
Jasa Facebook Ads Terbaik & Terpercaya untuk Bisnismu!
Jasa Facebook Ads Terbaik – Dalam beriklan secara digital, khususnya melalui Facebook Ads penting sekali untuk mengetahui cara targeting audiens agar iklan bisa tepat sasaran.
Tidak hanya iklan digital aja, beriklan secara tradisional juga perlu menentukan target audiens agar hasilnya tidak sia – sia dan tidak buang biaya.
Misalnya, kamu punya bisnis kontraktor di Medan dan ingin mengiklankannya melalui koran harian.
Kamu bisa pilih media koran harian yang ada di Medan dengan targetnya yaitu audiens berusia 30 – 55 tahun berada di Medan yang ingin bangun atau renovasi bangunan.
Kamu juga bisa mencoba cara tersebut jika beriklan di Facebook, walaupun ada beberapa perbedaan dalam menentukan targeting audiens.
Bisa dibilang dengan menentukan target audiens ini cukup penting untuk dilakukan.
Hanya saja masih banyak pebisnis pemula yang melewati bagian tersebut, sehingga iklan yang berjalan hasilnya jadi kurang maksimal.
Jika ingin beriklan di Facebook, kamu perlu cari tahu terlebih dahulu mengenai targeting audiens agar hasil iklannya lebih maksimal dan sesuai dengan harapan & tujuan dalam berbisnis.
Biar tidak bingung saat menentukan target audiens ketika beriklan di Facebook Ads, kamu bisa gunakan bantuan dari jasa Facebook Ads terbaik sesuai rekomendasi orang terdekat maupun review dari Google.
Jika dirasa belum ada budget untuk menggunakan jasa iklan Facebook, kamu bisa simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas jenis targeting audiens biar tidak salah!
Baca Juga: Rekomendasi Jasa Facebook Ads Terbaik dan Terjangkau
3 Jenis Targeting Audiens dalam Beriklan di Facebook
Target audiens tidak hanya sekedar menentukan siapa orangnya dan berapa umurnya.
Kamu juga perlu melakukan spesifikasi agar tepat sasaran dan tidak buang – buang budget.
Berikut ini ada 3 jenis targeting audiens yang perlu kamu ketahui biar tidak bingung saat menentukan target audiens:
1. Core Audience
Jenis targeting audiens ini bisa kamu temukan langsung pada bagian dashboard Ads Manager Facebook.
Kamu bisa tentukan target audiens seperti apa yang ingin dijangkau dengan berdasarkan:
- Usia
- Jenis Kelamin
- Lokasi Geografis
- Preferensi & Perilaku Audiens
Contohnya saja, kamu punya brand fashion wanita dan ingin menargetkan audiens dengan jenis kelamin perempuan yang usianya 20 – 30 tahun di daerah Surabaya.
Dari spesifikasi tersebut, kamu bisa atur Core Audience melalui Ads Manager Facebook.
Perlu kamu ingat! Semakin spesifik target audiensnya, semakin berpeluang besar iklan tersebut tersampaikan ke audiens yang benar – benar membutuhkan atau relevan dengan bisnismu.
2. Custom Audience
Sudah punya database dari pelanggan sebelumnya atau audiens yang pernah berinteraksi dengan brandmu? Maka kamu bisa gunakan jenis targeting audience yang satu ini!
Dengan menggunakan Custom Audience, membuat iklan bisa tampil ke audiens yang pernah berkunjung ke website, klik iklan sebelumnya, atau yang pernah nonto video iklan.
Bisa dibilang dengan jenis targeting audiens ini, kamu bisa melakukan follow up kembali ke orang – orang yang sebelumnya tertarik dengan brandmu namun belum ada waktu untuk membelinya.
3. Lookalike Audience

Dengan menggunakan jenis targeting audiens ini, Facebook bisa membantu kamu untuk menjangkau orang – orang baru yang memiliki karakteristik sama dengan audiens sebelumnya.
Cara melakukan Lookalike Audience, kamu cukup memberikan data pelanggan yang sudah ada ke Facebook.
Nantinya Facebook akan mencari audiens yang mirip dengan pelanggan tersebut. Mulai dari segi preferensi, demografi, hingga minat.
Contohnya saja, kamu ingin mendapatkan pelanggan baru. Kamu cukup berikan data pelanggan yang repeat order, nantinya Facebook akan bantu carikan audiens baru yang karakteristiknya mirip dengan mereka.
Bisa dibilang jenis targeting audiens ini cocok sekali buat kamu yang ingin melakukan scale up iklan dan menjangkau audiens lebih mudah dengan tepat sasaran.
Itulah ketiga jenis targeting audiens yang perlu pebisnis pemula ketahui agar tidak asal – asalan dalam menargetkan audiens!
Jika asal – asalan dalam menentukan target audiens, yang ada nantinya iklanmu jadi ikutan berdampak lho.
Penasaran apa saja dampak iklan yang targetingnya salah? Simak pembahasan berikut!
Baca Juga: 6 Rekomendasi Jasa Facebook Ads,Bikin Bisnismu Makin Cuan!
Salah Targeting Dalam Beriklan? Ini Dampak Kerugiannya!
Setiap keputusan yang kamu lakukan, termasuk dalam menargetkan audiens pasti ada dampak yang akan kamu rasakan.
Berikut beberapa dampak kerugian jika kamu salah targeting audiens:
1. Budget Iklan Terbuang Percuma

Dampak yang paling terasa yaitu budget iklan & uang habis namun hasilnya tidak ada!
Targeting audiens yang salah membuat iklan jadi muncul di orang – orang yang tidak tertarik atau relevan dengan brandmu, sehingga mereka tidak akan mau klik iklannya dan sudah pasti tidak akan membelinya.
Walaupun salah menargetkan audiens, Facebook Ads akan tetap menagih biaya iklan!
Contohnya saja, kamu jual baju anak – anak khusus laki – laki, namun kamu menargetkan audiens laki – laki dewasa yang mana tidak relevan.
2. Performa Iklan Jelek
Audiens yang melihat iklan namun isinya tidak relevan dengan kebutuhan, biasanya mereka langsung skip iklan tersebut.
Tentunya hal tersebut berpengaruh pada engagement rate yang mana semakin menurun. Algoritma pun akan menilai kalau iklanmu tidak menarik.
Dampaknya tidak hanya itu saja! Performa iklan jadi buruk, dan biaya per klik atau per tayangnya jadi mahal dengan jangkauan yang terbatas.
Maka dari itu, salah menargetkan audiens bisa membuat kamu jadi mengalami kerugian besar karena performa campaign iklan yang memburuk.
Baca Juga: Jasa Facebook Ads di Medan
3. Brand Image yang Tidak Nyambung
Ternyata salah menargetkan audiens bisa membuat brand image jadi kurang nyambung di mata audiens.
Tentunya hal tersebut dikarenakan iklan tersebut tampil di audiens yang salah, mereka beranggapan kalau iklanmu mengganggu atau menganggap brandmu tidak profesional.
Contohnya saja, kamu menjual peralatan dapur namun target audiensnya yaitu mahasiswa cowok yang tinggal di kos dan tidak pernah memasak.
Seharusnya kamu bisa lebih spesifik dalam menargetkan audiens, kamu bisa targetkan ke ibu rumah tangga atau mahasiswi yang ngekos dan sering masak daripada beli makanan.
Kalau kesalahan tersebut tidak segera diatasi, brand kamu dianggap sebagai brand yang asal promosi dan tidak mengenali audiensnya sendiri!
4. Tujuan Bisnis Tidak Tercapai
Tujuan utama dari beriklan sudah pasti ingin meningkatkan penjualan, awareness, dan leads.
Kalau salah kecil saja saat setting iklan, bisa – bisa tujuan bisnis tersebut jadi tidak tercapai!
Biasanya pebisnis pemula sering merasa sudah beriklan namun tetap saja tidak menghasilkan yang diinginkan, padahal mereka salah setting iklan khususnya saat menargetkan audiens.
Kalau target audiensnya tepat sasaran, brandmu berpeluang besar dilirik banyak orang dan jadi banyak yang membelinya.
Itulah keempat dampak yang sangat merugikan bisnis jika kamu salah targeting audiens!
Biar tidak salah target audiens, kamu bisa gunakan jasa Facebook Ads terbaik yang berpengalaman dalam handle berbagai bisnis.
Simak pembahasan selanjutnya yang akan membahas rekomendasi jasa Facebook Ads terbaik, terpercaya, dan tentunya berpengalaman!
Baca Juga: Rekomendasi Jasa Iklan Facebook Ads Dijamin Worth It!
Rekomendasi Jasa Facebook Ads Terbaik & Terpercaya
Baru mulai beriklan? Atau sudah pernah beriklan tapi hasilnya kurang memuaskan? Berarti kamu belum menemukan jasa Facebook Ads terbaik yang terpercaya dan berpengalaman!
Biar iklanmu tepat sasaran, kamu bisa gunakan jasa Facebook Ads dari Aidee Lab yang sudah terbukti berpengalaman dalam menghandle klien dari berbagai bisnis.
Dihandle langsung oleh tim advertiser berpengalaman, kami pastikan iklanmu muncul di target audiens yang relevan dengan bisnismu!
Tertarik untuk bekerja sama dengan Aidee Lab? Kamu bisa konsultasikan kebutuhanmu secara GRATIS dengan hubungi nomor berikut: