fbpx

Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide Buat Iklanin Brand Kamu!

Di jaman sekarang ini udah banyak banget berbagai pilihan mau beriklan di mana saja yang kamu mau dan sesuai dengan budget yang kamu punya.

Kamu bisa banget beriklan melalui iklan digital karena biayanya yang engga mahal banget dan jangkauannya yang lebih luas.

Kamu pasti pengen kan brand kamu terkenal di kalangan banyak orang.

Jika semua orang udah tahu sama brand kamu, maka kemungkinan besar brand akan laris manis di pasaran!

Hal tersebut merupakan impian dari semua pebisnis yang sedang membangun ataupun menjalankan bisnis mereka.

Kalau kamu pengen beriklan secara digital, maka kamu perlu simak artikel ini sampai habis ya biar brand kamu dikenal banyak orang dan laku di pasaran!

Baca Juga : Cara Meningkatkan Traffic Website Biar Web Makin Populer!

Iklan Digital yang Lebih Efektif Daripada Jenis Iklan yang Lainnya

Dalam beriklan pastinya perlu banget menentukan media seperti apa yang cocok dan efektif untuk ngiklanin brand yang kamu punya.

Perlu kamu ketahui, kalau sekarang ini banyak pebisnis yang memilih beriklan melalui digital.

Iklan jenis ini merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengiklankan brand kamu menggunakan media digital.

Misalnya dengan internet, televisi, ataupun ponsel.

Jenis iklan ini bisa menjangkau audiens lebih banyak daripada menggunakan jenis iklan yang non digital.

Bagi kamu yang tertarik untuk beriklan secara digital, bisa banget simak artikel ini sampai habis biar tahu dasar – dasar dalam iklan digital!

1. Jenis Jenis Iklan Digital

Jika kamu ingin beriklan melalui digital, kamu harus tahu terlebih dahulu nih apa saja jenis – jenis iklan tersebut.

Hal tersebut perlu kamu ketahui karena dengan cara tersebut bisa nentuin kamu nantinya mau menggunakan jenis iklan digital yang seperti apa buat brand kamu!

Berikut ini jenis – jenis iklan tersebut.

a. Iklan Native

Jenis iklan digital ini lebih cocok jika digunakan di website.

Jadi iklan native merupakan sebuah jenis iklan yang berbayar, format tampilannya disesuaikan dengan platform tempat beriklannya.

Dikarenakan jenis iklan tersebut formatnya disesuaikan dengan tempat medianya, maka iklan ini tidak menganggu penggunanya.

Sebenarnya ada beberapa jenis dalam iklan native ini, yaitu in feed units, custom ads, paid search ads, dan promoted listings.

b. Iklan Audio

Biasanya jenis iklan ini bisa kamu jumpai di podcast Spotify.

Iklan audio ini lebih melibatkan pemakaian audio streaming untuk menjangkau pendengar yang lebih spesifik lagi.

Iklan jenis ini dibuat dengan cara menambahkannya kedalam sebuah konten podcast pada platform tempat beriklannya.

Kelebihan dari jenis iklan digital ini yaitu para pendengar akan mendengar iklan di podcast sampai selesai.

Baca Juga : Contoh Iklan Online Ini Berhasil Menarik Perhatian Banyak Orang!

c. Iklan Video

Iklan ini lebih sering digunakan oleh para pebisnis untuk mengiklankan jasa maupun produk mereka.

Biasanya iklan video ini muncul di pertengahan, awal, atau akhir dari sebuah konten video.

Engga hanya muncul di pertengahan video saja, jenis iklan tersebut juga bisa di integrasikan sebagai iklan native maupun iklan display.

Kalau kamu berniat ingin menggunakan jenis video ini, maka kamu perlu merencanakan video tersebut secara matang agar bisa menarik banyak audiens.

Iklan video ini jelas lebih efektif untuk menjangkau dan menarik perhatian para audiens untuk membeli brand kamu.

d. Iklan Bergambar

Iklan bergambar ini merupakan jenis iklan yang sering dijumpai.

Biasanya iklan ini berbentuk animasi, gambar, maupun teks.

Iklan digital ini sering muncul dengan tampilan pop up, banner, landing page, dan flash ads.

Ada dua jenis dalam iklan bergambar ini yaitu iklan bergambar yang biasa dan iklan bergambar responsif.

Iklan bergambar biasa merupakan sebuah iklan yang memiliki ukuran tetap.

Sedangkan iklan bergambar responsif yaitu sebuah iklan yang harus sesuai dengan ukuran layar dari tempat iklannya.

Banyak para pebisnis yang memilih jenis iklan ini karena iklan bergambar bisa ditampilkan di banyak halaman web.

Selain itu juga harganya yang relatif murah jika dibandingkan dengan jenis iklan yang lainnya.

Iklan bergambar ini lebih sering dipilih karena bisa membangun brand awareness dari sebuah brand.

e. Iklan Email

Sudah jelas dari namanya yaitu iklan email, tujuan jenis iklan ini yaitu untuk mencapai target para audiens melalui email.

Jika kamu ingin menggunakan iklan email, maka kamu perlu memperhatikan beberapa elemen yang penting. Seperti berikut ini :

  • Pesan yang ingin disampaikan
  • Subjek pesannya
  • Call to Action

Jenis iklan ini bisa dibilang cukup terjangkau kok.

f. Iklan Sosial Media

Jika kamu memilih untuk menggunakan iklan media sosial ini, kamu bisa bebas memilih dan menyesuaikan brand mau menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Iklan jenis ini bisa berbentuk dalam iklan video, iklan audio, iklan bergambar, dan lainnya.

Iklan sosial media ini mempunyai potensi yang strategis untuk menjadi sarana promosi bisnis kamu.

Hanya jenis iklan ini saja yang bisa membuat para pebisnis bisa menargetkan calon konsumennya.

Dengan cara berdasarkan lokasi, minat, pendidikan, gender, umur, dan lainnya.

Baca Juga : Menentukan Target Market Agar Tepat Sasarannya

2. Contoh Iklan Digital yang Bisa Kamu Jadikan Ide

Setelah tadi kamu membaca beberapa jenis beriklan secara digital, maka di pembahasan kali ini kamu bisa menjadikan beberapa contoh iklan digital ini sebagai ide kamu dalam beriklan secara digital.

Simak pembahasannya berikut ini.

a. Contoh Iklan Native

Untuk kamu yang ingin menggunakan jenis iklan native, maka kamu bisa mencontoh tampilan dari website Shopee.

Ada beberapa toko yang memiliki format gambar, headline dan juga keterangan harga yang berbeda – beda tetapi Shopee akan menyesuaikan format iklan tersebut.

b. Contoh Iklan Audio

Untuk iklan audio, kamu bisa menemukan contohnya di Spotify.

Biasanya iklan ini akan muncul jika Spotify kamu tidak premium, dan nantinya akan muncul iklan Spotify yang mengajak kamu untuk membeli premium Spotify.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan contoh iklan ini di podcast Spotify.

c. Contoh Iklan Video

Contoh dari iklan video ini bisa kamu jumpai di YouTube.

Biasanya iklan akan muncul sebelum, di pertengahan, maupun di akhir video streaming.

Kamu bisa cek saja langsung ke YouTube untuk bisa melihat contoh dari jenis iklan ini.

Baca Juga : Cara Belajar Digital Marketing Biar Makin Jago!

d. Contoh Iklan Bergambar

Untuk contoh dari jenis iklan bergambar ini bisa kamu temui di halaman website.

Nantinya di halaman tersebut akan muncul beberapa iklan yang bisa kamu langsung tutup dengan mengklik tanda silang (X).

e. Contoh Iklan Email

Contoh dari iklan email ini bisa kamu jumpai di pesan pada bagian promotion.

Biasanya iklan jenis ini berisikan promosi mengenai layanan atau produk dari sebuah perusahaan.

f. Contoh Iklan Sosial Media

Untuk mengetahui contoh dari iklan sosial media bisa kamu jumpai di Instagram Stories yang lewat di Instagram kamu atau di Feed Instagram.

Baca Juga : Siap – Siap Jualan Kamu Laku, Cobain 9 Tips Fotografi Produk Ini!

Mau Pakai Cara Iklan Digital? Pakai Jasa Aidee Lab Saja!

Bagi kamu yang masih awam dengan iklan digital, bisa banget kok pakai bantuan jasa dari Aidee Lab!

Aidee Lab sendiri menyediakan jasa digital marketing buat iklanin brand kamu lho.

Untuk lebih lanjutnya kamu bisa hubungi nomor kontak yang tersedia di website Aidee Lab atau kunjungi langsung ke Instagram @aideelab ya.

Rate this post
Farah Fadhillah Khairani
Farah Fadhillah Khairani

Halo, saya suka menulis artikel SEO, blog, dan konten media sosial yang meningkatkan engagement dan konversi.