fbpx

Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

Iklan sangat penting bagi setiap bisnis, dengan adanya iklan bisa memperkenalkan produk yang diproduksi oleh sebuah perusahaan atau pebisnis. Perusahaan atau pebisnis bisa melihat contoh iklan online di artikel ini agar bisa menarik perhatian banyak orang.

Iklan yang menarik otomatis akan membuat banyak orang tertarik dengan produk tersebut.

Kira – kira bagaimana ya caranya membuat iklan agar sukses dan berhasil menarik perhatian banyak orang dan memberikan keuntungan bagi penjualan?

Kalau kamu mau tahu lebih jawabannya bisa simak artikel ini sampai habis ya, biar tahu tips dan trick buat iklan yang benar dan bisa berhasil seperti beberapa iklan dari brand ternama ini!

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Company Profile yang Wajib Kamu Ketahui!

Contoh Iklan Online ini Bisa Tambah Ide Kamu Buat Iklan!

Dengan seiring perkembangan jaman, dunia periklanan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman juga.

Hal ini bisa kamu lihat bahwa iklan sekarang tidak hanya melalui media seperti televisi, radio, majalah, koran, papan billboard saja.

Di era digital sekarang, beriklan bisa dilakukan dengan cara online juga lho. beriklan secara online lebih efektif daripada iklan jenis lainnya.

Bagi kamu yang ingin membangun brand awareness, meningkatkan penjualan kamu, ataupun ingin membuat followers media sosial kamu tertarik dengan produk kamu.

Maka dengan beriklan online ini sangat efektif untuk ketiga hal tersebut.

Tertarik untuk beriklan secara online? Tapi masih bingung gimana caranya? Sini simak pembahasan berikut ini sampai habis ya yang akan membahas beberapa contoh iklan online!

1. Iklan Online yang Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang

Berikut ini beberapa contoh iklan online dari beberapa brand yang berhasil menarik perhatian banyak orang.

Bisa dikatakan iklan online ini berhasil menarik perhatian banyak orang dan berhasil meningkatkan penjualan produk.

a. Iklan Shopify di Facebook

iklan online pada Shopify tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan penjualan saja, tetapi juga membuat iklan tersebut bisa membantu orang lain.

Hal tersebut bisa dilihat dari caption yang digunakan oleh Shopify di iklannya yang ada di Facebook, yaitu

Menurut kamu, kamu orang yang seperti apa di dunia ini?

Pertanyaan tersebut sangat berarti bagi banyak orang yang melihat iklan tersebut karena mereka merasa dihargai dan mereka juga merasa diperhatikan.

Dengan cara iklan tersebut, orang – orang akan termotivasi untuk bertindak untuk mengklik banner iklan tersebut.

Jika kamu ingin beriklan online, jangan lupa untuk memasukkan konsep seperti Shopify.

Dalam beriklan kamu juga perlu menggunakan call to action yang bersifat untuk bertindak. Seperti beberapa banner iklan Shopify yang menggunakan CTA “Coba Gratis” atau “Mulai Gratis“.

Shopify juga menggunakan CTA “Pelajari Lebih Lanjut” daripada menggunakan CTA “Daftar”.

b. Iklan CISCO

CISCO sendiri merupakan perusahaan teknologi dan perangkat lunak yang sudah berdiri sejak lama.

Perusahaan CISCO sendiri pandai dalam hal membangun hubungan ke para pelanggannya, sehingga mereka mempunyai banyak pelanggan di mana saja.

Iklan online pada CISCO menggunakan visual dan penyampaian pesan yang kuat.

Hal ini dibuktikan dengan iklan yang dirilis oleh CISCO, yaitu mereka membuat iklan yang membuat banyak orang terlibat.

Iklan dari CISCO ini berisikan kalimat :

I’m hacking your company. Are you ready?”

Pastinya banyak orang yang membaca pesan iklan tersebut menjadi takut dan segera mencari perlindungan agar tidak diretas.

Baca Juga : Contoh Influencer yang Bisa Bantu Brand Kamu Makin Terkenal

c. Iklan IBM

IBM merupakan salah satu perusahaan teknologi serta perangkat lunak yang sudah memiliki nama besar.

Perusahaan IBM meluncurkan sebuah platform, yang mana mereka mengiklankannya dengan cara yang unik.

Banner iklan yang mereka buat, banyak membuat orang – orang berpikir.

Slogan mereka di iklan biasanya yaitu “Put smart to work” dan “Think“. Perusahaan IMB sendiri menggunakan iklan jenis interaktif yang membuat orang – orang tertarik.

Iklan online yang dibuat oleh IMB mendapatkan berbagai macam penghargaan, antara lain di London International Awards dan Design Lion di Cannes Lions pada tahun 2022.

d. Iklan Visa di Facebook

Iklan online Visa dibuat dengan cara membuat iklan video yang diposting melalui LinkedIn, hal tersebut dilakukan karena ingin melakukan kampanye dan promosi yang terbaru.

Dalam iklan tersebut menunjukkan seorang wanita yang sangat bersemangat untuk memulai berbisnis.

Walaupun video iklan tersebut berdurasi 2 menit, tetapi para penontonnya menginginkan lebih. Yang paling penting adalah iklan video tersebut memberikan pesan berupa insiatif “Visa Everywhere“.

e. Iklan Apple Music

Seperti yang kamu ketahui bahwa Apple Music sudah memiliki nama yang besar, banyak orang sudah kenal dengan produk dari Apple tersebut.

Hal tersebut dibuktikan ketika sebelum Apple Iphone X, sudah banyak jutaan orang yang sudah berada di dalam daftar tunggu.

Tim marketing Apple tidak perlu susah payah untuk mengiklankan Apple Music, mereka hanya perlu menampilkan logo Apple saja pasti banyak orang yang tertarik.

Apple hanya membuat call to action berupa “Available Now“.

Baca Juga : Cara Membuat Business Manager Bantu Efektifkan Iklan Bisnis Mu!

2. Cara Membuat Iklan Agar Berhasil Menarik Perhatian Orang

Kamu mau produk iklan kamu bisa sesukses contoh iklan online tadi? Yang tidak hanya menarik perhatian banyak orang saja, tetapi juga meningkatkan penjualan serta mendapatkan penghargaan seperti iklan dari IBM.

Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan kamu berhasil mendapatkan perhatian banyak orang dan bisa meningkatkan penjualan kamu.

a. Memahami dan Mengenali Audiens

Kamu perlu ingat bahwa dalam beriklan perlu sekali membuat target audiens. Hal ini akan mempermudah kamu untuk memahami dan juga mengenali para audiens.

Biar iklan kamu bisa berhasil mengenai target audiens, maka kamu perlu menargetkannya sesuai dengan demografis, pekerjaan, usia, dan jenis kelamin.

Kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk bantu kamu menargetkan audiens, atau kamu bisa melakukan survei dan wawancara.

b. Menentukan Tujuan yang Jelas

Setiap beriklan perlu sekali membuat tujuan yang jelas. Dengan tujuan iklan menentukan berhasil atau tidak berhasilnya sebuah iklan.

Untuk menyusun tujuan tersebut kamu perlu menggunakan yang namanya metode SMART, yaitu sebagai berikut ini

Specific, merupakan tujuan yang dibuat serinci mungkin. Misalnya meningkatkan penjualan diubah menjadi meningkatkan penjualan sampai 45%.

Measurable, memastikan tujuan iklan dibuat secara terukur. Misalnya menghasilkan 30 leads terbaru.

Achievable, yaitu membuat tujuan serealistis mungkin agar tercapai dalam waktu yang telah ditetapkan.

Relevant, berupa sasaran iklan online yang harus sejalan dengan tujuan dibuatnya iklan.

Misalnya jika brand menginginkan untuk menaikkan kesadaran merek, maka tujuan tersebut berupa meningkatkan jumlah followers sebanyak 100%.

Time Bound, yaitu kamu perlu menentukan deadline agar bisa memunculkan sebuah urgensi sehingga bisa membantu perusahaan agar tetap fokus. Misalnya meningkatkan penjualan sampai 40% di kuartal kedua.

c. Memilih Jenis Iklan

Jika sudah menentukan tujuannya, maka selanjutnya perlu memilih jenis iklan online seperti apa yang cocok untuk produk kamu.

Misalnya kamu ingin membangun brand awareness maka kamu perlu memilih jenis iklan native advertising, social media marketing, dan email marketing.

d. Mengatur Target Audiens Secara Efektif

Kamu perlu mengatur target audiens agar bisa menjangkau audiens secara spesifik. Hal ini akan menghindari kamu dari penargetan yang berlebihan dan kekurangan.

e. Mematuhi Peraturan Tiap Platform

Kamu perlu mengetahui beberapa peraturan tiap platform yang ingin kamu pakai untuk beriklan. Jangan sampai kamu menyalahi peraturannya ya.

f. Memantau dan Mengoptimasi

Selanjutnya kamu perlu memantau dan juga mengoptimasi iklan online yang telah ditayangkan ya. Hal ini agar iklan online tetap berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Persiapan Sebelum Beriklan di Meta Ads yang Perlu Kamu Ketahui!

Contoh Iklan Online yang Bisa Jadi Ide Iklan Bagi Brand Kamu

Itulah beberapa contoh iklan online yang bisa kamu jadikan ide dan motivasi bagi kamu yang ingin mengiklankan brand kamu.

Jika kamu masih belum bisa membuat ide atau strategi seperti apa yang cocok untuk mengiklankan brand kamu, maka kamu perlu menggunakan jasa dari Aidee Lab!

Di Aidee Lab menyediakan berbagai macam jasa untuk mengiklankan brand kamu secara online lho.

Engga percaya? Kamu bisa kunjungi websitenya Aidee Lab untuk lihat jasa – jasa yang mereka sediakan serta melihat portofolio mereka.

Lebih lanjut kamu bisa hubungi nomor kontak yang tertera di website Aidee Lab buat kamu yang ingin menggunakan jasa Aidee Lab.

Atau kamu juga bisa kunjungi Instagramnya @aideelab ya!

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.