa Meta Ads yang bisa buatkan copywriting iklan menarik dan persuasif, bisa simak rekomendasinya berikut!
Baca Juga: Kenapa Bisnis Jasa Perlu Agency Spesialis Meta Ads?
Rekomendasi Jasa Meta Ads Profesional & Berpengalaman
Bagi kamu yang sedang mencari jasa Meta Ads yang profesional dan berpengalaman, bisa banget gunakan Aidee Lab!
Kami punya tim lengkap, mulai dari advertiser hingga kreatif yang siap bantu kamu untuk beriklan di Meta.
Mulai dari pembuatan strategi, konten, hingga copywriting, kami buatkan sesuai target audiens dan bisnismu biar jumlah closingan meningkat.
Tertarik menggunakan jasa Meta Ads dari Aidee Lab? Kamu bisa mulai konsultasi GRATIS sekarang juga!


