fbpx

Cara Belajar Digital Marketing Biar Makin Jago!

Bagi kamu para pemula yang ingin sekali belajar digital marketing bisa simak artikel berikut ini mengenai cara belajarnya agar kamu makin mahir dalam dunia digital marketing!

Tidak hanya cara belajarnya saja lho, tetapi di artikel kali ini juga ada tips – tips dan bootcamp kelas yang bisa kamu ikuti untuk mengasah skill kamu di dunia digital marketing.

Baca Juga : Menentukan Buyer Persona dan Target Market dengan Cara Ini!

Cara Belajar Digital Marketing, Tips dan Kelas yang Bisa Kamu Ikuti!

Jika kamu ingin mempelajari hal baru pastinya harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana cara mempelajari hal tersebut kan? Pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara belajar digital marketing, tips yang bisa kamu gunain untuk belajar digital marketing, dan kelas – kelas bootcamp digital marketing yang bisa kamu ikuti!

1. Cara Belajar Digital Marketing yang Buat Kamu Jadi Makin Jago

Para pemula digital marketer bisa simak cara – cara berikut ini buat belajar digital marketing!

a. Pahami Target Audiens dan Target Pasar

Hal ini sangat perlu dan penting bagi pemula digital marketer, karena tanpa mengetahui target audiens dan pasar akan mengangkibatkan kamu kebingungan tidak bisa menentukan siapa saja target audiens dan pasarnya.

Dengan memahami target audiens dan pasar, kamu bisa jadi lebih tahu strategi digital marketing yang cocok untuk digunakan oleh pebisnis. Untuk mengetahui target audiens dan target pasar kamu harus survey terlebih dahulu.

b. Pelajari Copywriting

Copywriting merupakan salah satu bagian dari digital marketing juga lho! Walaupun hanya sekedar menulis saja tetapi dengan mempelajari copywriting ini bisa mempengaruhi orang – orang untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang disediakan oleh pebisnis. Penerapan copywriting ini sendiri bisa kamu temukan di caption media sosial, seperti di Instagram, Facebook, dan lainnya.

c. Mempelajari Matrik

Matrik merupakan kumpulan standar yang digunakan untuk mengukur berhasil atau tidaknya promosi produk atau jasa yang menjadi salah satu bahan evaluasi bagi pebisnis. Ada empat kategori metrik yaitu ada revenue matrik, engagement, conversion, dan website traffic.

Baca Juga : Rekomendasi Jasa Iklan Google Ads Buat Bisnis Makin Untung

d. Pelajari Social Media Ads, SEO, dan SEM

Dalam dunia digital marketing mempelajari social media ads, SEO dan SEM sangatlah penting. Selain itu, Kamu juga perlu mempelajari konsep pay per click juga lho!

Social media ads berperan penting dalam mempromosikan usaha kamu melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Search engine marketing (SEM) digunakan jika pengusaha mengiklankan usahanya melalui Google Ads atau Bing Ads. Dan yang terakhir, search engine optimization berperan untuk meningkatkan visibilitas website pengusaha dan konten di Google.

e. Memanfaatkan Media Sosial untuk Membangun Brand Awareness

Dalam mempromosikan usaha melalui digital marketing, kamu perlu sekali memanfaatkan semua jenis media sosial untuk membangun brand awareness usaha para pengusaha. Media sosial yang perlu kamu manfaatkan bisa seperti Instagram, Facebook, Twitter, YouTube.

Tidak hanya media sosial saja sebenarnya, kamu juga perlu memanfaatkan media pemasaran online seperti affiliate, whatsapp for business, landing page, dan lainnya.

f. Menguasai Tools – Tools yang Tersedia

Belajar digital marketing juga perlu menguasai tools digital marketing. Tools ini sendiri bisa memberikan efisien pada produksi usaha dan tentunya menghemat biaya operasional. Tools digital marketing ini bisa seperti analisis data, SEO tools, Google Analytics, dan email extension.

g. Membuat Konten yang Berkualitas

Setelah kamu menguasai tools digital marketing, kamu juga perlu membuat konten yang berkualitas agar orang – orang bisa lebih tertarik dengan produk atau jasa yang disediakan oleh pengusaha.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Website dengan Mudah, Cocok untuk Pemula

2. Beberapa Tips yang Bisa Kamu Ikuti

Setelah tadi membaca bagaimana cara belajar digital marketing, tidak lengkap rasanya jika tidak memberikan tips belajar digital marketing dengan benar. Berikut ini beberapa tips belajar digital marketing

a. Memperdalami Dasar – Dasarnya Terlebih Dahulu

Tips pertama adalah kamu harus perlu memperdalami dasar – dasar digital marketing. Dasar – dasar digital marketing ini terdiri dari sosial media, email marketing, SEO, SEM, dan lainnya. Bagi para pemula, perlu memahami dasar – dasar digital marketing terlebih dahulu sebelum mendalami lebih dalam dunia digital marketing.

b. Terus Pelajari dengan Berbagai Macam Sumber

Belajar digital marketing bisa dari mana saja. Bisa dari blog, buku, bahkan artikel yang berkaitan mengenai digital marketing.

c. Melakukan Praktik Secara Langsung

Melakukan praktik dengan mengerjakan proyek secara langsung, hal ini bisa mengasah skill digital marketing kamu dan bisa menambah portofolio juga lho! Dengan melakukan praktik secara langsung ini juga kamu nantinya bisa terbiasa jika bekerja di bidang digital marketing.

Baca Juga : 8 Alasan Jasa Marketing Banyak Diminati

d. Join Komunitas yang Tersedia

Seperti pada tips poin kedua, bahwa kamu perlu belajar lebih giat lagi dalam memperdalami dunia digital marketing. Kamu bisa join kedalam komuitas digital marketing, disana kamu bisa bertemu dengan orang – orang yang sudah expert dalam bidang digital marketing. Hal ini bisa menambah wawasan kamu juga mengenai digital marketing.

e. Mengikuti Kelas Bootcamp

Dengan mengikuti kelas bootcamp, kamu disini juga diajari langsung oleh tutor yang berpengalaman di bidang digital marketing. Yang mana tutornya juga bekerja di bidang digital marketing. Jika kamu mau tahu lebih lanjut mengenai kelas bootcamp, simak penjelasan artikel berikut ini!

Baca Juga : Ketahui 7 Jasa Social Media Management!

3. Kelas Bootcamp yang Bisa Diikuti

Seperti tips di poin lima, kamu bisa belajar digital marketing dengan mengikuti kelas bootcamp yang disediakan oleh beberapa lembaga les berikut ini!

a. Kelas dari MySkill

Di kelas digital marketing MySkill kamu mendapatkan 12 topik mengenai digital marketing, diantaranya marketing manajemen, creative copywriting, social media marketing, campaign dan media planning, dan lainnya. Kamu juga bisa ikuti kelas gratis dari MySkill yaitu short classnya. Tidak hanya itu saja kamu juga bisa akses e-learning dari MySkill dengan harga yang masih terjangkau bagi para pemula.

b. Kelas dari RevoU

Kamu bisa mengikuti kelas dari RevoU selama 3 sampai 6 bulan. Di kelas digital marketing tersebut kamu langsung diajari oleh tutor yang bekerja di perusahaan Gojek, Tokopedia, Ruang Guru, Traveloka, Flip, dan Kitabisa.com.

Di RevoU, kamu bisa akses recording kelas, slide PowerPoint yang berisikan materi digital marketing seumur hidup. Tidak hanya itu saja, bagi kamu yang seorang karyawan yang ingin belajar digital marketing bisa banget ikutan kelas mereka, karena mereka memiliki jam kelas yang fleksibel yaitu jam kelasnya mulai dari jam 19.00 – 21.00 WIB.

c. Kelas dari Rakamin Academy

di Rakamin Academy, kamu bisa mendapatkan portofolio, 9 bulan dibimbing, ada 9 sesi karir coaching juga, dan job connector seumur hidup. Di kelas digital marketing dari Rakamin Academy ini kamu akan mempelajari internet marketing, social media marketing, strategic planning, marketplace, dan lainnya.

Baca Juga : Wajib Tau! Ini 10 Strategi Pemasaran Sosial Media yang Ampuh

Masih Bingung Cara Belajar Digital Marketing? Ini Solusinya!

Kamu tidak perlu pusing lagi jika masih bingung belajar digital marketing buat promosiin usaha kamu! Kamu bisa gunain jasa digital marketingnya Aidee Lab.

Di Aidee Lab, kamu bisa mendapatkan layanan seperti dibantu untuk membangun strategi bisnis yang tepat untuk bisnis kamu, mendampingi manajer marketing perusahaan untuk mengevaluasi dan mengoptimasi strategi digital marketing, dan membimbing tim digital untuk menjalankan strategi dengan memberikan tips dan trik yang dijamin terbukti.

Jadi tunggu apalagi? Hubungi kontak Aidee Lab di website ini atau bisa langsung kunjungi Instagram @aideelab!

 

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani